Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah-Langkah Merakit Komputer Lengkap Dengan Gambar

Langkah Merakit Komputer Lengkap dengan Gambar Langkah-Langkah Merakit Komputer Lengkap dengan Gambar

Langkah-Langkah Merakit Komputer/PC Lengkap dengan Gambar - Bagi anda yang belum pernah merakit sebuah komputer (Komputer Dekstop), niscaya pernah berfikir kalau merakit komputer itu susah dan membingungkan. Memang susah dan membingungkan sih, namun apabila anda menekuninya dengan baik niscaya akan menjadi mudah. Anda hanya harus memahami langkahnya dan melakukannya berulangkali hingga anda menjadi terbiasa. Berikut panduan lengkap untuk merakit sebuah komputer dekstop.

Cara Merakit Komputer/PC Lengkap dengan Gambar

Dalam merakit sebuah komputer ada beberapa tahapan yang harus anda lakukan terlebih dahulu. Adapun tahapan-tahapan tersebut antara lain :

1. Persiapan
Persiapkan terlebih dahulu komponen-komponen yang diharapkan untuk melaksanakan perakitan komputer. Lakukan perakitan di daerah yang dimana anda merasa leluasa untuk bergerak sehingga tidak mengganggu aktifitas anda. Untuk mekanisme keamanan, anda harus membuang listrik static pada badan agar pada dikala menyentuh komponen tidak ada anutan listrik statis yang sanggup membahayakan komponen. Cara paling sederhana yaitu dengan menyentuhkan tangan pada casing. Atau sanggup juga dengan memakai gelang anti statis.

2. Proses Perakitan
Memulai perakitan komponen-komponen komputer dengan memasang satu persatu hardware yang diperlukan.

3. Pengujian
Saat proses perakitan telah terselesaikan, maka tahap selanjutnya yaitu pengujian. Pada tahap ini komputer yang akhir dirakit akan dihidupkan dan dioperasikan. Jika pengoperasian berjalan normal maka proses perakitan telah selesai, namun apabila ternyata terjadi duduk masalah maka dilanjutkan pada proses yang selanjutnya, yaitu menangani duduk masalah yang terjadi.

4. Penanganan Masalah
Pada tahap ini komputer yang akhir dirakit ternyata mengalami duduk masalah (troubleshoot). Hal tersebut sanggup disebabkan oleh proses instalasi atau penempatan komponen yang kurang tepat. Oleh alasannya itu diharapkan penanganan lebih lanjut biar komputer sanggup beroperasi dengan normal.


Langkah Merakit Komputer Lengkap dengan Gambar Langkah-Langkah Merakit Komputer Lengkap dengan Gambar
Mainboard Manual Diagram Instruction



Tahap Persiapan

Persiapan sebelum merakit komputer antara lain adalah:
  1. Menyiapkan komponen-komponen perangkat keras. Persiapkan semua komponen tersebut kemudian letakkan di daerah yang gampang terjangkau. Cek terlebih dahulu semua komponen-komponen perangkat keras (disesuaikan dengan tipenya) dan jangan hingga salah spesifikasi. Sebagai pola mainboard yang mendukung slot DDR3 hanya sanggup ditempatkan oleh memori dengan tipe DDR3 pula.
  2. Buku manual perakitan. Biasanya setiap komponen menyertakan buku manualnya. Buku manual ini jangan hingga hilang sebagai materi acuan pemasangan/instalasi komponen perakitan komputer.
  3. Peralatan yang dipakai untuk merakit komputer. Persiapkan semua alat-alat yang diharapkan untuk merakit, contohnya menyerupai obeng (plus dan minus), tang, gelang anti-statis yang sanggup mencegah terjadinya korslet (short circuit) pada komponen dan peralatan lainnya yang memang diperlukan.
  4. Driver CD. Driver yaitu salah satu hal yang jangan anda lupakan lantaran tanpa driver sebuah perangkat keras tidak sanggup difungsikan. Oleh karenanya persiapkan driver dari masing-masing komponen biar proses perakitan sanggup berjalan dengan lancar.

