Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iphone Aku Tidak Dapat Terhubung Ke Wifi. Inilah Cara Memperbaikinya!



iPhone kau tiba-tiba tidak mau "konek" atau terhubung ke jaringan Wi-Fi? Kamu resah apa yang jadi penyebabnya? Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan kenapa iPhone kau tidak bisa terhubung ke WiFi dan membantu kau memperbaiki masalah, baik itu dengan iPhone atau wireless router kamu.

Mencari Sumber Masalahnya

Ketika iPhone tidak bisa konek/terhubung ke WiFi, langkah pertama dalam mendiagnosis problem ini ialah menyambungkan iPhone kau ke jaringan Wi-Fi lainnya.

Kalau kau tidak mempunyai jaringan Wi-Fi lain untuk dipakai untuk menguji iPhone kamu, pergilah ke Starbucks, perpustakaan, atau rumah sobat kau dan coba untuk terhubung ke Wi-Fi mereka. Jika iPhone kau terhubung, itu bukan problem perangkat keras - melainkan ada problem antara iPhone dan wireless router kau di rumah.

Catatan: Kalau iPhone kau tidak terhubung ke jaringan wireless apa pun, lompat ke belahan artikel ini yang disebut Hapus Semua Jaringan Wi-Fi yang Disimpan di iPhone Kamu.

Perbaikan Paling Sederhana

Kalau kau belum melakukannya, cobalah mematikan iPhone dan router Wi-Fi kamu, dan nyalakan kembali.

  1. Pada iPhone kamu, tekan dan tahan tombol Power sampai pesan slide to powering off muncul. Geser layar dengan jari kau dan tunggu sampai iPhone kau mati. Diperlukan waktu 15 detik atau lebih untuk iPhone kau dimatikan. Selanjutnya, tahan tombol Power sampai kau melihat logo Apple muncul di layar.
  2. Kami akan memakai trik yang sangat teknis untuk mematikan dan menghidupkan kembali router Wi-Fi kamu: Tarik kabel daya dari colokan dan sambungkan kembali.


Setelah router direboot, coba hubungkan kembali iPhone kau ke Wi-Fi. Jika berhasil, ada problem dengan perangkat lunak internal wireless router kau (yang biasanya disebut firmware). Hanya sedikit orang yang memahami cara kerja jaringan Wi-Fi. Semua router Wi-Fi intinya memakai perangkat keras yang sama untuk menciptakan jaringan wireless, tetapi perangkat lunak yang dibangun ke router Wi-Fi sangat bervariasi dari model ke model.

Sama ibarat pada iPhone dan komputer kamu, perangkat lunak yang dibangun ke wireless router kau bisa saja crash. Saat rooter mengalami crash, router mungkin masih mem-broadcast jaringan Wi-Fi, tetapi perangkat lunak yang ada di dalamnya tidak merespons dikala perangkat mencoba menyambung. Kalau dengan me-reset wireless router kau memperbaiki masalah, periksa juga situs pabrikan untuk melihat apakah update perangkat lunak (atau firmware) tersedia untuk router kamu. Update perangkat lunak sanggup mencegah problem muncul kembali.

Masalah Dengan iPhone Dan Jaringan Wi-Fi

iPhone akan mencatat semua jaringan Wi-Fi yang pernah terhubung, bersama dengan kata sandi untuk setiap jaringan. Ketika saya pulang kerja, iPhone saya secara otomatis terhubung kembali ke Wi-Fi  saya yang ada di rumah tanpa perlu memasukkan kata sandi. Emang begitulah seharusnya.

Karena iPhone itu sederhana dan simpel, kemampuan pengguna untuk "pergi lebih jauh ke sistem" untuk mendiagnosis problem sangat terbatas. Tidak ibarat Mac atau PC kamu, iPhone kau tidak bisa menampilkan daftar jaringan Wi-Fi yang disimpan. Kamu emang sanggup "forget" jaringan Wi-Fi, tetapi kalau kau sudah pernah terhubung dengannya.

