Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Soft Skill Yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Berprestasi Zaman Now

 Soft Skill yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Berprestasi 8 Soft Skill Yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Berprestasi Zaman Now


8 Soft Skill Keahlian yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Berprestasi - Untuk menjadi mahasiswa yang berprestasi, tidak hanya dilihat dari kepintarannya dalam menghafal materi atau mengerjakan soal. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi. Apalagi di zaman now ini teknologi berkembang semakin pesat. Maka dari itu kriteria menjadi mahasiswa berprestasi juga sedikit bergeser.

Mahasiswa kini selain dituntut mempunyai hard skill yang baik, juga harus mempunyai soft skill yang baik juga. Setidaknya ada 8 keahlian yang harus dimiliki seorang mahasiswa zaman now. Mulai dari pandai berbicara di depan publik, mempunyai jiwa leadership, hingga dengan pandai memanajemen waktu. Semuanya akan dibahas dalam artikel ini. Makara pastikan kau benar-benar menyimak dengan baik.

8 Soft Skill yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Zaman Now

Oke pribadi saja berikut ialah 8 soft skill yang wajib dimiliki mahasiswa tangguh. Selamat menikmati.

1. Soft Skill Berbicara di Depan Publik Dengan Baik


 Soft Skill yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Berprestasi 8 Soft Skill Yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Berprestasi Zaman Now

Soft skill pertama yang harus banget mahasiswa punya ialah ngomong. Iya ngomong. Ngomong di depan banyak orang maksudnya. Kalau ngomong biasa mah gampang.

Kenapa sih harus bisa ngomong di depan banyak orang?

Oke, good question.

Kuliah itu beda dengan masa SMA, SMP, apalagi SD. Bukan hanya tingkatan ya, tuntutan juga.

Maksudnya, sewaktu masih SD, SMP, Sekolah Menengan Atas pembelajaran cenderung sering "disuapin" oleh guru. Benar kan ya?

Guru ngomong di depan, kita duduk manis mendengarkan *kalo nggak tidur ehe*.

Ya ada lah sesekali disuruh presentasi, tapi pengalaman saya sendiri sih jarang ya.

Dan jikalau maju presentasi pun, seringnya cuma baca slide aja, nggak improvisasi. Kamu gitu juga nggak? Atau cuma saya aja ya.

Sistem "disuapin" tadi jangan kau harap akan ditemukan lagi semasa kuliah. Posisi dosen bukan lagi pemberi materi utama. Tapi lebih tepatnya sebagai fasilitator para mahasiswa buat menyebarkan pengetahuan dan skill.

Dosen lebih sedikit bicara. Mahasiswa yang lebih banyak. Maka dari itu para dosen sering menugasi mahasiswanya untuk presentasi.

Untuk bisa presentasi dengan baik bukanlah hal gampang. Apalagi kalo kau nggak terbiasa ngomong di depan orang banyak. Percaya  sama saya deh.

(Simak juga ya 8 Cara Presentasi yang Baik dan Tidak Membosankan berikut ini).

Soalnya waktu pertama kali saya ngomong depan banyak orang, pengecap terasa kaku gitu. Keringet juga deres banget ngucurnya.

Nah, mulai kini kau wajib banget buat latihan ngomong di hadapan banyak orang. Selain diharapkan untuk kegiatan berguru di dalam kelas, skill ini juga penting untuk bekal di masa depan.

Di masa kerja, seringkali karyawan disuruh presentasi sebuah proyek di depan bos dan karyawan lainnya. Kalau nggak bisa ngomong, bagaimana proyek itu akan didukung oleh bos dan karyawan lainnya? Gimana kau bisa dipercaya orang jikalau ngomong aja nggak lancar?

Dengan pandai ngomong kita bakalan punya nilai plus tersendiri cuy... Mahasiswa yang pandai ngomong biasanya juga disukai oleh dosen. Apalagi di dunia kerja, orang yang pandai ngomong sangat dicari contohnya dijadikan sebagai utusan pimpinan menghadiri pertemuan dan sebagainya.

