Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Bandwidth, Throughput Dan Goodput

Bandwidth yakni jumlah data yang sanggup mengalir dari satu kawasan ke kawasan lain dalam jumlah waktu tertentu yang diukur dalam jumlah bit yang (secara teoritis) sanggup dikirim melintasi media dalam hitungan detik. Aliran data yang dimaksud sanggup berupa gosip analog ataupun digital akan tetapi alasannya yakni eranya kini digital maka ukuran bandwidth sudah terlalu lazim untuk pengukuran ajaran data digital. Satuan yang digunakan dalam pengukuran data digital bandwidth yakni bit per second disingkat bps.

Throughput yakni ukuran bergotong-royong dari transfer bit ke media selama periode waktu tertentu. Banyak faktor yang mempengaruhi throughput termasuk jumlah data yang dikirim / diterima, jenis data yang ditransmisikan, dan akumulasi latency yang dihasilkan oleh jumlah perangkat jaringan yang ditemui antara sumber dan tujuan. Latency yakni jeda waktu yang diharapkan dalam pengiriman paket data dari sumber ke tujuan. Terjadinya throughput biasanya tidak sesuai dengan bandwidth yang ditentukan dalam implementasi lapisan fisik mirip Ethernet. Dalam sebuah jaringan satu segmen yang sama, throughput tidak sanggup lebih cepat dari link paling lambat path dari sumber ke tujuan. Bahkan kalau semua atau sebagian besar segmen mempunyai bandwidth yang tinggi, itu hanya akan mengambil satu segmen dalam jalur dengan throughput yang rendah untuk membuat kendala ke throughput ke seluruh jaringan.

Goodput yakni ukuran data yang ditransfer yang sanggup digunakan selama jangka waktu tertentu, dan alasannya yakni itu ukuran yang paling menarik bagi pengguna jaringan. Seperti ditunjukkan dalam gambar, goodput mengukur efektif transfer data pengguna antara entitas lapisan aplikasi, mirip antara proses sumber web server dan web browser perangkat tujuan. Tidak mirip throughput, yang mengukur transfer bit dan bukan transfer data yang sanggup digunakan, account goodput untuk bit dikhususkan untuk overhead protokol. Goodput yakni throughput trafik overhead minus untuk sesi penetapan, pengakuan, dan enkapsulasi.
Implementasi


Bandwidth sanggup diimplementasikan pada ketika kita memasang WiFi di rumah, pihak ISP menunjukkan penawaran berapa bandwidth yang inggin digunakan ? Terus menjawab 10 mb. Bandwidth 10 mb tersebut kalau di cek pada speedtest tidak hingga dengan 10 mb. Karena kenapa ? alasannya yakni ukuran orisinil dari bandwidth yakni Throughputnya biasanya bandwidth 10 mb mempunyai kecepatan orisinil (Throughput) 8 mb. Sedangkan ketika kita inggin browsing Throughput akan naik dan menghasilkan goodput ukuran data yang di transfer.


Kita ibaratkan kita punya kendaraan beroda empat yang dilengkap dengan roda dan kendaraan beroda empat berjalan di jalan tol. Mobil diabaratkan sebagai Throughput sedangkan jalan tol sebagai Bandwidth nya dan Goodputnya yakni suplemen kendaraan beroda empat yang digunaka mirip roda, spion, dan kaca.

Sumber Referensi : https://bloglandai.blogspot.com/search?q=training-cisco-1