Matikan Wifi dan Nyalakan Kembali

Satu langkah cepat yang bisa kau ambil ketika iPhone kau tidak bisa terhubung ke Wi-Fi ialah mematikan konektivitas Wi-Fi dan menyalakannya kembali. Anggap saja ibarat mematikan iPhone dan menghidupkan kembali - ini memberi iPhone kau awalan gres dan kesempatan kedua untuk menciptakan koneksi higienis ke Wi-Fi.

Buka aplikasi Settings dan ketuk pada Wi-Fi. Kemudian, ketuk tombol di sebelah Wi-Fi di belahan atas menu. Tunggu beberapa detik, kemudian hidupkan kembali WIFi!





Hapus Semua Jaringan Wifi yang Disimpan di iPhone Kamu

Selanjutnya, coba reset alias atur ulang sepenuhnya basis data iPhone kau dari jaringan Wi-Fi. Ini akan memperbaiki problem perangkat lunak yang mengakibatkan problem pada iPhone kamu. Pergi ke Settings -> General -> Reset dan pilih Reset Network Settings.





Kamu harus menghubungkan kembali ke semua jaringan Wi-Fi kau dan memasukkan kata sandi mereka lagi, jadi pastikan kau mengetahuinya. Coba hubungkan kembali ke wireless router kau sehabis iPhone kau reboot. Jika masih tidak terhubung, kini saatnya untuk melihat wireless router kamu.

Masalah Dengan Wireless Router Kamu

Alasan paling umum kenapa iPhone tidak bisa terhubung ke jaringan Wi-Fi ialah adanya problem antara kekerabatan iPhone kau dengan wireless router kamu. Kamu akan memahami cara memperbaiki problem sehabis kau mengetahui sedikit lebih banyak mengenai cara kerja Wi-Fi di iPhone kamu.

Bagaimana Cara Kerja Jaringan Wi-Fi, Dan Mengapa Ini Berlaku Untuk Kamu

Ada dua hal yang terlibat ketika iPhone kau terhubung ke Wi-Fi: iPhone kau dan wireless router. Wireles Router kamu mem-broadcast sinyal dengan nama jaringan wireless untuk dilihat semua orang. Ketika kau terhubung ke Wi-Fi, kekerabatan wireless router dan iPhone kau terbentuk.

Wireless router (atau router Wi-Fi) cara kerjanya ibarat mirip kantor pos. Kalau wireless router sebagai mediator antara iPhone kau dan internet, kalau kantor pos sebagai mediator surat antara rumah kau dan dunia luar. Ketika kau mengirim surat, kantor pos mengirimkannya ke alamat yang benar. Ketika kau mendapatkan surat, kantor pos hanya sanggup mengirimkannya kalau tahu alamat kamu. Itulah yang terjadi dengan iPhone kamu.

Ketika iPhone dan perangkat lain terhubung ke Wi-Fi, wireless router akan menetapkan masing-masing alamat yang terpisah. Segala sesuatu di internet mempunyai alamat uniknya sendiri. Komputer kau mempunyai alamat juga. kau sanggup mencari tahu apa itu dengan mengetikkan What Is My IP? ke Google.

Apa Hubungannya Dengan iPhone yang Tidak Terhubung ke Wi-Fi?

Seringkali, iPhone kau tidak mau terhubung ke Wi-Fi alasannya wireless router tidak menetapkan alamat iPhone kau sebagaimana seharusnya. Ini sanggup terjadi alasannya banyak sekali alasan, tetapi kau hanya perlu memahami kalau wireless router menolak untuk mengizinkan iPhone kau untuk terhubung alasannya resah wacana alamatnya.

Reset wireless router kau ke pengaturan default pabrik supaya mengatur ulang "buku alamat" -nya, dan ini cara termudah dan paling efektif untuk memperbaiki problem untuk selamanya. Jangan buang waktu kau untuk mencoba mendiagnosis problem konektivitas wireless yang tidak jelas. Reset ke default pabrik dan atur lagi. Hanya dibutuhkan beberapa menit untuk menyiapkan wireless router, tetapi mengatasi problem konektivitas wireless sanggup memakan waktu berjam-jam.