2. Punya Kemampuan Bekerja Sama yang Bagus

 Soft Skill yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Berprestasi 8 Soft Skill Yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Berprestasi Zaman Now

Egois itu nggak bagus. Setuju kan?

Sikap egois ini harus kau buang ketika kau menjadi mahasiswa. Ganti dengan sifat sinergi yang baik. Bekerja sama yang baik.

Kenapa sih mahasiswa butuh sifat kerja sama?

Gini bro and sis, kuliah itu banyak tugas, banyak acara, banyak organisasi, dan banyak hal tetekbengek lainnya.

Sekarang kita ambil pola aja. Misal dosen ngasih kiprah pembuatan laporan analisa keuangan sebuah perusahaan. Tugas itu disuruh kerja kelompok. Deadline cuma 7 hari nih.
Nah misal juga, kau satu kelompok sama saya dan dua orang lain. 

Pertama, kita nentuin perusahaan mana yang mau dianalisa. Kamu dan tiga orang yang lain milih PT. Toyoti buat dianalisa. Karena saya orangnya egois, saya nggak setuju. Saya milih PT. Yamahi.

Setelah berdebat, voting saya kalah. Dipilihlah PT. Toyoti.

Saya dongkol dong, males ngerjain laporan. Yang lain pada mikir keras, saya cuma kerja kelompok seenaknya. Finally, hasil jadi nggak maksimal. Nilai buruk gara-gara saya egois.

Makara mahasiswa tuh harus punya jiwa kolaborasi yang bagus. Karena berbagai kerjaan yang memerlukan kolaborasi ketika kuliah. Soft skill ini wajib dimiliki mahasiswa.

Apalagi jikalau kau seorang pengurus organisasi atau menjadi panitia suatu acara. Butuh banget kolaborasi yang baik biar organisasi dan program tersebut berjalan dengan baik sesuai tujuan.

3. Mempunyai Jiwa Leadership

 Soft Skill yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Berprestasi 8 Soft Skill Yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Berprestasi Zaman Now

Next, soft skill yang harus dimiliki mahasiswa berprestasi selanjutnya ialah leadership. Ya, jiwa kepemimpinan.

Kalau udah menjadi mahasiswa, langkah menuju dunia kerja berarti semakin dekat. Betul tidak? 

Untuk masuk dunia kerja, IPK tinggi aja nggak cukup. Ya mungkin sih itu bakalan menunjang dikala kau melamar pekerjaan. 

Tapi ...

Ketika kau sudah masuk dunia kerja, IPK sudah nggak ada gunanya. Percaya deh.

Siapa yang menonjol, ia yang bakalan banyak dilirik atasan. Dia yang dianggap mempunyai kerja yang baik. 

Salah satu cara untuk kalian terlihat menonjol ialah dengan mempunyai jiwa kepemimpinan yang baik. Ya, dimulai dari dikala kuliah. 

Kamu harus punya jiwa pemimpin. 

Kak gimana sih caranya biar punya jiwa pemimpin?

Sebenarnya untuk punya jiwa pemimpin bisa melalui banyak hal. Salah satunya ialah menjadi pengurus suatu organisasi. Di kuliah kan banyak banget tuh organisasi baik internal maupun eksternal kampus, ambilah bab di dalamnya. 
Dengan menjadi pengurus kau bakalan dilatih untuk memimpin orang lain. Ya, lebih tepatnya memimpin anggota di organisasi kamu. Semakin banyak kepengurusan, maka semakin terlatihlah jiwa kepemimpinanmu. 

Oiya, tipe insan itu beda-beda kan ya. Ada yang introvert dan ekstrovert. 

