Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Dan Jenis Jenis Routing

Kemarin saya sudah membahas wacana pengertian dan jenis jenis switching, pada kesempatan kali ini saya akan membahas wacana routing. Apa sih Routing itu ?

Kemarin saya sudah membahas wacana pengertian dan jenis jenis switching Pengertian dan Jenis Jenis Routing
Gambar : seseorang admin menghubungkan jaringan
Pengertian Routing
Routing Berkerja pada osi layer ke tiga yaitu network layer. Routing yaitu mengabungkan dua buah network dalam jaringan yang berbeda. Dalam Routing niscaya mengetahui alamat ip address dan gateway dari sumber ke tujuan. Routing dalam lingkungan sehari hari di ibaratkan mirip 3 rumah yang mempunyai no berbeda. Agar rumah tersebut sanggup saling mengetahui dimana rumah yang terdapat maka kita harus melaksanakan routing. Dalam artian rumah tersebut nanti akan sanggup saling mengenali antara rumah lainya.

Jenis Jenis Routing
  • ROUTING STATIC
Routing hanya mengetahui IP address sebagai identitas. Routing static sanggup diartikan melaksanakan routing secara manual, maksudnya gimana ? jadi begini seakan akan kita inggin menghubungakan router satu ke router lainya. Agar saling terhubung maka kita harus menawarkan sebuah identitas alamat ip address pada router tersebut. 

Implementasi Routing Static : Admin Jaringan sedang mempunyai 10 komputer pc yang terhubung ke router. Agar komputer tersebut sanggup terhubung ke internet maka langkah yang harus dilakukan menawarkan alamat ip address, netmask, gateway secara manual satu persatu.
  • ROUTING DYNAMIC
Routing yang menawarkan alamat ip secara manual, dalam routing dynamic akan mempermudah seseorang admin jaringan dalam konfigurasi. Tetapi ada kelamahanya yaitu membroadcast eksklusif mengirim data. Biasanya dalam konfigurasi routing Dynamic menggunakan DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol).