Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Konfigurasi Tp-Link Sebagai Access Point Pemancar Wifi

Kita Bahas Dahulu Tentang Pengertian Access Point

Access Point merupakan sebuah perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan antar beberapa wireless client laptop/komputer atau perangkat smartphone pada jaringan yang sama. Access Point itu sanggup di ibaratkan mirip switch yang bertindak sebagai pembagi koneksi. Access Point itu mirip pemamncar gelombang radio yang biasa digunakan untuk jaringan WLAN disingkat Wirelesss Local Area Network alias jaringan lokal.

Kali ini saya akan membahas perihal Bagaimana Cara Konfigurasi TP-LINK sebagai pemancar access point. Sebenarnya hampir semua jalan masuk point merek tp-link cara konfigurasi sama hanya yang membekanya cuma mode quickya saja. Mari disimak baik-baik.

Perlu kalian ketahui hal pertama dalam melaksanakan konfigurasi lihat terlebih daluhu alamat ip, username dan password default pada tp-link alasannya ip tersebut sanggat penting. Setelah mengetahui ip, username dan password.

  • Default TP-LINK
  • Ip address: 192.168.1.254
  • Subnetmak : 255.255.255.0
  • Username : admin
  • Password : admin
Default ip dan username password yang digunakan access point berbeda-beda alasannya sudah ditentukan oleh parbrik yang membuatnya. Diatas ini yaitu default TP-LINK yang saya pakai dan biasa default tersebut sudah tertulis dibalik perangkat tp-link. 

Langkah-Langkah Konfigurasinya sebagai berikut :


1. Langkah pertama colokkan kabel lan yang sudah dilengkap dengan konektor rj45 ke laptop untuk inputnya dan ke tp link untuk outputnya.


2. Setelah kalian colokan maka driver ethernet akan otomatis masuk sehabis itu ubah dan setting pada interface ethernet lan card yang terhubung ke tp-link. Berikan alamat ipv4 dengan ip satu network antara 192.168.1.1-192.168.1.253. Karena 192.168.1.254 sudah digunakan untuk tp-link maka tidak digunakan dan jangan lupa untuk memasukan netmasknya. Lihat mirip gambar di bawah ini.


3. Langkah selanjutnya buka browser, saya memakai browser chrome untuk mengakses. Dan isikan alamat ip default pada tp-link. Akan otomatis akan tampil autentifikasi username dan password untuk masuk ke tp-link nya. Isikan username default tp-link yaitu admin dan password tp-link yaitu admin. 


4. Lalu akan di arahkan ke tampilan destop awal tp-link, disini kita nantinya akan mengatur bagaimana ap sanggup dipancarkan dan sanggup mendapat koneksi internet dari dhcp client atapun dari isp. 


5. Setting alamat ip address satu network di isi secara manual saya mengisikan alamat ip dari sentra internet dhcp server dengan network 192.168.46.0 gateway 192.168.46.1 subnetmask 255.2555.255.0. Seperti gambar dibawah ini. Klik save jikalau sudah untuk lanjut ke langkah berikutnya. 


6. Lanjut ke langkah berikutnya yaitu menyetting ssid pada access point tp-link yang kita gunakan. Kita disini juga sanggup menyetting region (negara) kita berada dan channel yang kita gunakan dan tipe protocol standard ieee wireless yang inggin kita pakai. Untuk channel yang kita gunakan yaitu channel 1,6,11 yang tidak terjadi overlapping. Seperti gambar di bawah ini kofigurasinya.

7. Dan langkah berikutnya yang harus kita lakukan yaitu dengan menentukan Quick Setup mirip gambar di bawah ini kemudian Next untuk menlanjutnkan langkah berikutnya.

8. Setelah itu akan di arahkan ke tampilan pengaturan mode yang inggin digunakan untuk access point. Saya memakai mode AP yang nantinya akan mendapat koneksi internet dari dhcp server dan dilanjutnkan ke access point tp-link dan disebarkan oleh tp-link dengan mendapat ip dari dhcp server. Sebenarnya ada 2 mode yang sanggup kita gunakan yaitu mode AP Router dan Mode AP Client Router.

9. Tampilan berikutnya mirip gambar dibawah ini selanjutnya kita klik finish untuk menuntaskan konfigurasi. Setelah menentukan tombol finish akan otomatis reboot sendiri.

10. Jika kalian inggin mengubah atapun mengatur kembali konfigursai dari TP-LINK. Maka setting kembali alamat ip address dari Ethernet dan isikan alamat ip yang kita disetting pada tampilan network tp-link tadi. Saya tadi mengisikan alamat ip address tp-link 192.168.46.2 dengan netkmask 255.255.255.0 dan isikan pada network adaptor kalian dengan ip satu network selain ip 192.168.46.2 alasannya sudah terpakai tp-link. Dan jangan lupa untuk mengisikan gateway nya yaitu 192.168.46.2 pada router. Kenapa kita harus setting kembali ? alasannya alamat ip default 192.168.1.254 sudah diganti dengan ip 192.168.46.2.

11. Lalu login kembali akan mirip ini da ip defaultnya akan berubah. Seperti gambar di bawah ini.


12. Untuk mengecek apakah SSID yang tadi kita gunakan kalian sanggup cek adaptor wireless pada laptop atapun smartphone anda. Apakah sudah muncul SSID nya hasilnya mirip ini.


13. Cek juga alamat ip yang didapat seperi gambar di bawah ini yaitu ip yang saya dapatkan.


14. Cek juga koneksi internetnya apakah udah sesuai dari bandwidth yang kita gunakan dan lancar atau tidak koneksinya.


Permasalahan yang sering dialami ketika konfigurasi tp-link sebagi access point pemancar :



  • Tidak sanggup login ke tp-link : Biasa ketika melaksanakan settingan awal IP tidak sesui dengan standardna meskipun telah diganti tetap tidak sanggup login. Lalu cara mengatasinya lakukan hard reset pada lubang kecil perangkat tp-link. Kemungkinan konfigurasi lagi.
  • Tidak sanggup terkoneksi ke internet : Biasa access point di setting DHCP, dan all hasil ketika konfigurasi ip address sudah terpakai oleh user lain dan hasilnya akan bertubrukan dengan sesama Access Point sehingga menyebabkan jaringan tidak sanggup terhubug dengan gateway sumber. Lalu cara mengatasinya yaitu dengan melihat ip usr lain berapa koordinasi kepada sesama user atau pembagian IP yang pass.
Sekian dari pembahasan perihal konfigurasi TP-LINK sebagai Access Point pemancar.