Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dibekali Mesin Type Skyactiv-X, Allnew Mazda 3 Akan Segera Datang



Jakarta - Mazda belum usang ini mengunggah sebuah video teaser model terbarunya di laman Youtube. Pemberitaan yang beredar menduga, kendaraan beroda empat dalam video merupakan generasi terbaru Mazda3.
Video yang diunggah pada 17 Oktober oleh akun resmi Mazda itu, hanya menunjukkan sedikit tampak samping bab belakang dan garis sisi bodi. Dan di selesai video tertulis “A New Era Begins” pada November 2018.
Bisa jadi model terbaru Mazda meluncur ketika Los Angeles Auto Show, karena pekan raya otomotif ini digelar selesai November, menyerupai dinukil dari caranddriver.com (18/10). Namun, hingga kini Mazda belum mengumumkan secara resmi di mana mobil itu bakal diluncurkan.
Tampilan bodi dalam video menunjukkan desain tajam dan bab belakang khas hatchback. Hal itu memperkuat dugaan, Mazda3 yang akan dimunculkan. Sekilas bentuknya menyerupai kendaraan beroda empat konsep Mazda yang sempat dipajang di Tokyo Motor Show 2017, yakni Kai.
Jika memang generasi Mazda3 selanjutnya merupakan penjelmaan dari Kai, maka desain bodinya merepresentasikan peningkatan konsep Kodo yang selama ini dikembangkan Mazda. Dibandingkan generasi terdahulu, Mazda3 terbaru berkesan lebih mewah.
Area daerah mesin bertengger mempunyai dimensi lebih panjang. Kabin seolah bergeser hingga mentok ke belakang. Siluet dari depan ke belakang dibentuk sangat mengalir. Desain itu sangat baik dalam menunjang performa, alasannya yakni kendala anginnya mengecil. Sedangkan bab belakangnya terlihat kompak tanpa banyak aksen detail.
Selain bodi, besar kemungkinan mesin yang diusung juga baru. Soalnya, Kai sempat diungkapkan menggendong mesin bensin Skyactiv-X. Jantung pacu terbaru dari Mazda ini, bisa menawarkan efisiensi materi bakar dan torsi tinggi khas diesel, namun mempunyai emisi rendah kolam mesin bensin. Kemampuan itu sanggup tercapai berkat penggunaan teknologi Spark Controlled Compression Ignition (SCCI), diklaim Mazda sebagai yang pertama di dunia.
Sayangnya, belum ada informasi lebih lengkap terkait spesifikasi mesin yang diaplikasi. Dugaan sementara Mazda bakal menawarkan dua pilihan kapasitas, 2.000cc dan 2.500cc.
Di samping mesin, platform yang dipakai generasi terbaru, Skyactiv-Vehicle Architecture yang dikembangkan Mazda. Penggunaan platform anyar, menciptakan pengemudi menyerupai menyatu dengan kendaraan. Tujuannya untuk menawarkan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan dan optimal.
Pengalaman juga ditunjang oleh desain interior yang terfokus pada pengendara. Konsep Jinba-Ittai masih dipakai Mazda, sehingga menciptakan seolah antara pengemudi dan kendaraan sanggup saling berkomunikasi. Desainnya sangat kompak, guna menawarkan kebebasan pengemudi untuk berinteraksi dengan fitur di dalamnya.