Proses perakitan komputer

Setelah proses persiapan selesai, sekarang saatnya melaksanakan proses selanjutnya, yaitu proses perakitan komputer dengan tahapan-tahapan menyerupai berikut:
  1. Pasang Jumper Mainboard
  2. Pasang Prosessor
  3. Pasang Heatsink (Kipas Prosesor)
  4. Pasang Memori
  5. Pasang Mainboard pada Casing
  6. Pasang VGA Card
  7. Pasang Power Supply (Catu Daya)
  8. Pasang Kabel-kabel Motherboard
  9. Pasang ODD (Optical Device Drive) menyerupai DVD dan HDD (Harddisk Drive)
  10. Finishing/Penyelesaian
  11. Pengujian/Test PC
1. Pasang Jumper Mainboard



Bacalah terlebih dahulu buku manual (Manual Guide Book) mainboard biar anda tahu dimana jumper akan diletakkan. Jumper merupakan komponen kecil yang diletakkan pada mainboard sebagai pengatur CPU dan tegangan yang masuk ke dalam mainboard. Pengaturan jumper yang salah sanggup berakibat rusaknya prosesor. Kaprikornus berhati-hatilah dikala memasang jumper ini dengan memastikan anda memasangnya dengan benar.

2. Pasang Prosesor



Pemasangan prosesor pada mainboard akan lebih gampang untuk dilakukan apabila mainboard belum terpasang pada casing. Hal-hal yang perlu diperhatikan dikala memasang prosesor yaitu, memilih terlebih dahulu posisi 1 pin. Biasanya terdapat tanda pada prosesor pada setiap ujungnya, masukkan prosesor tersebut sesuai dengan arah pin, angkat tuas pengunci dalam posisi tegak dan terbuka kemudian pasang prosesor pada socket prosesor yang ada pada mainboard. Setelah prosesor terpasang pada mainboard, maka kembalikan tuas pengunci kearah bawah untuk menutup prosesor.

3. Pasang Heatsink (Kipas prosesor)



Prosesor mempunyai suhu yang panas pada dikala komputer dalam kondisi menyala. Oleh karenanya diharapkan kipas untuk mengurangi hawa panasnya. Heatsink yaitu kipas yang dipasang tepat diatas prosesor. Untuk memasangnya cukup mudah, hanya tinggal memasukkan kaki-kakinya saja kedalam mainboard dan dikencangkan, namun sebelum memasangnya lapisi heatsink terlebih dahulu dengan Gel penghantar panas. Heatsink dibekali sebuah konektor yang disambungkan pada mainboard sebagai dayanya.

4. Pasang Memori



Umumnya memori yang dipakai pada dikala ini yaitu berjenis RAM (DDR2 dan DDR3). Nah, pastikan terlebih dahulu jikalau socket memori pada mainboard anda yaitu tipe socket dengan jenis ini biar sesuai. Untuk lebih lengkapnya, silahkan baca artikel berjudul Cara Membedakan RAM DDR 1, DDR 2, DDR 3 dan DDR 4 sebagai panduannya.
Cara pasang memori cukup mudah, yaitu dengan menyesuaikan cekungan yang ada pada memori dengan slot pada mainboard. Tancapkan dan tekan hingga terdengar suara klik, sebagai tanda RAM sudah terpasang dengan benar.

5. Pasang Mainboard pada Casing



Langkah selanjutnya yaitu memasang mainboard pada casing. Cara memasang mainboard pada casing yaitu dengan cara memilih dudukan (mounting) mainboard pada casing. Jika dudukan telah dipasang, maka anda memerlukan beberapa perkakas menyerupai obeng untuk mengencangkan sekrupnya. Atur letak posisi I/O dengan benar. Hati-hati dan pelan-pelan dikala memasangnya supaya mainboard tidak rusak/patah.

6. Pasang VGA Card



Setelah mainboard terpasang pada casing, langkah selanjutnya yaitu memasang VGA Card. Cara pasang VGA Card intinya hampir sama dengan cara memasang memori yaitu dengan menyesuaikan cekungan slot yang ada pada mainboard. Penempatan VGA Card pada mainboard sanggup anda lihat pada tabel Mainboard Manual Diagram Instruction yang memperlihatkan AGP Slot.