Buat kau yang introvert dan nggak mahir memimpin orang dalam jumlah besar, jadilah pemimpin di kelasmu. Nggak harus jadi ketua kelas, ketua kelompok kiprah pun nggak masalah. Dari situ kau sanggup memanfaatkan untuk meningkatkan jiwa kepemimpinanmu.

Atau nggak usah muluk-muluk deh. Jadilah pemimpin bagi dirimu sendiri. Yaitu dengan cara menjadi diri sendiri. Oke?

4. Em eme en u nu el i lis, Menulis

 Soft Skill yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Berprestasi 8 Soft Skill Yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Berprestasi Zaman Now

Yuhu, menulis udah menjadi soft skill wajib berikutnya.

Emang harus banget bisa nulis gitu? *mata sinis*

Duh duh duh, sebelumnya baca dulu deh 6 Manfaat Menulis ini. 

Udah dibaca? Gimana masih nggak mau nulis? Keren kan manfaatnya?

Makanya kau harus punya skill nulis deh. Masih berafiliasi sama kiprah kuliah nih, banyak banget kiprah yang nuntut kau buat nulis.

Misal buat laporan, buat esai, buat makalah, buat ppt, buat paper, karya tulis ilmiah dan buat skripsi. Semuanya butuh kemampuan menulis yang baik. 

Nah buat kau yang pengin skripsinya cepat kelar, skill ini penting banget untuk dimiliki deh ...

Menulis itu kedengerannya gampang, tapi aslinya susah! Ide di otak sudah ada, tapi cara menuangkannya ke bentuk goresan pena itu yang susah. Maka dari itu mulailah berlatih semenjak dini. 

5. Mandiri Dengan Merintis Usaha

 Soft Skill yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Berprestasi 8 Soft Skill Yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Berprestasi Zaman Now

Kita semuanya tahu dan sadar jikalau kuliah itu butuh biaya yang nggak sedikit. Buat uang UKT dan kos aja udah butuh uang jutaan. Belum lagi ditambah uang bulanan, uang jajan, uang kuota, laundry dan keperluan lainnya.

Sebagai orang yang sudah berpikiran dewasa, nggak yummy dong jikalau nge-bebanin orang bau tanah terus. Dan saya juga yakin setiap mahasiswa pasti punya pemikiran demikian.

Nah, buat kau yang pengin membantu finansial orang bau tanah dikala kuliah, bisa dicoba dulu deh 9 Kerja Sampingan yang Cocok Untuk Mahasiswa. Atau buat yang pengin nyoba bisnis online, bisa dicoba juga 5 Bisnis Online Tanpa Modal yang Cocok Untuk Pelajar ini.

"Kuliah aja capek apalagi ketambahan nyari duit!"

Santai dong, kalem jangan ngegas...

Kalau udah begitu sih kembali tergantung pribadi masing-masing ya. Jika kondisi keuangan keluarga kau berlebih sih point yang ini boleh di-skip.

Nah buat yang pengin kuliah sambil usaha, hal yang penting banget buat kalian pegang ialah niat. Niat ialah fondasi. Makara diniatin dulu yang baik, yaitu pengin membantu meringankan beban orang tua. Kalau niatnya udah kuat, usahanya juga bakalan jalan deh.

Dengan merintis perjuangan menyerupai ini akan menunjukkan pengalaman berharga buat kamu. Kamu bisa mencicipi betapa susahnya nyari uang. Selain itu kau juga bisa berguru perihal taktik bisnis dan pemasaran. Berharga banget deh buat bekal lulus kuliah nanti.

6. Manajemen Waktu

 Soft Skill yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Berprestasi 8 Soft Skill Yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Berprestasi Zaman Now

Yap, administrasi waktu ialah skill. Meskipun kedengarannya simpel, tapi kenyataannya susah lho buat membagi waktu. Makara soft skill yang wajib dimiliki mahasiswa ini harus kau kuasai.

Zaman kini lagi musim-musimnya tuh anak gaming. Game merajalela. Sifatnya bukan hanya menghibur saja, tapi sudah aditif. Bikin candu cuy...

