Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Warna Tv Lebih Banyak Didominasi Hijau Dan Cara Ampuh Dalam Memperbaikinya


Kerusakan Warna Tv Dominan Hijau Sering Terjadi. Hal Ini Disebabkan Karena Ada Masalah Pada Bagian-Bagian Televisi yang Terkait dengan Warna, sehingga Televisi Mengalami Kerusakan Seperti Ini.

Dalam Kesempatan yang Lalu sudah dijelaskan terkait dengan Cara Memperbaiki Tv Warna Merah. Sedangkan Cara Memperbaiki Tv dengan Kerusakan Warna Merah dan Kerusakan Dominan Hijau Tidak Begitu Jauh Berbeda.

Untuk Memperbaiki Tv dengan Kerusakan Seperti Dominan Biru Ada beberapa Bagian yang Menjadi target Anda untuk Mencari Penyebab Kerusakan Ini Terjadi, ialah Bagian Mesin Rgb, IC Croma, dan Tabung Televisi.

***

Adapun Langkah-Langkah yang sebaiknya Anda Lakukan Ialah dengan Melakukan Penyolderan ulang Komponen Bagian Mesin Rgb, IC Croma. Kemudian sehabis Itu Anda Melakukan Pengukuran Pada Masing-masing Katoda dan sehabis Itu Mengukur Komponen satu persatu Pada Bagian Ini.

Lakukan Penyolderan Ulang Pada Bagian Rgb dan IC Croma

Langkah Pertama Ini sebaikinya Anda Lakukan alasannya Solderan yang Jelek Dapat Menyebabkan Tv dengan Kerusakan ibarat Ini. Saya Pernah Memperbaiki Tv dengan Kerusakan Persis ibarat Ini dan sehabis tamat saya solder ulang Bagian Rgb Alhamdulillah Tv sudah sanggup Hidup Normal Kembali.

Ukur Tegangan Pada Masing-masing Katoda

Setelah Anda Melakukan Penyolderan Ulang Pada Bagian Mesin Rgb dan IC Croma Tv Belum Dapat Hidup Normal Kembal, Maka Langkah selanjutnya Ialah Anda ukur tegangan Pada Masing-masing Katoda R, G, B.


Lanjut. Saat Anda mengukur tegangan, Bila Ada tegangan Pada Katoda tersebut yang Sangat Kurang Dari tegangan Normalnya sekitar 125 V Misalnya Hanya 50 V. 

Langkah Selanjutnya Anda Ukur satu Persatu Komponen Bagian Mesin Rgb Khususnya Resistor yang Satu Jalur dengan Katoda yang Tidak Normal tegangannya tersebut. Seringkali Komponen Ini Rusak yang Mengakibatkan Tv Rusak Dominan Hijau ibarat Ini.

Lakukan Pengukuran Tegangan Pada Bagian IC Croma

Apabila Langkah-langkah yang disebutkan di Atas sudah Anda Lakukan Namun, belum Ada perubahan Pada Tv Tersebut Atau Warnanya Belum Normal selanjutnya Anda ukur tegangan di Kaki Atau Pin IC Croma.

Tegangan Normal Dari IC Croma sekitar 4 VDC Dimana tegangan Ini Akan diberikan Pada Transistor Penguat yang Ada di Mesin Rgb. Apabila tidak ada tegangan Pada Pin IC Croma tersebut. Biasanya IC Croma sudah dalam Kondisi Rusak.

Namun, Apabila Ada tegangannya. Selanjutnya coba Anda ukur tegangan Dari IC Croma tersebut Apakah sudah hingga di Kaki Basis transistor Penguat? Jika Belum Maka sangat Mungkin Ini Penyebabnya.

Anda Baca Juga: "Tv sharp protek Led Merah"

Anda Ukur Komponen disekitar IC Croma dan Anda ukur Komponen Transistor Penguat yang Ada di Mesin Rgb. Seringkali Transistor Penguat Ini Rusak yang Mengakibat Tv Rusak ibarat Ini.

Apabila semua Langkah-langkah Di Atas sudah Anda Lakukan namun tv tetap tidak Normol berarti Tabung Tv tersebut sudah Rusak. Bisa Diperbaiki dengan Alat tembak Tabung.

Alat tembak Tabung Tv Bisa Anda Pesan di Toko elektronik terdekat Anda. Atau Anda Bisa Juga Pesan Langsung dengan saya dengan Harga yang Murah dan dengan Kualitas Mantab.

Cukup hingga disini Artikel yang Terkait perihal Warna Tv Dominan Hijau. Semoga Bermanfaat Bagi Anda semua. Apabila Ada Pertanyaan Bisa Tuliskan Di Kolom Komentar Di Bawah.