Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal Yang Akan Kau Alami Dikala Menjadi Mahasiswa Bidikmisi


Gosshh… it's been a long time ago since I updated previous post. Hampir dua bulan saya hibernasi. Belakangan ini saya benar-benar disibukkan dengan kiprah kuliah yang tiada habisnya. Nah, sebab kini Jadwal kuliah saya tinggal sedikit, maka saya menyempatkan diri untuk menulis lagi. Kali ini perihal bidikmisi. Cekidoott.

Di zaman yang makin maju ini, hampir tidak ada lagi alasan bagi seseorang untuk tidak melanjutkan kuliah di jenjang universitas. Banyak beasiswa bertebaran untuk menunjang kehidupan perkuliahan. Baik itu membayar UKT, buku, maupun biaya kehidupan sehari-hari sebagai mahasiswa.




Di antara beasiswa yang ada, saya termasuk mahasiswa peserta beasiswa bidikmisi. Beasiswa bidikmisi yakni salah satu beasiswa bagi mahasiswa kurang bisa secara ekonomi untuk sanggup melanjutkan pendidikan di jenjang universitas. Dengan adanya beasiswa ini, alasan ekonomi untuk tidak kuliah tapaknya harus mulai dihapus dari daftar permasalahan kalian.

Berikut beberapa hal yang mungkin akan kau alami dikala menjadi mahasiswa bidikmisi.

1. Mengurus banyak sekali berkas untuk keperluan pendaftaran

Saat tetapkan mendaftar bidikmisi, kau akan dihadapkan pada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Syarat utama biar diterima di beasiswa ini yakni tidak bisa secara ekonomi, atau bahasa kasarnya dari keluarga miskin. Kalian akan diminta mengisi banyak sekali formulir yang berisi biodata, kondisi ekonomi dan lain sebagainya.

Isilah jawabannya dengan jujur. Jangan mengada-ngada. Karena tiada niat baik yang dilakukan dengan cara buruk. Usahakan selalu mengisi data data yang diminta sesuai dengan kondisi keluarga sebenarnya.

2 Mengikuti wawancara

Apabila berkas kau dinyatakan lolos, maka tahap selanjutnya yakni wawancara. Wawancara ini berisi pertanyaan-pertanyaan perihal data yang pernah kau masukan dalam formulir.

ada beberapa pertanyaan yang berdasarkan saya lucu. Seperti, "pernahkan anda pacaran?" atau "apakah dikala ini anda mempunyai pacar?" Jika kau menjawab iya, maka bersiap-siaplah diberi nasehat perihal larangan berpacaran, dampak negati pacaran, dan sebagainya.

Sebenarnya mahasiswa bidikmisi dihentikan berpacaran. Namun, tampaknya larangan ini menyerupai angin kemudian bagi mahasiswa. Sebenarnya larangan ini tujuannya baik. Kita didorong biar lebih memntingkan studi daripada urusan asmara yang kadang sanggup mengganggu konsentrasi berguru dan berimbas pada buruknya nilai kita.

3.Mendapat Uang Transpor

Keuntungan menjadi mahasiswa rantau yakni kita akan menerima uang transport kalau dinyatakan lolos bidikmisi. uang transpor ini dimaksudkan untuk mengganti uang yang dikeluarkan dikala menempuh perjalanan dari kota asal ke daerah studi. Uang transport ini hanya ditujukan bagi mahasiswa yang jarak daerah tinggalnya 100 km dari universitas (kalau saya tidak salah).


4. Diasramakan

Khusus UHO, mahasiswa bidikmisinya diberi asrama untuk daerah tinggal selama kurang lebih 6 semester, yang terdiri atas dua jenis, yaitu asrama dalam dan asrama luar baik untuk mahasiswa pria maupun mahasiswa perempuan. Pengecualian untuk mahasiswa UKT nol

Ada banyak suka dan sedih menjadi anak asrama. Sukanya yakni kita tidak perlu lagi memikirkan daerah tinggal, sanggup berkumpul dengan sahabat sahabat sejurusan, dan mengenal mahasiswa dari jurusan lain.