Bagaimana cara me-reset wireless router saya ke default pabrik?

Jika ada satu cara untuk melaksanakan ini, saya akan memberi tahu kau caranya. Ada miliaran wireless router di luar sana, jadi saya akan melaksanakan hal terbaik berikutnya dan menunjukkan kepada kau cara termudah untuk mengetahui cara reset router kamu.

Sebagian besar router mempunyai tombol reset kecil di sebuah lubang di belahan belakang atau belahan bawah router Anda. Cara termudah untuk meresetnya ke pengaturan pabrik ialah dengan membiarkan router Anda terpasang dan memakai pena untuk menekan tombol reset di dalam lubang selama sekitar 15 detik. Gambar ialah rujukan dari apa lubang ini terlihat ibarat pada router Linksys. Router Anda akan bertindak begitu saja ketika Anda mengeluarkannya dari kotak untuk pertama kalinya.

Ini ialah cara saya me-rest router saya, tetapi kalau kau tidak tahu cara setting wireless router dari awal, pastikan kau mempunyai petunjuk manualnya yang praktis. Inilah cara terbaik untuk menemukannya kalau kau membuang petunjuk itu.

  1. Temukan nomor model router nirkabel Anda dan catat. Biasanya di belahan bawah atau samping router nirkabel Anda.
  2. Kunjungi situs web santunan produsen dan telusuri nomor model Anda. Anda akan menemukan petunjuk penyiapan atau panduan pengguna yang sanggup diunduh di situs web santunan pabrikan. Berikut tautan ke beberapa yang besar:


Ketika Kamu Mengatur Jaringan Wireless Kamu Lagi

Saat kau menyiapkan wireless router kamu, tidak apa-apa (tetapi tidak perlu) untuk memakai nama yang sama untuk jaringan wireless dan kata sandi yang sama ibarat sebelumnya. Coba hubungkan kembali ke jaringan dengan iPhone kamu. Jika terhubung, maka masalahnya ada di wireless router kamu.

Alasan Kurang Umum Kenapa iPhone Kamu Tidak Bisa Terhubung ke Wifi

Kalau kau masih mengalami masalah, lihat pengaturan keamanan wireless kamu. Pastikan jenis keamanan wireless diatur ke WPA2 Personal yang memakai AES encryption, bukan TKIP atau TKIP / AES. Itu tidak resmi, tetapi perangkat Apple sepertinya mengalami kesulitan dengan keamanan TKIP. Untungnya, kau tidak perlu memahami alasannya. Cari pengaturan keamanan wireless di petunjuk manual wireless router kau untuk mencari tahu cara mengubah pengaturan ini.

Mendiagnosis Masalah Perangkat Keras

iPhone

Kalau kau Reset Pengaturan Jaringan pada iPhone kau dan masih tetap tidak bisa terhubung ke jaringan Wi-Fi sama sekali, cobalah untuk memulihkan iPhone kau dengan DFU dan mengembalikannya dari cadangan. Kalau itu tidak berhasil, segera bawa iPhone kau ke service center Apple terdekat.

Tambahan: Apple Stores tidak melaksanakan perbaikan terhadap antena Wi-Fi. Hal terbaik yang bisa mereka lakukan ialah mengganti seluruh iPhone kamu, dan itu bisa mahal kalau kau tidak mempunyai AppleCare+ dan iPhone kau tidak mempunyai garansi.

Wireless Router

Kalau kau telah me-reset wireless router kau ke pengaturan default pabrik dan tidak ada satupun perangkat yang terhubung dengannya, mungkin ada problem perangkat keras dengan router Wi-Fi kamu. Kunjungi situs pabrikan untuk mempelajari langkah pemecahan problem sebelum kau menetapkan untuk keluar dan membeli yang baru.