Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menginstall Mikrotik Router Os Di Virtual Box

Tutorial menginstall Mikrotik router OS di Virtual Box



Hi sobat,pada kesempatan kali ini admin mau memberi tahu ihwal "Tutorial menginstall Mikrotik Router OS di virtual box",pastinya untuk teman yang pernah atau sedang berguru di sekolah Sekolah Menengah kejuruan jurusan Teknik Komputer dan Jaringan,sobat niscaya akan atau mungkin sudah mengenal ihwal sistem operasi yang satu ini.

Mikrotik router OS memang bertipe sistem operasi namun cara penggunaannya dan fungsinya saja yang berbeda dari sistem operasi yang lainnya.Jika teman semua sudah mengenal Mikrotik router OS maka teman harusnya sudah dapat menginstall sistem operasi Mikrotik ini.Akan tetapi kalau teman belum atau mungkin gres tahu cara menginstallnya maka teman sempurna sekali mampir di artikel yang akan admin bahas pada kesempatan kali ini.

Apakah teman ingin tau bagaimana cara meng-install sistem operasi Mikrotik router OS?,jika masih ingin tau yuk simak pribadi aja ya sobat.Baca dengan cermat dan teliti oke?.

Langkah-langkahnya

Sebelum masuk ke langkah-langkahnya menginstall sistem operasi Mikrotik router OS,admin jelaskan sedikit ihwal Mikrotik.Sobat yang bersekolah di Sekolah Menengah kejuruan dengan mengambil jurusan teknik komputer dan jaringan,maka teman akan membahas seputar Mikrotik walaupun hanya sekilas saja.Akaj tetapi pembahasan tersebut menciptakan teman ingin tau menyerupai apa ya Mikrotik itu?,dan untuk apa ya fungsinya?.

Mikrotik tidak hanya berupa Hardware (Perangkat keras) saja akan tetapi ada Mikrotik yang berupa Software (Perangkat Lunak).Mikrotik yang satu ini disebut dengan nama Mikrotik router OS.Yups teman pribadi paham dengan kata-kata OS(Operating system),OS(operating system) yang dimaksud bukanlah OS menyerupai Debian, windows dan OS yang digunakan untuk dekstop.Akan tetapi OS Mikrotik router ini digunakan untuk membangun sebuah jaringan biar dapat dipakai.

Oke cukup segitu aja penjelasannya,langsung ke langkah-langkahnya untuk menginstall Mikrotik router OS.

•Langkah pertama silahkan jalankan software Virtual Box yang sudah teman install terlebih dahulu.Oh iya alasannya menginstall Mikrotik router OS di virtual box,jadi teman perlu mengunduh file Mikrotik router OS nya terlebih dahulu silahkan teman cari sendiri ya(harus berdikari kalo mengunduh).

•Lalu kalau software Virtual Box tadi sudah teman install,maka teman jalankan dan klik new(di pojok kiri atas).Jika muncul sebuah kolom yang meminta teman biar mengisi kolom tersebut maka isi saja:
Name:Mikrotik(bebas kalau Nama).
Type:Linux
Versi:Other Linux(sesuaikan dengan bit komputer yang teman miliki,apakah bit komputer teman 32 bit ataupun 64 bit.).Coba perhatikan gambar di bawah ini.



•klik next,dan teman akan di bawa kepada tampilan yang diharuskan teman untuk menentukan alokasi memori yang nantinya akan diberikan pada mikrotik,cukup isi 64 MB saja.Lalu klik next.


•Di sajian ini teman harus menciptakan hardisk virtual,tidak perlu diubah lagi cukup klik create saja sobat.


•selanjutnya teman akan disuruh untuk menentukan jenis atau tipe hardisk virtual yang akan diberikan pada mikrotik router OS.Admin menentukan VMDK.


•pada sajian ini pilih ukuran hardisk baik menentukan yang dinamis maupun yang ukuran tetap.Biarkan default saja dulu untuk pemula,agar cepat final Menginstall Mikrotik router OS.


•Berikan ukuran hardisk untuk Mikrotik router OS yang akan teman install,berikan ukuran minimal 512 MB saja ya sobat.


•setelah final menciptakan virtual Mikrotik router OS nya,maka langkah selanjutnya menambahkan atau mengkonfigurasi sedikit pada sajian pengaturannya.Klik saja goresan pena setting/pengaturan.


•Lalu pilih sajian sistem/system dan pada bab boot order/urutan boot,lalu teman ubah.

•jika sudah final di sajian system/sistem maka langkah selanjutnya pergi ke sajian audio.dan uncecklist atau disable kan.

•Pilih sajian Network/jaringan,dan teman pastikan "Enable network adapter/ fungsikan lah adapter jaringan".Lalu di opsi "attached to/terpasang pada" silahkan ganti menjadi "Bridged adapter".Jika teman ingin memakai semua adapter silahkan kalau tidak mau memakai semua adapter maka tidak di enable pun tidak masalah.



•Masuk ke sajian storage dan pilih lambang CD/DVD dan carilah file mikrotik.iso yang sudah teman unduh.Lalu klik open.

•Klik Start atau mulai di atas cari saja menyerupai gambar segitiga namun kesamping kanan.


•Lalu tunggu proses booting Mikrotik router OS.Jika benar semua langkah yang diatas tadi,maka teman akan melihat tampilan menyerupai dibawah ini.


•Lalu teman pilih fitur apa saja yang akan diinstall pada mikrotik router OS nya.Jika ingin semua fitur diinstall maka teman tekan tombol "a" di keyboard kemudian tekan tombol "i" pada keyboard.

•jika ada pertanyaan "Do you want to keep old configuration?" Jawab saja "N".lalu kalau ada pertanyaan lagi tekan saja "Y".



•Setelah selesai,maka Mikrotik meminta biar teman melaksanakan reboot atau booting ulang.Cukup dengan menekan tombol Enter.Lihat gambar di bawah ini.


•Tunggulah proses booting selesai.


•lalu kalau ada perintah login,maka silahkan login kedalam Mikrotik router OS yang teman install tadi.


•Login dengan mengisi:
 Login:admin
 Password:(biarkan kosong saja).
Lalu silahkan tekan enter,tunggu sebentar dan tekan enter lagi.


•Selesai.


Bagaimana teman cukup menarik bukan cara meng-install sistem operasi Mikrotik router? Jika masih gundah silahkan tanyakan pada admin.Sekian dulu ya sobat,sampai jumpa.