Selain itu, beruntunglah kalau kau menerima asrama dalam ataupun asarama yang bersahabat dengan kampus. Hal ini akan menghemat ongkosmu ke kampus. Berbeda dengan mereka yang menerima asrama yang agak jauh dari kampus. Mau tidak mau mereka harus mengeluarkan ongkos untuk pergi dan kembali dari kuliah.

Tantangan tinggal dalam asrama yakni kau harus beradaptasi dengan teman-teman sekamarmu. Namun, hal ini tidak terlalu berat, mengingat sahabat sekamarmu nanti berasal dari jurusan yang sama.

Dalam satu kamar biasanya dihuni oleh 2-4 orang. Saya sendiri diasramakan berasama dua orang sahabat dari sesama jurusan arsitektur. Banyak sekali bekerjsama manfaat yang bisa kau sanggup dari sistem ini.

5. Memperoleh ketring pagi dan malam

Ada waktu yang sangat disukai oleh anak asrama. Yaitu dikala pagi dan malam.  Di dua waktu ini kau akan diberi masakan yang lumaya bergizi dan tentu mengenyangkan.

Namun jangan pernah mengharap masakan sekelas Restoran atau rumah makan. Makanan yang disajikan yakni masakan rumahan namun cukup bergizi. Makannya diantar oleh kurir yang memang mempunyai kiprah mengantar makanan.

Mengenai ketring ini, ada dikala saat kau akan diberi sajian spesial. Menu yang cukup dinanti oleh penghuni asrama. Menu ini tidak setiap dikala ada, hanya seminggu sekali misalnya. Ketring ini tidak selamanya ada, hanya sekitar 6 bulan.

Kalau boleh jujur, dilema kering inilah yang kadang mengakibatkan konflik antar sesama penghuni asrama. Yang paling sering yakni tidak mencukupinya masakan bagi seluruh penghuninya.Hal ini biasanya sebab kurangnya kesadaran dari penghuni asrama itu sendiri. Peran seorang ketua blok sangat penting untuk menanggulangi dilema menyerupai ini.

Itulah beberapa hal yang mungkin akan kau hadapi dikala menjadi mahasiswa bidikmisi. Hal- hal diatas mugkin sanggup berubah sesuai dengan kebijakan pengurus yang berlaku.

Terus terang, bidikmisi ini yakni beasiswa dengan jumlah uang yang diterima paling banyak diatara beasiswa yang lain. Jumlah total yang didapat kurang lebih 6 juta persemester. Jumlah itu kemudian dipotong uang UKT sebesar 2.4 juta dan sisanya dipotong lagi untuk biaya asrama dan ketring bagi mahasiswa baru.

Waktu penerimaan pertolongan yakni 4 kali pertahun, yaitu pada bulan 3, 6, 9, dan 12. Jumlah yang diterima sudah dipotong biaya UKT. Dan pad bulan 6 dan 12, jumlah yang diterima dipotong lagi untuk biaya asrama. Nah, pada bula 3 dan 9 tidak ada penggalan biaya asrama, uang yang diterima kurang lebih 1,9 juta.

Jangan heran ketika kau masih menjadi mahasiswa gres dan mendapatkan jumlah uang yang berbeda dengan seniormu. Itu sebab uang yang kau terima masih dipotong biaya makanmu. So, ketika masa ketring telah selesai, jumlah yang kau terima akan sama degan seniormu.

Ok. Enough for today. Im looking forward to seeing you in my next post. Don’t be a silent reader. Give me your comment. Bye now.

(Baca Juga : Cara Mengecek Perkembangan Pencairan Bidikmisi 

Update September 2018 

Mulai tahun 2018, waktu pencairan bidikmisi telah berubah. Jika sebelumnya waktu pencairan 4 kali pertahun, kini hanya 2 kali pertahun, yaitu pada bulan 3 dan 9 dengan nominal 3,9 juta. 

sistem asrama juga berubah. Jika dulu kita di asramakan selama 3 tahun, maka kini kita hanya diasramakan selama tahun pertama kuliah. Artinya, dikala memasuki semester 3, kita mulai dibebaskan untuk menentukan daerah tinggal sendiri.