Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar Google Adsense Melalui Blog Blogspot

Cara Daftar Google AdSense Melalui Blog Blogspot - Google AdSense merupakan suatu jadwal kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui jadwal periklanan AdSense, pemilik blog atau website yang telah mendaftar dan berhasil disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman blog. Pemilik blog atau website akan mendapat pemasukan berupa pembagian laba dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik.

Apabila anda seorang blogger yang merasa mempunyai blog atau website dengan konten-konten yang berkualitas, maka segera daftarkan blog atau website anda semoga sanggup ikut dalam jadwal kerjasama periklanan Google AdSense ini sebagai publisher.

Apa itu Publisher?
Publisher atau penayang iklan ( istilah dalam Google AdSense ) yaitu orang atau pemilik blog atau website yang sudah terdaftar atau sudah disetujui oleh pihak pengelola aplikasi periklanan untuk memasang iklan AdSense di situs mereka. Publisher yang menayangkan iklan google disebut publisher google adsense. Sebelumnya publisher google adsense harus mendaftar dulu ke Google AdSense dan gres sanggup menayangkan iklan google di blog mereka sehabis aplikasi disetujui. Setiap publisher google adsense hanya diperbolehkan mempunyai satu akun google adsense, namun mereka diperbolehkan memasang iklan google di semua blog atau website yang mereka miliki yang memenuhi persyaratan jadwal google adsense. Seorang blogger yang berhasil disetujui dan memasang unit iklan pada blog atau website, harus menaati peraturan-peraturan kebijakan dari pihak google sebagai penyelenggara.

Kebijakan jadwal AdSense
Meski jadwal AdSense memperlihatkan laba yang besar, Google menetapkan hukum ketat untuk melindungi kepentingan semua pihak yang terlibat, termasuk pemasang iklan yang sering dirugikan oleh tindakan tidak terpuji pemilik situs anggota jadwal AdSense. Beberapa larangan Google yang harus ditaati pemilik blog atau website penerima jadwal AdSense adalah:

  • Mengklik iklan yang ditampilkan situs milik sendiri, baik dengan cara manual atau dengan pinjaman perangkat lunak khusus
  • Dengan sengaja mendorong pengunjung situs untuk mengklik iklan yang ditampilkan, contohnya dengan kata-kata "klik iklan ini" atau "kunjungi halaman ini"
  • Mengubah bentuk dan ukuran unit iklan yang telah ditentukan Google
  • Membuat pranala eksklusif menuju halaman hasil pencarian AdSense untuk pencarian
  • Mengisi secara otomatis kotak pencarian AdSense dengan Kata kunci tertentu
  • Memanipulasi sasaran iklan dengan katakunci tersembunyi atau dengan IFRAME
  • Kode unit iklan AdSense harus ditempatkan eksklusif pada arahan html Situs web tanpa perubahan. Pemilik situs tidak diperbolehkan mengubah arahan AdSense dengan alasan apapun, contohnya dengan tujuan menampilkan hasil klik di jendela pop up atau mengalihkan sasaran iklan. ( Wikipedia )
Apabila publisher tidak mentaati peraturan-peraturan kebijakan dari pihak google, maka berkemas-kemas akun Google Adsense akan disuspend atau dibanned oleh pihak google.

Bagaimana cara daftar Google AdSense ?
Cara daftar google adsense cukup mudah, tetapi diterima atau tidaknya blog atau website yang anda miliki sebagai daerah meletakkan iklan dari google lah yang menjadi kendala. Hal ini dikarenakan blog atau website yang didaftarkan harus memenuhi seluruh kriteria yang diperlukan oleh Google.
Pada tutorial kali ini saya akan share bagaimana cara daftar Google AdSense melalui dashboard blogger atau blogspot, sesuai dengan pengalaman yang pernah saya lakukan hingga saya berhasil diterima sebagai publisher oleh pihak penyelenggara, yakni Google. Perlu diketahui kalau Blogspot dan Google merupakan perusahaan yang sama. Keduanya dibawah naungan Alphabet Inc, induk perusahaan Google. Larry Page sebagai pendiri Google masih jadi CEO-nya.

Untuk mendaftarkan blog yang masih mempunyai domain utama blogspot, caranya cukup mudah. Anda tinggal masuk ke sajian blogger atau dashoard blogpost dan alihkan pandangan anda di bilah sebelah kiri. Pilih sajian yang bertuliskan Penghasilan. Maka tampilannya akan ibarat gambar berikut.

Cara Daftar Google AdSense Melalui Blog Blogspot Cara Daftar Google AdSense Melalui Blog Blogspot

Apabila didalam sajian tidak terdapat pilihan sajian Penghasilan, silahkan anda menuju ke sajian Setelan atau Setting >> pilih Bahasa dan pemformatan >> Bahasa >> Ubah menjadi Inggris (Amerika serikat) - Inggris (United States). Kemudian Refresh halamn tersebut.
Jika sudah berada pada sajian penghasilan dan merasa blog atau website anda sudah layak untuk didaftarkan sebagai publisher GA, maka klik Daftar ke Adsense. Akan muncul halaman Sign Up atau Daftar ibarat gambar berikut. Pilih email akun yang akan anda gunakan untuk mendaftar, dalam contoh ini saya akan mendaftar memakai akun yang berbeda. jadi silahkan klik GUNAKAN AKUN LAIN, kemudian login memakai email lain yang akan dipakai untuk mendaftar. Setelah login anda akan kembali dihadapkan ke halaman Daftar (pada pada dasarnya keduanya sama).

