Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Membangun Layanan Voip Dengan Asterisk Di Debian Server

Indonesia komunitas pengguna / pengembang VoIP di masyarakat, berkembang di tahun 2000. Komunitas awal pengguna / pengembang VoIP yakni “VoIP Merdeka” yang dicetuskan oleh pakar internet Indonesia, Onno W. Purbo. Teknologi yang dipakai yakni H.323 yang merupakan teknologi awal VoIP. Sentral VoIP Merdeka di hosting di Indonesia Internet Exchange (IIX) atas santunan beberapa ISP dan Asossiasi Penyelenggara Jaringan Internet (APJII).

Di tahun 2005, Anton Raharja dan tim dari ICT Center Jakarta mulai menyebarkan VoIP jenis gres berbasis Session Initiation Protocol (SIP). Teknologi SIP merupakan teknologi pengganti H.323 yang sulit menembus proxy server. Di tahun 2006, infrastruktur VoIP SIP di kenal sebagai VoIP Rakyat.

PENGERTIAN VOIP

Voice over Internet Protocol (juga disebut VoIP, IP Telephony, Internet telephony atau Digital Phone) yakni teknologi yang memungkinkan percakapan bunyi jarak jauh melalui media internet. Data bunyi diubah menjadi isyarat digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa.

Dalam komunikasi VoIP, pemakai melaksanakan kekerabatan telepon melalui terminal yang berupa PC atau telepon biasa. Dengan bertelepon memakai VoIP, banyak laba yang sanggup diambil diantaranya yakni dari segi biaya terang lebih murah dari tarif telepon tradisional, alasannya yakni jaringan IP bersifat global. Sehingga untuk kekerabatan Internasional sanggup ditekan sampai 70%. Selain itu, biaya maintenance sanggup di tekan alasannya yakni voicedan data networkterpisah, sehingga IP Phone sanggup di tambah, dipindah dan di ubah. Hal ini alasannya yakni VoIP sanggup dipasang di sembarang ethernet dan IP address, tidak ibarat telepon konvensional yang harus mempunyai port tersendiri di Sentral atau PBX (Private branch exchange). 

Ruang lingkup pengembangan proyek Membangun Server VoIP ( Voice Over Internet Protocol ) Di Debian Server ini adalah:
  • Fitur ini dipakai untuk komunikasi dengan memanfaatkan alamat IP.
  • Fitur ini dipakai untuk komunikasi dengan melalui suatu jaringan local atau public.
  • Untuk sanggup saling berkomunikasi pengguna memakai aplikasi berjulukan zoiper.
Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi gosip dan komunikasi yang pesat, sangat besar lengan berkuasa dan mempunyai arti penting terhadap kehidupan insan ketika ini. Hal ini terlihat dengan adanya banyak sekali akomodasi yang ditawarkan dan disediakan. Sehubungan dengan perkembangan dan kecanggihan teknologi itu, maka diharapkan sumber daya insan yang cakap dan siap untuk memanfaatkannya, sehingga insan tidak ketinggalan, atau dengan kata lain sanggup memanfaatkan teknologi yang sudah ada. 

Kelebihan VOIP
  • Biaya yang lebih rendah untuk sebuah sambungan pribadi jarak jauh. 
  • Memanfaatkan infrastruktur jaringan data yang sudah ada untuk suara. 
  • Menggunakan bandwidth yang lebih kecil daripada telepon biasa. 
  • Memungkinkan ada nya adonan dengan jaringan telepon lokal yang sudah ada. 
  • Berbagai bentuk jaringan VoIP sanggup digabungkan menjadi jaringan yang besar. 
  • Variasi memakai peralatan yang sudah ada, misal dari PC sambung ke telepon biasa, IP phone handset.
Manfaat VOIP
  • Para pengguna sanggup melaksanakan sambungan telepon satu sama lain, dengan memakai fitur VoIP
  • Proses pemasangan IP Phone cukup sederhana bahkan untuk orang-orang dengan pengetahuan teknis yang terbatas.
  • Rendah Biaya Panggilan.Sebagian besar bisnis memakai VoIP untuk melaksanakan panggilan jarak jauh dengan biaya yang sangat rendah. Bahkan kita sanggup menghemat 80% -90% pada tagihan bulanan telepon dengan memakai VoIP. 
  • Nomor sanggup dibawa kemanapun anda pergi.Apakah Anda ingin menata ulang atau memperluas ruang kantor Anda? Sistem telepon VoIP memungkinkan pengguna mengakses web portal yang nyaman untuk mengkonfigurasi ulang sistem setiap saat
  • Kualitas Suara Jernih dan Tinggi. Kualitas bunyi memakai layanan telepon Internet yakni sangat jernih, halus, dan benar-benar terdengar. Sepertinya halnya orang itu berbicara di samping atau belakang anda.
  • Skalabilitas. Layanan telepon Internet benar-benar terukur. Jika bisnis Anda berkembang maka Anda sanggup menciptakan nomor yang berbeda untuk karyawan Anda. Dan semua komunikasi internal dalam kantor yang benar-benar bebas biaya.
  • Mudah dikelola. Kita sanggup dengan gampang mengelola layanan internet VoIP dan memelihara catatan sangat mudah. Semua catatan panggilan dikelola di komputer. Makara tidak ada duduk kasus Anda sambil mengelola dan memelihara catatan.
HASIL PERCOBAAN VOIP


TOPOLOGI IMPLEMENTASI VOIP


Dari implementasi diatas dilihat bahwa debian diinstall melalui pc komputer sever yang menuju ke perangkat router, dan dihubungkan ke handphone-hanphone yang aktif. Implementasi diatas itu cuma sekedar lokal saja.

Ketahuilah kalau inggin menciptakan VOIP sanggup diakses melalui public internet, maka juga harus punya ip public juga sebagai gateway yang melewati semoga sanggup di hubungkan ke alamat public internet.

Tiap perangkat akan punya nomor extensi khusus yang sanggup kita atur sendiri nomor dan jumlah digitnya. pada kasus khusus mungkin anda juga perlu parangkat IP gateway sebagai koneksi lewat dari nomor yang sudah di daftarkan.

Kami disini tidak mempublikasikan cara konfigurasi dikarenakan tidak mengecewakan banyak caranya. Jika anda butuh gosip lebih lengkap atau terdapta permasalahan sanggup hubungi kami, sebagai pengembangan siap membantu.