Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Hal Yang Perlu Kau Lakukan Sebelum Kuliah Di Arsitektur


Persiapan sebelum kuliah di jurusan arsitektur 7 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Kuliah di Arsitektur 
Assalamu alaikum

Arsitektur ialah salah satu jurusan yang bernaung di bawah fakultas teknik. Jurusan yang populer alasannya ialah kiprah tugasnya ini mengajarkan mahasiswanya ihwal ilmu merancang bangunan dengan menerapkan tiga prinsip utama, yaitu Firmitas( kekuatan), Utilitas ( fungsi) dan venustas (estetika).


Sebagai mahasiswa di jurusan ini, saya punya beberapa tips untuk kau siswa sekolah menengah atas yang  berniat mengambil jurusan ini nantinya. Tips tips ini mungkin terlihat sepele, tapi akan sangat mempunyai kegunaan kalau kau bisa mengamalkannya dengan baik.

1. Cari Info Sebanyak Mungkin ihwal Jurusan Arsitektur.

Persiapan sebelum kuliah di jurusan arsitektur 7 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Kuliah di Arsitektur

Ketika sobat berkeinginan untuk menentukan jurusan ini, sebaiknya mulailah mencari info mendalam ihwal apa yang akan sobat hadapi nantinya. Entah itu melalui blog menyerupai yang sedang sobat lakukan, majalah, youtube atau bertanya pribadi kepada mahasiswa arsitektur sendiri.

Hal ini penting mengingat jurusan ini tidak tanggung-tanggung dalam memperlihatkan kiprah kepada mahasiswanya. Sebagai gambaran,  ada sebuah penelitian dari National Survey Of Student Engangement Universitas indiana, yang menyampaikan bahwa Jurusan Arsitektur ialah jurusan yang paling berat di antara jurusan lain. Banyak waktu akan kalian habiskan di luar jam kuliah untuk mengerjakan kiprah tugas yang diberikan.

Alasan kedua ialah jangan hingga sobat salah menentukan jurusan dan alhasil malas malasan dalam kuliah. Jika sobat ingin masuk jurusan ini alasannya ialah hoby menggambar saja, sebaiknya pikir ulang lagi. Jurusan arsitektur bukan hanya ihwal menggambar.

Banyak hal lain yang harus sobat pelajari menyerupai bagaimana menciptakan bangunan yang nyaman bagi penghuni, kuat, fungsional,efisien dan sebagainya tanpa melupakan nilai estetis dari  bangunan itu. atau bagaimana menciptakan lingkungan menjadi lebih baik bagi insan yang menempatinya.
                                  
Menggambar hanyalah alat bantu komunikasi bagi seorang arsitek. Dengan gambar, seorang arsitek sanggup menjelaskan konsep rancangan bangunan yang dibuatnya. Jika sobat hanya hobi menggambar tapi tidak suka mendesain apalagi mendesain bangunan, mulailah merenungkan apakah sobat memang benar benar ingin kuliah di jurusan ini.

Sebenarnya kalau sobat memang hebat menggambar,skill ini akan sangat membantu kalau sobat menentukan jurusan arsitektur. Jago menggambar ialah modal dasar untuk menjalani perkuliahan di jurusan yang sering menuntut mahasiswanya untuk menggambar ini.

Jika memang sobat sangat tertarik dengan dunia arsitektur dan ingin mengetahui bagaimana cara merancang bangunan yang baik serta ingin menciptakan lingkungan hidup insan menjadi lebih baik lagi melalui arsitektur, maka jurusan ini ialah pilihan yang tepat.

2. Mulailah Menabung


Mengapa sobat harus mulai menabung semenjak dini? Karena alat alat yang dibutuhkan mahasiswa arsitektur itu tidak sedikit dan beberapa diantaranya agak mahal. Sebagai teladan ialah laptop yang dipakai. Untuk mendapat pengalaman menggambar digital yang baik, spesifikasi minimal yang diharapkan ialah core i5 dengan RAM 4/8GB. Harga laptop dengan spek ini berkisar 7 jutaan untuk RAM 4GB.

Selain alat, sobat nantinya juga harus membeli beberapa buku penunjang menyerupai Data Arsitek, Kamus Visual, Pengantar Arsitektur, dan sebagainya. Harganya bisa mencapai 300 ribuan untuk satu buku. So, kalau kau mulai berniat menentukan jurusan ini, mulailah menyisikan uang jajan atau menyiapkan dana untuk persiapan kuliah nanti.

Jika ada dari kalian yang merasa berasal dari kalangan yang mungkin untuk membeli alat alat tersebut sangat sulit untuk dilakukan, jangan pernah patah semangat apalagi mengalah untuk mewujudkan cita cita menjadi arsitek. Banyak beasiswa untuk mahasiswa diluaran sana yang siap membantu kalian memenuhi kebutuhan kuliah. Salah satunya bidikmisi menyerupai yang saya terima tiap semester.

