Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menunjukkan Ip Address Pada Debian 6


Setting IP address di Debian 6



Oke sobat,selamat tiba di .Sebuah blog yang membahas ihwal teknologi isu dan Ensiklopedia bebas,artikel kali ini admin akan bahas ihwal "Cara memperlihatkan IP pada Sistem Operasi Debian 6".Pada artikel kali ini tentunya teman diharuskan untuk menginstall sistem operasi Debian 6 terlebih dahulu semoga prosesnya tidak terlalu rumit,jika teman merasa atau mungkin belum tahu ihwal cara meng-install sistem operasi Debian 6, insyaallah admin akan membahasnya pada artikel berikutnya.

Pada artikel sebelumnya admin sudah membahas mengenai pengertian ihwal IP address.Jika teman belum tahu sama sekali ihwal IP address,sobat eksklusif kunjungi dan pelajari artikel sebelumnya.Jika teman sudah tahu ihwal IP address,kita eksklusif saja pada topik pembahasan kali ini sobat,yuk simak!

Sebelum mengatur atau memperlihatkan IP address pada komputer teman yang sudah terinstall sistem operasi Debian 6,sobat diharuskan tahu sedikit ihwal command atau syntax pada sistem operasi Debian yang akan di operasikan di terminal.

•Oke langkah pertama yang teman harus lakukan yakni Login terlebih dahulu kedalam sistem operasi Debian 6 sobat.setelah itu teman buka terminal Debian 6(bila teman menginstall Debian 6 berbasis Graphical User Interface).Jika teman menginstall Sistem operasi Debian 6 berbasis Text,sobat tidak harus menjalankan terminal secara manual,karena yang berbasis Text sudah eksklusif menjalankan terminal otomatis.Pada kali ini admin memakai sistem operasi berbasis Text.Lihat gambar dibawah ini.


•Langkah yang kedua,sobat cek terlebih dahulu apakah IP address sistem operasi Debian 6 yang teman pakai sudah diberi IP address ataukah belum?,inilah perintahnya,"ifconfig"lalu enter, tanpa tanda petik.jika eth Debian 6 teman menerangkan angka 127 berarti IP address nya masih default atau belum diberikan IP oleh user baru,lihat gambar dibawah ini.


•Langkah yang ketiga,sobat berikan IP address pada sistem operasi Debian 6,dengan perintah "ifconfig eth0 192.168.88.1 netmask 255.255.255.0 up".lalu enter,jika ada goresan pena "eth0:eror" silahkan teman ganti angka 0 dengan angka 1 bila masih eror ganti lagi dengan angka 2 dan seterusnya,untuk IP addressnya silahkan teman sesuaikan dengan selera,pada kali ini admin gunakan IP address yang kelas C.lihat gambar dibawah ini.


•Jika teman sudah memperlihatkan IP address,silahkan cek IP address dengan perintah"ifconfig".lalu enter,itu tadi perintah memperlihatkan IP address yang sementara,artinya kalau teman melaksanakan booting ulang,maka IP address tersebut akan hilang,tapi damai untuk memperlihatkan IP address secara permanen memakai perintah "nano /etc/network/interfaces" kemudian enter,lihat gambar dibawah ini.



•Kalian edit konfigurasi IP default dengan menambahkan beberapa konfigurasi ini perintahnya.
"auto eth0
iface eth0 inet static
           address 192.168.88.1
           netmask 255.255.255.0"
Lalu tekan ctrl+X dan tekan Y,jangan pernah menghapus "auto loopback" alasannya yakni akan menimbulkan eror.lihat gambar dibawah ini.


•Jika teman sudah melaksanakan beberapa konfigurasi diatas silahkan teman restart networknya,dengan perintah "/etc/init.d/networking restart" kemudian enter,jika tidak ada goresan pena eror maka konfigurasi berhasil,bila ada duduk perkara eror pada eth0 silahkan teman ganti eth0 dengan eth1 dan seterusnya.lihat gambar dibawah ini.



Selesai,sobat sudah melaksanakan konfigurasi IP address pada sistem operasi Debian 6 berbasis Text atau GUI.itulah Cara menambahkan IP address pada sistem operasi Debian 6 berbasis Text atau GUI.semoga bermanfaat untuk teman semua,sampai jumpa pada artikel berikutnya.