Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menciptakan Link Sumber Otomatis Dikala Artikel Di Copy Paste

Cara Membuat Link Sumber Otomatis Saat Artikel di Copy Paste  Cara Membuat Link Sumber Otomatis Saat Artikel di Copy Paste

Cara Membuat Link Sumber Otomatis Saat Artikel di Copy Paste ( Copas ) |  - Link (juga hyperlink) ialah sebuah contoh dalam dokumen hiperteks (hypertext) ke dokumen yang lain atau sumber lain. Seperti halnya suatu kutipan di dalam literatur. Dikombinasikan dengan sebuah jaringan data dan sesuai dengan protokol akses, sebuah komputer sanggup diminta untuk memperoleh sumber yang direferensikan.
Tujuan dibuatnya link ialah sebagai jalan pintas atau shortcut menuju halaman atau website lain. Link sanggup berupa goresan pena ataupun gambar. Cara mengenali link :


  • Pointer akan bermetamorfosis sebuah tangan apabila diarahkan ke link, baik link berupa goresan pena ataupun gambar.
  • Link berupa goresan pena biasanya diberi warna yang terang dan berbeda dengan goresan pena lainnya ataupun diberi garis bawah.


Ada beberapa macam-macam link, antara lain :

  • Interlink

Interlink (Internal Link) ialah tautan antar artikel dalam suatu website atau blog, baik artikel gres ataupun lama. Tujuannya semoga mempermudah pengunjung dalam pencarian artikel.

  • External Link

External link ialah tautan yang menghubungkan sebuah website atau blog ke website atau blog lainnya. Selain untuk mempermudah pencarian, external link bagi blogger (pemilik blog) juga berfungsi memberi vote semoga blog mereka sering dikunjungi sehingga menghasilkan PR (PageRank) yang tinggi. Untuk menciptakan seluruh link eksternal terbuka secara otomatis pada tab baru, silahkan baca artikel Membuat Semua Link External Menjadi Open In New Tab sebagai panduannya.

  • Broken Link

Broken link ialah sebuah tautan yang menghubungkan suatu website ke website atau URL yang tidak tersedia menyerupai halaman “Not Found” atau error 404 URL lainnya. Untuk mengatasi broken link anda sanggup membaca artikel berjudul Cara Mengetahui dan Memperbaiki Link Rusak atau Broken Link di Blog sebagai panduannya.

Secara teknis , seorang blogger yang melaksanakan copy paste atau menyalin artikel dari blog tertentu untuk diposting kembali pada blog yang ia miliki, harus menyertakan link sumber pada artikel yang mereka buat. Namun masih banyak blogger yang mengabaikan hal ini. Bahkan walau ada blogger yang menyertakan link sumber, eh link yang diletakkan mempunyai tujuan yang tidak terang (link tujuan tidak sesuai dengan yang di maksud).

Nah.. cara yang perlu dilakukan oleh para blogger untuk meminimalisir terjadinya pencurian artikel blog ialah dengan membuat, menambahkan, atau memasang link sumber secara otomatis pada blog ketika isi artikel di copy paste. Kaprikornus ketika blogger lain meng-copy isi artikel pada blog, secara otomatis link dari artikel yang mereka ambil akan ikut ter-copy dan ikut melekat pada artkel yang mereka buat ketika isi artikel yang mereka copy dipastekan atau ditempel.
Walaupun cara ini kurang efektif sebab link sumber masih sanggup dihapus, tetapi setidaknya dengan adanya link sumber otomatis ini sanggup sedikit menunjukkan peringatan kepada pelaku copy paste konten tanpa menyertakan link sumber tersebut.

Disini anda hanya perlu menambahkan beberapa aba-aba JavaScript kedalam aba-aba template yang berfungsi ketika isi artikel anda dicopy kemudian dipaste dimana saja, menyerupai di blog, media sosial, office, notepad, dan lain sebagainya secara otomatis akan menampilkan link artikel tersebut. Kode ini sanggup bekerja di beberapa browser, antar lain : Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera Mini, UC Browser, dan Microsoft Edge. Berikut langkah-langkahnya.

Cara Memasang Link Sumber Secara Otomatis di Blog

1. Masuk ke akun blogger
2. Pada sajian blogger atau dashboard blogger, silahkan pilih sajian Tema atau Template kemudian klik Edit HTML
3. Temukan aba-aba </body>, gunakan Ctrl+F pada keyboard untuk mempermudah pencarian
4. Jika sudah ketemu, silahkan copy paste salah satu aba-aba JavaScript dibawah ini sempurna diatas aba-aba </body>

Kode 1

<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
// Copy Text
function nocopas(){var e=window.getSelection();pagelink=" Read more : "+document.location.href,copytext=e+pagelink,newdiv=document.createElement("div"),newdiv.style.position="absolute",newdiv.style.left="-99999px",document.body.appendChild(newdiv),newdiv.innerHTML=copytext,e.selectAllChildren(newdiv),window.setTimeout(function(){document.body.removeChild(newdiv)},100)}document.addEventListener("copy",nocopas);
//]]>
</script>

Kode 2

<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
!function(e,t){var n="getSelection",o="removeAllRanges",i="addRange",l="parentNode",a="firstChild",d="appendChild",r="removeChild",s="test",c="innerHTML";if(e[n]){var p,g,f,h,u,y;t.addEventListener("copy",function(C){for(g=C.target;3===g.nodeType;)g=g[l];if(h=t.createElement("div"),(p=e[n]())&&p.rangeCount&&(p=p.getRangeAt(0))&&(f=p.cloneRange(),p=p.cloneContents())){for(;u=p[a];)h[d](u);if(!/^(pre|code)$/i[s](g.nodeName||"")&&!/(^|\s)no-attribution(\s|$)/i[s](g.className||"")){var v=e.location.href;h[c]+="<br><br>&copy; "+t.title+'<br>Source: <a href="'+v+'">'+v+"</a>"}y=t.createRange(),t.body[d](h),y.selectNodeContents(h),p=e[n](),p[o](),p[i](y),setTimeout(function(){h[l][r](h),p[o](),p[i](f)})}},!1)}}(window,document);
//]]>
</script>

5. Terakhir klik Simpan Tema atau Save Template

Demikian tutorial sederhana bagaimana cara menciptakan link sumber otomatis pada blog. Semoga dengan anda memasang link sumber otomatis, para pelaku akan sadar dan menyertakan link sumber pada artikel yang mereka copy paste untuk diposting kembali. Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "


Sumber https://harmansh.blogspot.com/