Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menciptakan Blog Langsung Gratis Di Blogspot

Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di Blogspot - Membuat blog bukan lagi suatu hal yang sulit, kita hanya butuh beberapa menit saja, namun berbeda kalau kita sebagai pemula. Dulu, dikala awal-awal omgeri mengenal dan berguru menciptakan blog, om benar-benar memulainya dari nol tanpa ilmu dan juga guru yang mendampingi. Saat itu, blog yang omgeri buat gak pernah keurus.

Pasti anda bertanya kenapa sanggup ya.... gak keurus? Dengan pengetahuan yang pas-pasan, om benar-benar mengalami kesulitan untuk mengatur tampilan, belum lagi menciptakan artikel atau tulisan. Namun dengan membaca, semua yang kita rasa sulit akan kita lakukan dengan begitu mudah. 

Dengan berbekal pengetahuan secara belajar sendiri om mengumpulkan semua warta berupa artikel-artikel yang terkait dengan blog, alhasil hingga dikala semua yang sulit sanggup menjadi mudah.

Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di Blogspot Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di Blogspot
Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di Blogspot

Lewat dongeng singkat diatas, omgeri ingin biar pengalaman jelek yang om alami, teman-teman tidak mengalami hal yang sama. Sekian banyak artikel yang om pelajari dan pengetahuan yang om dapatkan selama bergelut didunia blogger/blogging, akan om tuangkan di blog omgeri ini. Tujuannya! biar lebih sistimatis dan gampang dipahami oleh para pemula di dunia blog. Dan tidak membuang banyak waktu untuk hanya sekedar menciptakan blog. Kita masuk ke pembahasan inti dari artikel ini, cegidot.....!

# Persiapan sebelum mebuat blog di blogspot.com


1. Persiapan teknis sebelum menciptakan blog di blogger :

  • Email yang masih Aktif beserta paswordnya
  • Semangat yang membara. Hehehehehehehe

2. Langkah menentukan blog apa yang akan kita buat :


  • Menentukan Nama/Judul Blog


Nama blog harus sesuai atau mewakili konsep blog yang akan kita bangun, misalnya kalau kita ingin menciptakan mengisi blog kita dengan tutorial blog, maka om menyarakan, nama dari blog anda harus berisi kata-kata kunci yang masih berkaitan dengan tutorial blog. Misalnya Tutorial Blog Bagi Pemula, Cara Blogger, Artikel Blogger dan seterusnya. Untuk judul blog tidak perlu terlalu panjang, maksimal 3 kata. 

  • Deskripsi atau citra singkat wacana Blog yang akan kita buat


Untuk penentuan deskripsi blog anda sanggup mengaturnya sesuai konsep/konten blog yang ingin anda. buat. Untuk lebih jelasnya deskripsi blog merupakan klarifikasi dari judul blog yang sudah anda targetkan. 

Misalnya untuk Judul Blog : Tutorial Blogger, Deskripsinya : Kumpulan tutorial Blogger Bagi Pemula mulai dari menciptakan blog hingga mahir.

  • Menganalisis peluang pengunjung


Menganalisis peluang pengunjung sesungguhnya sanggup beragam. Semakin banyak peminat maka semakin banyak peluang dan pesaing. Misalkan untuk blog yang berisi konten wacana tutorial sudah sangat banyak, hal ini akan kuat pada kualitas artikel yang kita sajikan. Dengan demikian kalau anda menentukan blog yang mengusung konsep yang sama sudah niscaya anda harus siap bersaing menghadapi competitor anda. Nah, kalau anda ingin menentukan kondusif dan besar peluang namun minim pesaing, omgeri sarankan biar kalian menentukan konsep yang minim pesaing, dan lebih spesifik konten yang ditargetkan. Misalnya kalau anda menentukan judul blog wacana Tutorial Facebook. Mungkin Kompetitornya tidak terlalu banya. Konten yang anda muat didalam blog anda harusnya tidak keluar dari judul blog anda, isi artikel yang bermanfaat sesuai niche atau judul blog anda. Misalkan tutorial facebook, artikel didalamnya berupa cara menciptakan facebook, menciptakan status di facebook dan seterusnya. Om sangat yakin blog yang anda bangkit akan berkinerja baik.

# Cara Membuat blog Pribadi Gratis di Blogspot.com atau Blogger


Jika Persiapan sebelum mebuat blog di blogspot.com sudah anda lakukan, anda siap untuk melanjautkan ke tahap berikutnya yaitu menciptakan blog di blogspot.com atau blogger. Siapkan email aktif anda, kalau telah anda siapkan ikuti langkah-langkah dibawah ini :

  • Masuk ke alamat https://blogger.com
  • setelah masuk di blogger akan muncul tampilan ibarat gambar dibawah ini : pilih akun atau email anda untuk login. Pada teladan gambar omgeri menggunakan email membuatblogbarupemula@gmail.com , email ini gres om buat, untuk kebutuhan artikel ini.

Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di Blogspot Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di Blogspot
Gambar 1 - Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di Blogspot

  • Selanjutnya masukkan pasword email anda 
  • Kemudian Pilih Berikutnya 

Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di Blogspot Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di Blogspot
Gambar 2 - Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di Blogspot

  •  Jika email anda yakni email gres ibarat punya om, maka akan muncul tampilan ibarat gambar 3 dibawah ini. Jika email gres maka belum terkoneksi ke google+, jadi biar lebih baik akun blognya anda harus menentukan buat profil google+


Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di Blogspot Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di Blogspot
Gambar 4 - Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di Blogspot

  • Berikutnya anda akan diarahkan untuk menciptakan profil google+, masukkan semua sesuai kebutuhan dan harapan anda untuk nama 
  • Kemudian pilih buat profil

Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di Blogspot Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di Blogspot
Gambar 5 - Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di Blogspot

  • Jika langkah pembuatan profil google+ selesai, anda akan diarahkan untuk lanjutkan ke blogger

Catatan : Jika email yang sudah mempunyai profil google + biasanya eksklusif ke tahap ibarat gambar 6 di bawah ini, sehabis memasukkan email dan pasword pada langkah di gambar 2

  • Kemudian pilih lanjutkan ke blogger 


Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di Blogspot Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di Blogspot
Gambar 6 - Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di Blogspot

  • Perhatikan Gambar 7 di bawah ini ada 2 pilihan anda sanggup pilih salah satu untuk memulai menciptakan blog anda. 

Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di Blogspot Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di Blogspot
Gambar 7 - Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di Blogspot

  • Pada langkah terakhir sesuai gambar 8 dibawah ini anda wajib memperhatikan ulasan om di bab atas pada poin 2 yaitu wacana Langkah menentukan blog apa yang akan kita buat :, agar anda tidak salah dalam penentuan judul.
  • Masukkan judul blog anda 
  • Masukkan juga alamat url blog anda pada kolom yang tersedia 
  • pilih Buat Blog

Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di Blogspot Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di Blogspot
Gambar 8 - Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di Blogspot

Sampai disini anda telah berhasil menciptakan blog, selanjutnya omgeri akan membahas lagi lebih terang mengenai cara menciptakan postingan di blog dan mendesain blog. Trimakasih hingga jumpa di artikel berikutnya. Wassalam