3. Banyak membaca dan melihat bangunan


Karena sobat nanti akan berkutat dengan bangunan, sangat penting untuk mulai lebih peka terhadap apa yang ada di sekeliling sobat. Entah itu bangunan maupun kondisi lingkungan hidup sekitar. Arsitektur bukan hanya ihwal bangunan besar dan megah, tetapi bangunan sederhana dan lingkungan juga menjadi objek yang dipelajari.

Mulailah juga kritis dalam melihat permasalahan yang ada disekitarmu. Hal ini alasannya ialah kemampuan utama yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa arsitektur bekerjsama ialah kemampuan memecahkan problem dengan baik.

Jalan jalan juga sangat penting bagi mahasiswa arsitektur. Melalui jalan jalan, sobat bisa melihat banyak bangunan yang bisa menjadi sumber ide sobat dalam merancang.

4. Belajar dari Arsitek Terdahulu

Persiapan sebelum kuliah di jurusan arsitektur 7 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Kuliah di Arsitektur

Sobat bisa mempelajari arsitektur terdahulu melalui karya karya arsitek ternama menyerupai Zaha Hadid, Renzo Piano, Santiago Calatrava, dan lain sebagainya. Sobat juga bisa mulai mencari tokoh arsitek faforit yang bisa sobat jadikan panutan dalam merancang bangunan.

5. Perbaiki Tulisan Tangan

Persiapan sebelum kuliah di jurusan arsitektur 7 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Kuliah di Arsitektur

Ini mungkin terlihat sepele, tetapi bekerjsama tidak mengecewakan penting. Tahukah kau kalau di awal perkuliahan, kalian akan kembali diajarkan cara menulis abjad dan angka? Tujuannya ialah dikala menciptakan konsep secara manual, goresan pena kalian bisa dibaca dengan baik dan memberi nilai lebih pada konsep sobat. Tulisan yang baik akan menciptakan imagemu dihadapan dosen menjadi lebih baik.

Sampai semester 5 ini, kami masih diminta untuk menciptakan konsep secara manual, entah itu di kertas A3 maupun di A2. Semua goresan pena dan gambarnya dibentuk memakai tangan. Oleh alasannya ialah itu, akan sangat penting kalau sobat menciptakan goresan pena tangan yang rapi dan sanggup dibaca dengan baik.

6. Mulailah berkenalan dengan Aplikasi menggambar digital


Di perkuliahan arsitektur nanti, sobat akan memakai beberapa aplikasi menggambar digital untuk mengerjakan kiprah kuliah, contohnya menggambar denah. Aplikasi utama yang harus dikuasai ialah Autocad.
  

7. Belajar Mengsketsa Bangunan


Persiapan sebelum kuliah di jurusan arsitektur 7 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Kuliah di Arsitektur
Ada beberapa orang sempat bertanya kepada saya ihwal apakah masuk di jurusan arsitektur harus hebat gambar. Jawabannya tidak harus, tetapi kalau sobat hebat maka itu ialah nilai plus atau modal yang anggun untuk kuliah di jurusan ini.

Jujur saja dari sekian banyak teman kelas saya di awal masuk jurusan arsitektur, hanya beberapa orang yang bisa dikatakan sangat hebat menggambar. Sisanya biasa saja bahkan ada yang tidak bisa menggambar sama sekali. Saya sendiri sedang sedang saja. Tidak bisa dibilang hebat tetapi cukup untuk memenuhi tuntuntan tugas.

Lalu bagaimana dengan mereka yang tidak hebat menggambar? Tenang. Seperti yang pernah saya utarakan di beberapa postingan terdahulu, di awal perkuliahan arsitektur sobat tidak akan pribadi disuruh menggambar bangunan yang rumit rumit. Semuanya dimulai dari dasar menyerupai menarik garis dan menciptakan objek objek sederhana.

Untuk menciptakan sobat lebih siap ketika memasuki perkuliahan nanti, mulailah berguru bagaimana cara menggambar bangunan melalui blog ataupun youtube. Teknik gambar yang utama ialah perspektif. Baik satu, dua ataupun 3 titik hilang. Manfaatkan teknologi yang ada sebaik mungkin dan teruslah berlatih biar tarikan garis sobat bisa lebih tegas dan konsisten.




Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan. Untuk hal hal yang tidak sempat saya bahas, sobat bisa menanyakannya pribadi di kolom komentar. Insya Allah akan saya jawab kalau saya tahu.

Ingat, apa yang ada diatas hanyalah nasehat dari seorang mahasiswa arsitektur untuk sedikit membantu kalian mempersiapkan diri. Boleh diikuti dan boleh tidak. Intinya ialah belajar, baik di internet maupun banyak sekali  literatur alasannya ialah untuk sanggup merancang bangunan dengan baik, keberadaan literatur ialah hal yang mutlak.

Saya akhiri postingan ini dengan pepatah arab yang berbunyI Man Jadda Wa Jada, “Barang siapa bersungguh sungguh akan berhasil”.

See you in my next post.