Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Collision Domain Dan Broadcast Domain

Saya akan membahas ihwal pengertian klarifikasi lengkap mengenai collision domain dan broadcast domain.

Apa itu Collision Domain dan Bagaimana Cara Kerjanya.

Collision Domain bekerja pada data link layer menyerupai perangkat jaringan bridge, hub, switch layer 2. Collision domain terjadi sebab sebuah frame di jaringan yang saling terhubung, yang sanggup bertabrakan  dengan satu sama lain.

Collision Domain yaitu nama permasalah dalam sebuah jaringan, dimana paket-paket data tersebut sanggup saling bertabrakan / berbenturan. Collision domain terjadi sebab adanya Ethernet protokol pada sebuah jaringan.
Semakin banyak collision domain maka jaringannya semakin manis dan lebih efesien. Dan untuk terjadinya collision semakin kecil kemungkinan bahkan tidak akan terjadi collision. Hub sama switch lebih cerdas sebab switch eksklusif mengirim ke alamat tujuan.

Kenapa sanggup terjadi Collision ?

Hub selalu mem-flooding (mengirim ke semua port kecuali port asal "internet") sebuah frame yang akan diterima dan dikirimkannya, sebab ada dua frame yang masuk secara bersamaan, itulah yang akan terjadi collision. Collison domain terjadi sebab mengirim sebuah packet data lebih dari satu pengirim dalam satu tujuan dalam segmen jaringan (satu network). Cara kerja Hub terjadi Collision yaitu kerika ada frame yang masuk pada hub , maka hub akan mengirimkan frame tersebut ke semua komputer yang terhubung dengan Hub.

Perlu kalian ketahui :
1. 1 hub seluruh port mempunyai 1 collision domain.
2. 1 switch setiap port yang aktif mempunyai 1 collision domain.
3. 1 router setiap port yang aktif mempunyai 1 collision domain.
Ini yaitu gambar implementasi dari collision domain ..

Saya akan membahas ihwal pengertian klarifikasi lengkap mengenai collision domain dan bro Pengertian Collision Domain dan Broadcast Domain

Dapat dilihat dari gambar di atas ini, gambar ini memperlihatkan sebuah jaringan lan yang saling terhubung antara komputer satu dengan komputer lainnya. Disitu terdapat 4 komputer yaitu komputer A,B,C,dan D yang dihubungkan melalui hub. Seandainya Komputer C dan A mengirim data ke komputer D secara bersamaa maka akan terjadi ukiran (collision) antara packet data dari komputer C dan A.

Apa itu Broadcast Domain dan Bagaimana Cara Kerjanya.

Broadcast domain yaitu nama lain dari sebuah jaringan komputer, di mana semua node sanggup mencapai atau terhubung satu sama lain dengan broadcast pada lapisan data link. Broadcast domain berjalan dalam satu segmen jaringan lan yang sama atau sanggup dijembatani untuk segmen LAN lain.

Broadcast domain salah satu metode pengiriman komunikasi yang mempunyai konsep "one to everyone" (satu untuk semua). Sepertihalnya BBM  (BlackBerry Messenger) yaitu mengirimkan sebuah pesan ke semua kontak yang kita punya dan sanggup dibaca oleh semua kontak. Konsep Broadcast domain Seperti halnya jaringan lan yang satu segmen, sebuah komputer yang  mengirimkan pesan/packet data broadcast, maka semua komputer yang satu segmen denganya akan mendapatkan packet data tersebut. Sendangkan komputer yang tidak satu segmen tidak akan

Dalam hal tersebut computer seolah – olah telah diberi suatu jalur khusus untuk mencapai computer tujuan, sehingga bandwitch atau kecepatan transfer data secara penuh sanggup tercapai. Setiap komputer yang terhubung ke Ethernet yang sama atau switch yaitu anggota dari broadcast domain yang sama. Selanjutnya, setiap komputer yang terhubung dari switch atau repeater yang saling terkoneksi yaitu anggota dari broadcast domain yang sama.

Ini yaitu gambar konsep broadcast domain yang aku buat : Bila pesan broadcast dikirim, semua akan meneruskan pesan ke setiap host yang terhubung dalam jaringan lokal yang sama. Gambar di bawah ini terdapat 2 jaringan yaitu A dan  B yang saling terhubung router. Router sebagai penghubung antara A dan  B, yang mengakibatkan 1 broadcast domain.

Saya akan membahas ihwal pengertian klarifikasi lengkap mengenai collision domain dan bro Pengertian Collision Domain dan Broadcast Domain

Perlu kalian ketahui :
1. Router setiap port yang aktif mempunyai 1 broadcast domain.
2. Switch seluruh port mempunyai 1 broadcast domain
3. Hub seluruh port mempunyai 1 broadcast domain.
Sedangkan untuk perangkat switch layer 3 (switch managable) jikalau perangkat switch mempunyai vlan, maka vlan tersebut mempunyai broadcast domain sebab vlan menciptakan sebuah interface port virtual baru. Contoh 1 vlan maka mempunyai 1 broadcast domain, dan 5 vlan maka 5 broadcast domain. Semakin besar nilai broadcast domain maka semakin baik dan lebih efesien dalam sebuah jaringan.

Setiap komputer yang terhubung  ethernet switch yaitu anggota dari broadcast domain yang sama. Selanjutnya, setiap komputer yang terhubung sama dari switch saling terkoneksi yaitu anggota dari broadcast domain yang sama. Router dan Higher-layer lainnya merupakan perangkat jembatan pembatas antara domain broadcast.

Sekian dari Penjelasan mengenai collision domain dan broadcast domain biar sanggup menambah pengetahuan bagi pembaca.