Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Directx Sudah Terpasang Pada Windows

Cara Cek DirectX Sudah Terpasang Pada Windows - Apabila anda ialah seorang pengguna aktif sebuah gadget dengan tekhnologi canggih menyerupai komputer atau laptop, anda niscaya pernah mendengar atau membaca kata " DirectX ". Setiap anda hendak bermain game pada komputer baru, anda niscaya diharuskan menginstall directX ini terlebih dahulu. Selain itu banyak juga dari para pengguna komputer yang menimbulkan hasil diagnosa dari directx ini untuk sanggup melihat spesifikasi dari suatu komputer dengan dxdiag.

Cara Cek DirectX Sudah Terpasang Pada Windows  Cara Cek DirectX Sudah Terpasang Pada Windows


Apa itu DirectX ?
Directx ialah sebuah aplikasi yang intinya menghubungkan sebuah kegiatan terhadap hardware. menyerupai contohnya mengizinkan game untuk berinteraksi dengan gamepad dan video card. biasanya disebut dengan istilah Application Programming Interfaces (API). Definisi yang lain yaitu directx merupakan sebuah kumpulan API yang berisi command atau perintah untuk menangani hal dalam pemrograman multimedia khususnya game dalam sistem operasi Microsoft Windows.
DirectX mempunyai beberapa komponen yang saling melengkapi untuk sanggup mengoptimalkan kinerja hardware, diantaranya :

1. DirectX Graphics.
merupakan komponen dalam directx yang menangani duduk perkara pada graphic, biasanya sangat diharapkan oleh games yang akan kita mainkan. mulai dari direct draw ( graphic 2 dimensi ) hingga direct3d ( graphic 3 dimensi.

2. DirectX Input.
komponen pada directx yang menangani bab peripheral hardware input, menyerupai mouse, keyboard, joystick, dll.

3. DirectX Sound.
komponen dasar yang berisi konfigurasi audio pada komputer. banyak media player yang mewajibkan adanya direct sound ini menyerupai contohnya VLC player dan WinAMP.

Bagaimana Cara Kerja DirectX ?

DirectX merupakan penghubung interface antara hardware dalam komputer kita dan Sistem operasi, yang merupakan bab dari Windows API (Application Programming Interface). Dalam penerapannya, ketika developer game ingin memutar file suara, maka mereka hanya perlu memanggil library yang sesuai. Pada waktu game berjalan, ia memanggil DirectX API, yang akan memutar file suara.
Dengan kata lain developer game tidak perlu tahu jenis sound card apa yang diakan digunakan oleh user, apa yang sanggup dilakukannya, atau bagaimana berbicara kepadanya. Microsoft telah menyediakan DirectX, dan pabrikan sound card telah menyediakan driver yang berkemampuan DirectX. jadi developer hanya menanyakan bunyi yang ingin dimainkan, dan ini berlaku untuk semua jenis komputer.
Jika komputer tidak mempunyai directx, tidak perlu khawatir alasannya fungsi komputer akan tetap berjalan menyerupai biasa, tidak akan ada kerusakan seputar Booting atau lainnya. Namun ketika anda hendak akan bermain game bawaan windows atau game offline akan sedikit lemot bahkan tidak bisa berjalan.

Cara Cek atau Melihat Versi DirectX dan Driver DirectX Sudah Terinstall dengan Benar pada Windows

Game yang terinstall pada komputer terkadang membutuhkan directx dengan versi tertentu, menyerupai halnya game-game terbaru dikala ini merekomendasikan untuk memasang directx versi paling terbaru menyerupai directx12. Apakah sistem windows komputer anda sudah memakai versi terbaru ? Berikut langkah-langkah untuk mengecek versi directx dan apakah sudah terinstall apa belum. Cekidot.

1. Pertama, silahkan tekan logo Windows+R pada keyboard.

Cara Cek DirectX Sudah Terpasang Pada Windows  Cara Cek DirectX Sudah Terpasang Pada Windows

2. Ketik dxdiag pada kotak yang tersedia, kemudian tekan Enter atau klik OK.

Cara Cek DirectX Sudah Terpasang Pada Windows  Cara Cek DirectX Sudah Terpasang Pada Windows

3. Maka akan keluar jendela DirectX Diagnostic Tools. Pada tab System bab DirectX Version disitu anda bisa melihat versi directx yang terinstall pada komputer anda, menyerupai gambar berikut.

Cara Cek DirectX Sudah Terpasang Pada Windows  Cara Cek DirectX Sudah Terpasang Pada Windows

4. Kemudian klik tab Display, disini anda bisa melihat jenis VGA Card, versi driver VGA yang terinstall melalui directx dan pada bab DirectX Features disitu anda bisa melihat DirectDraw Acceleration, Direct3D Acceleration, AGP Texture Acceleration apakah sudah aktif apa belum. Jika Enable itu menerangkan driver VGA Card sudah terinstall dengan benar memakai directx dan jikalau Not Available itu menerangkan driver belum terinstall dengan benar.

Komputer saya memakai directx 11 dengan sistem operasi windows 7. Perlu anda ketahui directx ini tidak menciptakan performa grafis komputer kita naik, melainkan hanya untuk mengoptimalkan saja. Performa grafis tetap dipengaruhi oleh kartu grafis atau VGA Card yang digunakan pada komputer.

Demikian tutorial sederhana mengenai cara cek directx sudah terpasang pada windows apa belum. Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "


Sumber https://harmansh.blogspot.com/