Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Dan Jenis-Jenis Bridging

Kemarin saya sudah membahas mengenai switching pada kesempatan kali ini saya juga akan membahas perihal bridging. Apa sih bridging itu ?


Pengertian Bridging
Bridge atau jembatan ialah mengabungkan dua interface atau lebih menjadi satu alamat ip. Bridging ialah proses yang terjadi pada data link layer, sanggup dapat dijelaskan pada pembahasan kemarin mengenai switching. Bridging sama mirip switching, hanya saja switching terdapat port interface yang lebih banyak dari pada bridging.

Bridging sanggup menghubungkan jaringan komputer yang berbeda melalui port interface giga ethernet dan fast ethernet. Implementasi perihal Bridging ?
Terdapat satu buah interface dan dua kabel jaringan, biar dua kabel jaringan tersebut saling terhubung maka dilakukanlah yang namanya bridging. Jika kita melaksanakan bridinging ke wireless maka switching tidak akan berfungsi.

Jenis Jenis Bridging
  • BRIDGE REMOTE
Bridge Remote ialah sebuah metode yang digunakan untuk mengabungkan 2  jaringan lan (lokal) ke wan (public) menjadi satu kesatuan. Didalam bridge remote terdapat remote address yang sanggup digunakan untuk meremote melalui jarak jauh. Dengan menggunakan bridge remote maka jangkauan jaringan akan lebih luas yang terhubung antara lokal dan public.
  • BRIDGE LOKAL
Bridge lokal ialah jenis bridge yang paling sering digunakan, bridge lokal ialah mengabungkan antar dua jaringan lokal atau lebih menjadi satu jaringan lokal. Bridge lokal hanya sanggup digunakan pada media transmisi kabel saja yang melalui interface port ethernet.
  • BRIDGE WIRELESS
Bridge wireless ialah mengabungkan media jaringan kabel ke media jaringan tanpa kabel. Kaprikornus dikala kita mendapatkan sinyal data maka menggunakan kabel, sedangkan untuk meneruskan atau mengirim data digunakan koneksi wirelees atau nirkabel.

Kesimpulan : 

Jika kita menggunakan sebuah metode bridge atau bridging maka akan menghemat biaya, kenapa ? Karena metode ini menyerupai kita memiliki dua artikel menjadi satu artikel yang lebih banyak. Tetapi menggunakan bridge juga menghipnotis resources (sumber daya) yang digunakan pada perangkat yaitu akan terjadi berat.

Baca Juga Tentang : Pengertian dan Jenis-Jenis Switching
Baca Juga Tentang : Pengertian Lengkap Tentang Routing