Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menciptakan Dampak Bokeh Di Foto Smartphone

Lingkaran putih di background foto ini yaitu teladan bokeh. Wikimedia Commons

Fotografi Bokeh sangat terkenal di kalangan DSLR dan film camera shooters, tetapi kini sangat mungkin untuk menggandakan imbas tersebut pada kamera smartphone. Seperti yang ditunjukkan pada foto di atas, bokeh yaitu kualitas "out-of-focus" atau di luar fokus area dari sebuah gambar, tepatnya, bulat putih di background, yang dalam fotografi digital disebabkan oleh bentuk lensa kamera. Ini yaitu teknik yang menambahkan kecanggihan pada potret, close-up, dan bidikan lainnya di mana background tidak perlu menjadi fokus. Setelah kau mengenalinya, kau akan mulai melihat bokeh di mana-mana.

Apa itu Bokeh?

Contoh bokeh effect. fotografi.lovelybogor.com

Bokeh, dibaca BOH-kay, berasal dari kata Jepang boke, yang berarti blur atau kabut atau boke-aji, yang berarti kualitas blur. Efeknya disebabkan oleh "depth of field" atau kedalaman bidang yang sempit, yang merupakan jarak antara objek terdekat dalam fokus dan yang terjauh dalam foto.

Saat memakai kamera DSLR atau kamera film, kombinasi aperture, focal length, dan jarak antara fotografer dan subjek, membuat imbas ini. Aperture mengontrol seberapa banyak cahaya yang masuk, sementara focal length memilih berapa banyak adegan yang ditangkap kamera, dan dinyatakan dalam milimeter (yaitu 35mm).

Depth of field menghasilkan foto di mana foreground (atau latar depan) dalam fokus yang tajam, sementara backgroundnya buram. Salah satu teladan bokeh yaitu potret, ibarat foto pertama di atas, di mana subjek berada dalam fokus, dan backgroundnya tidak fokus. Bokeh, bola putih di latar belakang, disebabkan oleh lensa kamera, biasanya saat berada di aperture lebar, yang memungkinkan lebih banyak cahaya.

Bokeh Photography di Smartphone

Pada smartphone, "depth of field" dan bokeh bekerja secara berbeda. Elemen yang diharapkan yaitu kekuatan pemrosesan dan perangkat lunak yang tepat. Kamera ponsel cerdas harus mengenali foreground dan background foto, kemudian memburamkan backgroundnya, sambil menjaga foreground tetap fokus. Kaprikornus imbas bokeh di smartphone dibentuk sesudah gambar diambil, bukan terjadi saat foto itu diambil.

Cara Membuat Background Bokeh

Contoh lain dari imbas bokeh. Rob/Flickr

Dalam foto di atas, diambil dengan kamera digital, fotografer menggabungkan gelembung dengan bokeh, di mana banyak adegan tidak fokus. Smartphone dengan kamera lensa ganda akan memotret dua gambar sekaligus dan menggabungkannya untuk mendapat imbas depth-of-field dan imbas bokeh.

Sementara smartphone yang lebih gres mempunyai kamera lensa ganda, untuk membuat bokeh hanya dengan satu lensa kau harus mengunduh aplikasi pihak ketiga yang akan memberi kau alat untuk membuat efek. Pilihan termasuk AfterFocus (Android | iOS), Bokeh Lens (hanya iOS), dan DOF Simulator (Android dan PC). Ada banyak opsi lain yang tersedia juga, jadi download beberapa aplikasi, untuk dicoba, dan pilih favorit kamu.

Kalau kau mempunyai ponsel flagship dari Apple, Google, Samsung, atau merek lain, kamera ponsel kau mungkin mempunyai lensa ganda, dan kau dapat membuat bokeh tanpa aplikasi. Ketika kau mengambil foto, kau harus dapat memilih apa yang harus difokuskan dan apa yang harus diburamkan. Beberapa smartphone juga mempunyai kamera front-facing lensa ganda untuk selfie. Cobalah latihan dengan mengambil beberapa foto untuk menyempurnakan teknik kamu, dan kau akan menjadi expert dalam waktu singkat.