Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Adu Kecepatan Racer Day Honda Cbr Dan Rc213v-S Di Sentul



Jakarta - Honda CBR yang sekarang makin ekspresi dominan dikalangan muda maupun tua, kabarnya PT Astra Honda Motor mengadakan CBR Race Day 2018. Dengan adanya program ini, Honda semakin yakin dengan pemasaran motor di Indonesia.

PT Astra Honda Motor (AHM) semakin memanjakan komunitas dan pecinta motor sport fairing andalannya, Honda CBR. Bekerjasama dengan dua main dealer-nya untuk Jakarta, Tangerang, dan Jawa Barat (Jabar) PT Wahana Makmur Sejati (WMS) dan PT Daya Adicipta Motora (DAM) mengadakan Indonesia CBR Race Day (ICE Day) 2018, di Sirkuit Sentul, Jabar.

Selain ajang sabung kebut komunitas Honda CBR250RR dan CBR150R, serta aneka macam aktivitas lainnya, turut hadir juga influencecerdan pecinta roda dua, Ganindra Bimo. Suami dari Andrea Dian ini mendapat kesempatan emas untuk mencoba dua motor sport fairingdari pabrikan berlambang sayap mengepak ini, yaitu Honda CBR250RR dan juga versi jalanan dari tunggangan pembalap MotoGP Repsol Honda, Marc Marquez, Honda RC213V-S.

Bimo mencoba Honda CBR250RR sebanyak tiga lap. Sedangkan untuk Honda RC213V-S, beliau mencoba sebanyak dua putaran yang ditemani pribadi pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT), Rezha Dhanika Ahrens.



Tes ini ialah aksi pertama menyentuh aspal Sentul memakai motor berkapasitas 250 cc. Bimo memang punya motor bermesin besar. "Buat saya, Honda CBR250RR ini merupakan paket lengkap, alasannya secara tampilan dan desain sudah gahar dan agresif. Sedangkan dari bodi, motor ini sudah sangat laki sekali dan benar-benar ibarat pembalap," terperinci Bimo di Sirkuit Sentul, Jawa Barat, Minggu (16/9/2018).

Saat mencoba Honda CBR250RR ini, beliau sempat menyentuh kecepatan di 160 km/jam. Jadi, secara performa, motor ini memang sudah sangat mumpuni sekali, baik untuk penggunaan di sirkuit maupun sehari-hari di jalan raya dalam kemudian lintas yang cukup padat.

"Saat dipakai di trek motor ini tidak goyang, jadi secara safety Honda sudah memikirkan hal tersebut untuk konsumennya. Kalau untuk saya, membeli motor ini untuk penggunaan sehari-hari dengan kondisi macet di Jakarta sudah sangat oke," tegasnya.

Sementara itu, terkait program Indonesia CBR Race Day (ICE Day) 2018, mantan finalis MTV VJ Hunt 2008 ini mengaku sangat mengapresiasi hal tersebut. Pasalnya, dengan banyaknya komunitas Honda CBR250RR dan  beragamnya hobi yang dijalankan pecinta roda dua, program ini sangat penting untuk setidaknya memperlihatkan wadah yang positif.

"Apalagi jikalau berbicara atlet di Asian Games kita mencetak banyak emas, dan sekarang sudah saatnya kita mencetak pembalap yang berkompeten dan bisa bersaing di aneka macam ajang. Selain itu, perlu diperhatikan juga sarana dan akomodasi balap di Indonesia," terperinci Bimo.




Setelah mencoba Honda CBR250RR, Bimo pribadi menjajal Honda RC213V-S di daerah yang sama. Saat mencoba roda dua seharga Rp 7,6 miliar, Bimo melaju cepat dalam dua putaran Sirkuit Sentul.
"Gila sih motor ini. Gua juga ada motor berkapasitas 1.200 cc, tapi ini (Honda RC213V-S) ini megang banget sih tenaganya. Selain performa, segi safety dari motor ini juga luar biasa, bahkan gua nyusul Rezha cepat sekali," tambah Bimo.

Selain itu, motor ini juga mempunyai bobot yang ringan. Jadi, dikala dipakai untuk corneringmotor ini memiliki handling yang sangat mumpuni, dan praktis dikendalikan meskipun bukan untuk pembalap sekalipun.

Untuk diketahui, Honda RC213V-S dibentuk khusus di pabrik Kumamoto, Jepang, dengan cara manual. Produk ini mempunyai konfigurasi mesin serupa dengan versi balapnya, yaitu mesin ber-DNA balap V4, 4 tak, DOHC, 4 valve, 6 speed, berpendingin cair, dengan kapasitas 999 cc.

Mesin motor versi jalanan dari motor balap Marc Marquez tersebut bisa menyemburkan daya hingga 157 Tk pada 11.000 rpm dan torsi 102 Nm pada 10.500 rpm untuk versi standar.

Setelah mencoba Honda CBR250RR, Bimo pribadi menjajal Honda RC213V-S di daerah yang sama. Saat mencoba roda dua seharga Rp 7,6 miliar, Bimo melaju cepat dalam dua putaran Sirkuit Sentul.
"Gila sih motor ini. Gua juga ada motor berkapasitas 1.200 cc, tapi ini (Honda RC213V-S) ini megang banget sih tenaganya. Selain performa, segi safety dari motor ini juga luar biasa, bahkan gua nyusul Rezha cepat sekali," tambah Bimo.
Selain itu, motor ini juga mempunyai bobot yang ringan. Jadi, dikala dipakai untuk corneringmotor ini memiliki handling yang sangat mumpuni, dan praktis dikendalikan meskipun bukan untuk pembalap sekalipun.

Untuk diketahui, Honda RC213V-S dibentuk khusus di pabrik Kumamoto, Jepang, dengan cara manual. Produk ini mempunyai konfigurasi mesin serupa dengan versi balapnya, yaitu mesin ber-DNA balap V4, 4 tak, DOHC, 4 valve, 6 speed, berpendingin cair, dengan kapasitas 999 cc.

Mesin motor versi jalanan dari motor balap Marc Marquez tersebut bisa menyemburkan daya hingga 157 Tk pada 11.000 rpm dan torsi 102 Nm pada 10.500 rpm untuk versi standar.