Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Lengkap Cara Install Linux Debian Di Virtualbox

Kali ini saya akan memperlihatkan panduan cara install linux debian di virtualbox lengkap dengan gambar. Virtualbox yaitu sebuah software aplikasi opensource yang berfungsi untuk menciptakan simulasi sistem operasi baru. Sedangkan Linux Debian yaitu sebuah sistem operasi yang digunakan untuk sistem operasi jaringan, dan di implementasikan di komputer server. Linux Debian kerap sekali digunakan untuk kebutuhan server. Server yaitu sebuah layanan pada jaringan yang melayani client semoga sanggup saling berkomunikasi data baik itu mendapatkan data dan mengirim data secara eksklusif antar client-server.

Ok tidak usah lama-lama wacana penjelasannya nanti malah bingung, eksklusif saja kita praktekan bagaimana cara install debian di virtualbox , ok simak baik-baik tutorial di bawah ini.

Langkah Lankah Cara Install Linux Debian di VirtualBox 

1. Pertama buat sebuah machine gres di virtualbox. Jika belum tau cara membuatnya baca terlebih dahulu Cara Membuat Sistem Operasi Baru di Virtualbox
2. Setelah menciptakan machine sistem operasi gres di virtualbox klik start tombol hijau untuk menjalankan proses instalasi.
3. Tampilan pertama instalasi akan tampil menyerupai gambar berikut ini. Disini terdapat dua pilihan opsi yang pertama Graphical install artinya proses instalasi tampilanya akan destop (GUI) sedangkan Install arinya proses tampilan instalasi text (CLI). Pilihlah Install alasannya yaitu proses instalasinya lebih cepat dan ringan. Untuk melanjutkan pencet enter.


4. Langkah selanjutnya yaitu menentukan bahasa yang digunakan untuk instalasi dan bahasa yang digunakan untuk debianya. Pastikan kalian menentukan bahasa ingrish, alasannya yaitu semoga jikalau terjadi permasalahan sanggup gampang terselesaikan dan bahasa ingrish yaitu bahasa internasional. Lalu pencet enter

5. Disini menentukan lokasi kawasan tingal kalian berada didalam langkah ini ada benua dan negara. Jika tidak ada negara kawasan kalian pilih paling bawah sendiri other. dan kemudian enter.

6. Selanjutnya akan tampil yaitu konfigurasi lokasi kalian berada, di langkah ini defaulnya united states eksklusif enter saja.

7. Langkah ini sama dengan langkah ke 6 tidak usah di utak utik, alasannya yaitu default keyboard yang kita gunakan yaitu american english. Jika tidak menentukan american english maka keyboard akan berubah. Langsung enter untuk melanjutkan.

8. Masukkan hostname yang berfungsi untuk nama identity admin debian server. Terserah anda mengisi apa. Setelah itu pilih continues untuk melanjutkan.

9. Langkah selanjutnya yaitu memperlihatkan sebuah nama domain pastikan nama domain ada titiknya menyerupai teknowik.com. Fungsi dari nama domain ini untuk konfigurasi dns server. lanjut Continues.

10. Setting password untuk root sistem akun administratornya, terserah masukan passwordnya.

11. Verifikasi password dari langkah ke 10 diatas pastikan sama passwordnya.

12. Masukkan nama panjang  atapun nama perusuhaan. Lalu pilih continues untuk melanjutkan proses instalasi.

13. Langkah selanjutnya tambahkan username untuk debianya.

14. Masukka password untuk username yang dibentuk tadi.

15. Verifikasi password dari langkah ke 14 diatas pastikan sama passwordnya.

16. Selanjutnya kita akan disuruh untuk  menentukan konfigurasi jam kawasan kita berada, kemudian enter untuk melanjutkan proses instalasi.

17. Pilih partisi disini terdapat 4 opsi no 1 partisi secara otomatis, no 2 partisi cepat lvm eksklusif menyesuaikan, sedangakn partisi manual ada secara manual mengisinya. Pilih LVM alasannya yaitu debian dibentuk untuk server, sesudah itu enter.

18. Lalu akanterdeteksi hardisk yang dipakai, pilih kawasan partisi yang kalian buat tadi.

19. Pilih eksklusif partisi recomended alasannya yaitu sistem debian akan otomatis memperlihatkan partisi yang bagus.

20. Pilih YES untuk menyetujui partisi yang dibentuk tadi.

21. Akan otomatis terdapat partisi swap, boot, dan lvm logikal untuk system dan ext4 untuk penyimpanan bebas dari debianya. Pilih Finish untuk melanjutkan.

22. Pilih YES untuk menyetujui dari partisi yang muncul otomatis tadi kemudian enter

23. Tidak usah malakukan scan paket cd room nya pilih No saja kemudian enter.

24. Tidak usah melaksanakan mirror alasannya yaitu kita menggunkan dvd offilne pilih NO kemudian enter.

25. Tidak usah melaksanakan survey alasannya yaitu kita tidak terhubung ke intenet, melainkan terhubung ke dvd pilih no saja kemudian enter.

26. Disini terdapat paket-paket software aplikasi layanan server dari sistem operasi debian, jikalau kita inggin membangun server dari nol maka pilih paling bawah sendiri standard system utilites. Perhatian jangan menentukan bab paling atas sendiri alasannya yaitu jikalau menentukan debian destop enviremont nanti debianya akan gui. Cara memilihnya dengan memakai tombol enter pada keyboard. Langsung continues jikalau sudah memilih.

27. Proses selanjutnya yaitu install grub bootloader yang fungsinya untuk menampilkan proses booting awal, Pilih YES alasannya yaitu nanti sanggup buat jaga-jaga jikalau password lupa dll.

28. Pilih letak kawasan penyimpanan grub bootoader pilih /dev/sda alasannya yaitu disitu yaitu kawasan penyimpanan yang cocok untuk grub bootloader. Lalu enter.

29. Proses Insalasi complete maka proses instalasi final alias berhasil sesudah itu pilh continue dan enter.

29. Otomatis Akan restart sendiri tunggu saja hingga muncul grub bootloadernya, jikalau tampilan menyerupai gambar di bawah ini maka proses intalasi final dan tinggal konfigurasi-konfigurasi aplikasi servernya saja.. ok
30. Tampilan Hasil Intalasi akan menyerupai ini hitam dan gelap alias cli text.

Baca juga :

Jenis-Jenis Mode Jaringan di VirtualboxPengertian Server dan Jenis Jenis Server Serta Fungsi KegunaanyaCara Membuat Sistem Operasi Baru di VirtualBoxPengertian dan Fungsi Virtualbox | Serta Kelebihan dan Kekuranganya 

Sekian dari panduan cara install linux debian di virtualbox semoga sanggup bermanfaat bagi pembaca dan terima kasih atas kunjunganya. Jika ingin share cantumkan alamat url ini. Terima kasih !!!