Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu File Mp4? Begini Cara Membukanya

Kamu sering melihat file dengan ekstensi MP4? Kamu galau itu file apa? Dalam artikel ini, tim Teknolah akan membahas, apa sebetulnya file dengan ekstensi MP4, cara membuka, edit dan convert file MP4. Selamat menyimak!

Jadi, apa itu MP4?

Sebuah file dengan exstensi file MP4 ialah kependekan untuk file Video MPEG-4, yang merupakan format file terkompresi yang sanggup berisi tidak hanya video, tetapi juga audio dan subtitle.

File MP4 biasanya sering terlihat saat kau mengunduh video dari internet atau memakai jadwal ripping DVD untuk menyimpan DVD ke komputer kamu.

File menyerupai ini yang hanya berisi audio saja terkadang disimpan dengan ekstensi .M4A.

Cara Membuka File MP4

Cara termudah untuk memutar file MP4 ialah 'double-click' pada MP4 dan biarkan komputer kau memutuskan aplikasi default mana yang harus membukanya. Karena sebagian besar orang pastinya sudah menginstal Windows Media Player atau QuickTime, MP4 akan terbuka secara otomatis.

Namun, jikalau tidak ada jadwal yang membuka file MP4, maka kau mungkin tidak mempunyai jadwal yang terinstal yang sanggup melihat dan/atau mengedit file MP4. Saya merekomendasikan menginstal salah satu jadwal yang gres saja aku sebutkan atau pemutar VLC gratis, yang merupakan pemutar file MP4 fantastis yang mendukung tidak hanya format video ini, tetapi banyak lainnya, termasuk file audio. MPlayer ialah pemutar MP4 gratis lainnya yang aku sukai.

Penting: Jika pemutar video favorit kau tidak membuka file MP4, kau mungkin perlu menginstal MPEG-4 codec. Sebuah MPEG-4 codec ialah bab kecil dari perangkat lunak yang memungkinkan komputer kau mengenali file MP4 dan membuatnya berfungsi dengan baik di pemutar apa pun yang kau gunakan.

Saya sangat merekomendasikan X Codec Pack, kumpulan codec terkenal gratis yang berfungsi di Windows 10, Windows 8, Windows 7, Windows Vista, dan Windows XP. Setelah instalasi, kau akan sanggup memainkan MP4, serta hampir semua format video terkenal lainnya, di pemutar favorit kamu. Waspadalah terhadap iklan di situs XP Codec Pack - iklan terlihat curang menyerupai tautan unduhan!

File MP4 juga didukung secara default di banyak perangkat mobile, menyerupai Apple iPad, iPod touch, dan iPhone, serta perangkat Android. Ini berarti kau tidak perlu menginstal aplikasi hanya untuk memutar video MP4 yang kau terima melalui aplikasi perpesanan atau email, atau buka di halaman web.

Sejumlah jadwal juga memungkinkan pengeditan file MP4 secara gratis, menyerupai VSDC Free Video Editor dan Lightworks. Contoh lainnya untuk editor MP4 termasuk MAGIX Movie Edit Pro, Adobe Premiere Pro, dan Pinnacle Studio.

Cara Convert File MP4

Salah satu jadwal termudah untuk dipakai untuk convert MP4 ialah Freemake Video Converter. Program ini mendukung menyimpan file MP4 ke format menyerupai MKV, FLV, AVI, 3GP, dan lain-lain, termasuk convert MP4 eksklusif ke disk DVD, file ISO, atau MP3 (hanya untuk audio).

Pilihan lainnya ialah memakai Zamzar atau OnlineVideoConverter untuk convert MP4 ke WEBM, MPG, AC3, OGG, FLAC, MOV, dan format lainnya. Tidak menyerupai program converting file MP4, ini ialah situs web, yang artinya kau tidak perlu menginstal jadwal apa pun untuk menggunakannya, kau hanya perlu mengunggah MP4 ke situs dan kemudian mengunduh file hasil converted sebelum kau sanggup menggunakannya.

Zamzar juga mendukung konversi MP4 ke GIF untuk convert file video menjadi gambar animasi. Jika video itu ada online, convert yang berbeda menyerupai Imgur's Video to GIF atau situs web ezgif.com, mungkin menjadi opsi yang lebih baik.