Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Asteroid Raksasa Mulai Mendekati Bumi


Anam'Marleys - Badan antariksa asal Amerika Serikat, NASA mengonfirmasi temuan asteroid atau kerikil luar angkasa yang mempunyai ukuran lebar 2,5 kilometer. Asteroid raksasa tersebut dilaporkan mendekati Bumi dan berada pada titik terdekatnya pada 10 Oktober 2015.

Dilansir Techeblog, Minggu, asteroid yang diberi isyarat nama 86666 (2000 FL10) itu kabarnya tidak mengancam Bumi. Paul Chodas, Manajer Near-Earth Object di NASA menyampaikan bahwa tidak ada pengaruh terhadap Bumi.
Pihak NASA menjelaskan bahwa tingkat potensi gesekan asteroid dengan Bumi kurang dari 0,01 persen sampai 100 tahun ke depan. Ini membuktikan lintasan orbit objek luar angkasa tersebut dalam jalur yang kondusif dan tidak berakibat apapun terhadap Bumi.

Dalam sebuah grafik lintasan objek luar angkasa, terlihat asteroid 86666 (2000 FL10) mempunyai jalur yang memotong lintasan Bumi. Dalam grafik tersebut menawarkan bahwa asteroid 86666 kemungkinan sanggup mendekati atau bersinggungan dengan lintasan Mars. Sementara itu, Venus dan Merkurius kondusif dari jalur bergeraknya asteroid 86666.
Kabarnya, ketika berada di titik terdekat dengan Bumi, asteroid 86666 hanya berjarak sekira 25 juta kilometer.

NASA sebelumnya telah mengungkapkan terkait ancaman serius dari benda langit asteroid yang bergerak mendekati Bumi. Direktur dari jadwal Asteroid Grand Challange yang dibuat oleh NASA, Jason Kessler, menyampaikan asteroid yang berhasil teridentifikasi jumlahnya mencapai puluhan ribu.
Jason juga mengatakan, dari jumlah total itu sekira 1.593 objek berpotensi membahayakan Bumi. Sekira 800 asteroid lainnya yang dilacak NASA berdiameter kira-kira satu kilometer atau lebih.

Tags. Asteroid Raksasa Mulai Mendekati Bumi