7. Pasang Power Supply (Catu Daya)



Langkah selanjutnya yaitu memasang power supply atau catu daya. Power supply terletak di kepingan pojok atas di kepingan belakang casing. Cara memasangnya cukup mudah, yaitu dengan menempatkannya pada daerah (bays) power supply yang sudah disediakan kemudian mengencangkan baut-bautnya dengan obeng. Jangan hingga goyang dan pastikan tidak dengan posisi terbalik (upside down). Untuk mengatasi Power Supply yang mengalami masalah, silahkan baca artikel berjudul Cara Mengecek Power Supply Rusak atau Tidak

8. Pasang Kabel-kabel Motherboard



Sambungkan semua kabel-kabel yang tersedia pada power supply ke mainboard untuk memperlihatkan daya. Atur sesuai gambar di atas dan tinggalkan kabel untuk HDD dan ODD. Setelah itu pasang kabel Front Panel, Front USB, dan Front Audio ke Motherboard. Untuk panduannya, silahkan baca artikel berikut.


9. Pasang ODD (Optical Device Drive) menyerupai DVD dan HDD (Harddisk Drive)

Setelah kabel-kabel power supply terpasang pada mainboard, langkah selanjutnya yaitu memasang Hard Drive pada casing. Sesuaikan masing-masing hard drive sesuai dengan ruangan drive pada casing (bays). Biasanya untuk DVD diletakkan pada casing kepingan paling atas depan, sedangkan HDD terdapat bays tersendiri. Buka epilog bays drive pada casing dan kemudian pasang dan kencangkan baut-bautnya. Jika hard drive telah terpasang sempurna, kemudian colokkan kabel dari power supply ke masing-masing hard drive (gambar pada poin 8).



10. Finishing/Penyelesaian

Setelah semua kabel dan konektor telah tersambung, begitu pula dengan mainboard pada casing. Kini saatnya melaksanakan finishing dengan mengecek seluruh fungsi dari komponen-komponen yang telah dirakit menjadi sebuah komputer PC. Langkah-langkah pengecekan yang sanggup anda lakukan yaitu sebagai berikut:
  • Pasang epilog casing dengan tepat memakai perkakas obeng.
  • Pasang kabel port VGA ke monitor dan colokkan kabel power monitor.
  • Colokkan kabel power CPU ke socket/saklar listrik dan nyalakan.
11. Pengujian/Test PC

Saat monitor dan PC dinyalakan, jikalau tak ada masalah, maka selanjutnya PC akan masuk pada mode POST dan anda tinggal melaksanakan pengaturan setting BIOS. Permasalahan yang sering terjadi yaitu kesalahan pemasangan kabel, pemasangan komponen yang tidak pas dan lain sebagainya. Biasanya kesalahan tersebut akan pribadi terdeteksi dan PC akan mengeluarkan tanda berupa suara beep dengan nada yang teratur. Periksa kembali pemasangan kabel dan cek posisi komponen-komponennya.

Jika unit sudah berjalan dengan normal, selanjutnya yaitu setting BIOS dan instal Operating System. Jangan lupa juga untuk menyiapkan CD instalasi aplikasi dan driver dari komponen-komponen tersebut. Apabila anda belum faham bagaimana cara install sistem operasi dengan benar, anda sanggup menyimaknya pada artikel berjudul Cara Installasi Windows 7 Lengkap dengan Gambar.

Penanganan Masalah

  • Hidupkan komputer, apabila komputer dan monitor tidak hidup, periksa kabel daya pada colokan listrik sudah terhubung apa belum.
  • Apabila waktu dinyalakan, tampilan layar monitor ngeblank/berwarna hitam, niscaya ada kesalahan dan apabila pada CPU terdengar suara beep ( Mendeteksi Kerusakan Hardware Komputer Melalui Suara Beep Speaker ), maka betulkan penempatan RAM / memori pada soket. 
  • Apabila card adapter tidak terdeteksi, periksa penempatan card adapter sudah pas apa belum ke slotnya.
  • Apabila LED dari harddisk atau CD menyala terus, periksa konektornya sudah terhubung apa belum.


Demikian uraian tutorial sederhana perihal bagaimana langkah-langkah merakit sebuah komputer/PC lengkap dengan gambar. Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "


Sumber https://harmansh.blogspot.com/