Cara Daftar Google AdSense Melalui Blog Blogspot Cara Daftar Google AdSense Melalui Blog Blogspot

Pada halaman Daftar akan terlihat data akun dan URL blog atau website yang akan didaftarkan. Dibawahnya terdapat pilihan, apakah anda mau sanggup email wacana informasi performa iklan serta saran pinjaman dari adsense. Kalau saya pilih Ya semoga sanggup mengetahui bagaimana performa iklan di blog.
Selanjutnya, pada pilihan negara atau wilayah anda, silahkan pilih sesuai dengan negara daerah tinggal anda. Ketika menentukan Indonesia secara otomatis semua goresan pena peraturan kebijakan dari Google AdSense yang ada di bawahnya akan berubah ke bahasa Indonesia. Berikan centang atau checklist pada Ya, saya telah membaca dan menyetujui perjanjian, kemudian tekan BUAT AKUN.

Cara Daftar Google AdSense Melalui Blog Blogspot Cara Daftar Google AdSense Melalui Blog Blogspot

Anda akan diarahkan ke halaman Google AdSense. Klik Get Started.

Lanjut ketahap berikutnya, yakni mengisi data alamat pembayaran dengan detail. Disini terdapat pilihan Jenis akun yang akan anda buat dan biasanya akan terisi Individual secara otomatis, tapi sanggup diubah ke Bisnis bila blog atau website anda untuk perusahaan bisnis.

Cara Daftar Google AdSense Melalui Blog Blogspot Cara Daftar Google AdSense Melalui Blog Blogspot

Data detail selanjutnya yaitu nama dan alamat. Harus diketahui, untuk nama dan alamat yang akan diisi harus sesuai dengan kartu pengenal yang anda miliki, dalam hal ini Kartu Tanda Penduduk (KTP). Jika semuanya sudah terisi dengan lengkap dan benar, silahkan klik tombol Kirim atau Submit yang terletak pada bab bawah.

Tunggu beberapa saat, bila anda berhasil mendaftar, halaman tersebut akan diredirect ke halaman informasi dari blogger atau blogspot bahwa Widget AdSense anda telah ditambahkan ke template blog yang anda daftarkan tadi. Selanjutnya klik tombol Lanjutkan untuk kembali ke dashboard blogger.
Tampilan sajian penghasilan akan berubah ibarat gambar dibawah ini. Disini terdapat pilihan Setelan tampilan iklan Adsense. Menurut pengalaman yang pernah saya alami, dalam pilihan setelan anda sanggup menentukan penempatan iklan namun tidak sanggup menyimpan setelan dikala itu juga alasannya yaitu masih dalam antrian belum masuk ke tahap proses. Anda sanggup menyimpan setelan penempatan iklan besok pada jam yang sama dikala anda mendaftar. Hal ini juga berlaku untuk penempatan iklan melalui widget pada sajian Tata letak.

Cara Daftar Google AdSense Melalui Blog Blogspot Cara Daftar Google AdSense Melalui Blog Blogspot


Pada hari ketiga, email yang anda gunakan untuk mendaftar GA, akan mendapat email dari Adsense yang berisi apakah pengajuan anda diterima atau tidak menjadi kawan Google AdSense.

Pengalaman saya pernah mendapat penolakan dari Google AdSense dan Cara Mengatasinya.

Pertama awal melakukan pendaftaran, pengajuan saya ditolak alasannya yaitu Halaman Statis di blog saya tidak ditemukan oleh robot google.
Saya resah padahal halaman statis yang dimaksud sudah terpampang pada sajian navigasi template blog, maka saya berinisiatif untuk memindahkan halaman statis yang awalnya berada pada sajian navigasi template ke sajian navigasi lain yang saya buat dengan Widget dan saya kembali mengirim pengajuan tersebut ke Google Adsense. Dalam hal ini anda tidak perlu lagi mengisi apapun ibarat yang anda lakukan diatas, disini hanya mencentang Fix dan menekan tombol Kirim yang terdapat pada beranda akun Google AdSense.

Pada pengajuan kedua, saya mendapat penolakan lagi dari Google Adsense yang isinya pengajuan saya ditolak alasannya yaitu terlalu banyak gambar dan terlalu sedikit teks didalam konten atau artikel. Pihak Adsense menginginkan konten yang berupa teks, unik, dan relevan. Saya ingat kata-kata teman blogger idalam artikel mereka yang membahas wacana SEO ketika awal saya menciptakan sebuah blog, konten yang dibentuk teksnya harus minimal 500 kata semoga disukai oleh google. Saya pun mengecek seluruh artikel yang saya miliki, bila ada artikel yang teksnya kurang dari 500 kata, saya edit kembali, serta sedikit menghapus gambar-gambar yang tidak mempunyai kegunaan untuk artikel. Setelah merasa semuanya sudah fix, pengajuan yang pernah saya buat dahulu saya kirim kembali dan karenanya diterima.

Demikian tutorial sederhana mengenai bagaimana cara daftar Google Adsense melalu dashboard blogger atau blogspot dan sedikit pengalaman penolakan yang pernah saya alami. Semoga paparan pengalaman penolakan diatas sanggup dijadikan contoh untuk terus semangat mencoba lagi bila anda mengalami hal yang sama. Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "


Sumber https://harmansh.blogspot.com/