Nah, buat kau mahasiswa kece jangan hingga game membunuhmu ya. Boleh nge-game asal kegiatan kuliah tidak terganggu.

Kamu harus bisa membagi waktu tiap harinya. Kapan harus mandi, makan, nugas, istirahat, dan sebagainya harus kau atur. Susunlah menurut prioritas. 

Kalau pengalaman saya, semua kegiatan saya persiapkan dan saya catat di hari sebelumnya. Makara saya buat ceklis gitu deh... Biasanya saya buatnya malam. Makara malam hari saya harus mencatat apa-apa saja yang harus saya lakukan besok. 

Misal ada hal mendadak yang sanggup merombak rencana kegiatan saya, maka saya akan lakukan menurut prioritas mana yang sangat penting untuk dilakukan. 

Mungkin kau juga bisa lakukan tips ini. Saya ngerasa hari-hari saya menjadi lebih produktif dan bisa memanajemen waktu dengan baik. 

Waktu nggak terbuang sia-sia buat hal yang nggak terang deh pokoknya.

7. Manajemen Keuangan

 Soft Skill yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Berprestasi 8 Soft Skill Yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Berprestasi Zaman Now

Rata-rata mahasiswa itu kan jauh dari orang bau tanah ya. Orang bau tanah cuma bisa ngasih uang bulanan aja buat anaknya.

Nah, uang bulanan yang dikasih orang bau tanah harus kau atur dengan baik deh. Jangan hingga deh kau kelaparan di simpulan bulan gara-gara nggak bisa mengatur keuangan.

Buat kau yang galau gimana cara mengatur keuangan anak kos dengan baik, silakan dibaca artikel 8 Tips Cermat Mengatur Keuangan Anak Kos Agar Tidak Kelaparan di Akhir Bulan ini.

Di situ sudah dijelaskan gimana caranya menghemat juga cuy.

Skill ini pokoknya penting banget jikalau kau masih mahasiswa. Kalau kau bisa ngatur uang dengan baik, maka kau akan nyaman deh dan tidak akan kekurangan uang di perantauan.

8. Tidak Gaptek!

 Soft Skill yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Berprestasi 8 Soft Skill Yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Berprestasi Zaman Now

Malu nggak sih jikalau zaman kini nggak bisa pakai komputer? Nggak millennial banget kan ya.

Mahasiswa zaman now harus menguasai teknologi. Kalau tidak kau akan kalah saing dengan mahasiswa lainnya. 

Selama masa kuliah juga bakalan banyak banget kiprah yang mau nggak mau harus diselesaikan memakai komputer. Contohnya kiprah menciptakan PPT, bikin laporan pakai Word, terus juga pakai Excel dan lainnya.

Kalau kau gaptek, susah dong ngerjain tugasnya. Mau nulis aja masih nyari hurufnya satu-satu. Nggak banget deh ya pokoknya.

Nah, selain word, excel, dan ppt, ada juga nih skill lain yang layak kau kuasai. Yaitu skill coding dan desain grafis.

Udah, jikalau kau punya skill dua itu, bakalan simpel deh buat nyari kerja. Hampir semua intansi di Indonesia butuh kedua skill itu.

So, jangan gaptek ya...

Penutup

Intinya kedelapan soft skill keahlian di atas harus kau punya untuk menjadi mahasiswa berprestasi zaman now. Jika kau punya kedelapan soft skill tersebut, pasti kau juga akan menjadi mahasiswa berprestasi.

Cukup sekian dulu untuk artikel dengan judul 8 Soft Skill Yang Wajib Banget Dimiliki Untuk Menjadi Mahasiswa Berprestasi Zaman Now. Kalau kau mau menambahkan soft skill yang lainnya, silakan tulis di komentar ya.

Terima kasih dan hingga jumpa.

Sumber https://rumahjendelakita.blogspot.com/