Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membongkar Video Calon Sarjana Dan The Shiny Peanuts

MEMBONGKAR HABIS VIDEO CALON SARJANA DAN THE SHINY PEANUT Membongkar Video Calon Sarjana dan The Shiny Peanuts


Mungkin diantara kalian ada yang ingin tau dan bertanya tanya kenapa channel video sebesar Calon Sarjana dan The Shiny Peanuts tidak terkena copyright pada channel youtube mereka. Padahal hampir rata-rata videonya ngambil dari channel orang lain? apa tidak kena Copyright?.

Dan alasannya banyak pertanyaan yang masuk ke  komentar dan email saya di youtube, saya akan mencoba menjelaskannya pada informasi berikut ini

Artikel ini bukan untuk , iri atau tidak suka pada channel tersebut. Lebih tepatnya ini menyerupai bedah video yang memang di khususkan bagi kalian yang belum paham mengenai Copyright dan Fair Use youtube.  Kita eksklusif saja ke pembahasanya.

Pembahasan pertama yaitu copyright.

Banyak sekali pertanyaan yang masuk ke saya ketika video saya berjudul cara menciptakan video menyerupai calon sarjana di publish, dan pertanyaanya tidak jauh jauh dari seputar copyright.
Kira kira pertnayaanya menyerupai ini’

Time line

“Bang kalau buat video menyerupai calon sarjana itu kan, ngambil ngambil dari video channel orang, kira2 gak kena copyright gak ya?

Saya tidak akan jelaskan apa itu pengertian copyright, alasannya akan terlalu panjang, silahkan googling sendiri menyerupai apa copyright itu, alasannya kita eksklusif ke tujuan  copyright youtube. 

Perlu diketahui bahwa youtube sangat –sangat melindungi hak cipta di  dari setiap video yang memang dipegang hak intelektualnya oleh publisher dalam hal ini bisa saja video berisi lagu, atau video berisi film yang dilindungi haknya oleh hak kekayan intelektual oleh perusahaan yang sudah terdaftar. Dan itu resmi menjadi karya mereka, oleh alasannya itu youtube menyediakan content id. 

"Dan apa itu content id ?"

kira kira isinya menyerupai ini :
Klaim ini dikeluarkan oleh perusahaan yang mempunyai hak atas musik, film, program tv, video game, atau bahan lainnya yang dilindungi hak cipta.

Pemilik konten sanggup memutuskan content id untuk memblokir bahan dari youtube dikala klaim dibuat. Mereka juga sanggup mengizinkan semoga video tetap ditayangkan di youtube dengan iklan. Pada situasi tersebut, pendapatan iklan akan diberikan kepada pemilik hak cipta atas konten yang diklaim.

Tapi kenapa calon sarjana ngambil video orang sih ,apa gak kena copyright?

Oke menyerupai ini, youtube menyediakan dalam teladan penggunaan video oleh orang ketiga yang dinamakan fair use (atau penggunaan wajar), fair use sendiri juga mempunyai jangkauan yang luas, kita eksklusif ke pembahasan saja. Youtube menyediakan fair use dalam penggunaan wajar, dimana video yang di ambil berupa cuplikan atau belahan potongan video pendek, dengan maksud untuk tujuan edukasi, atau informasi. Dan ini dibolehkan selama penggunaan itu wajar, namanya juga fair use. 

Namun jikalau digali lebih dalam lagi fair use youtube jangkauanya sangat luas, bahwasanya dasar penggunaan fair use tidak diperkenankan untuk penggunaan profit atau mencari keuntungan. Dan untuk mitos dan fakta penggunaan fair use bisa dilihat eksklusif di laman informasi youtube 

Dari bahan "fair use" ini yang sanggup disimpulkan 


Penggunaan komersial kemungkinan kurang dianggap sebagai penggunaan wajar, meskipun monetisasi video sanggup dilakukan dan masih ada manfaat yang sanggup diambil dari penggunaan wajar.(sumber youtube/ yt-copyright-resources)

Namun nyatanya semakin banyak channel yang bergenre fair use di youtube, mungkin mereka tergiur dengan calon sarjana maybe yes maybe no.

Terus apa boleh memakai video orang lain untuk fair use dan bisa di monetise?

Caranya yaitu dengan ambil belahan video yang singkat saja jikalau diperlukan, dan sertakan source video di video yang kalian buat.

Terus apa dengan cara menyerupai itu bebas copyright?

Tidak ada yang menjamin cara menyerupai itu bebas copyright, namun paling tidak kita melaksanakan sesuai standart penggunaan fair use yang ditetapkan youtube. Untuk lebih jelasnya silahkan ke laman fair use youtube.


Pembahasan ke dua

Ide wangsit menciptakan video menyerupai calon sarjana
Jika bicara perihal ide, percayakah kalau semua itu ada di internet, bahkan ada di youtube, atau kalian bisa googling saja.

Bahkan kalian bisa menciptakan video dari sebuah artikel yang menarik, caranya kalian tinggal search di google hal- hal yang unik dan seru, atau buat sebuah artikel yang lagi trending di internet.
Buat sebuah narasi yang bagus, dan siap untuk di record memakai audacity atau adobe premiere

Makara tentukan niche channel kalian, misalkan niche sport, unik, film, news, game  dan lain sebagainya, akan lebih praktis mencari sebuah artikel untuk dibentuk video menurut niche yang kita tentukan, dan tentunya youtube lebih menyukai channel yang nichennya konsisten tidak gado - gado.

Percayalah setiap hal di interent bisa dijadikan sumber informasi tergantung kita mengolahnya dan mengemasnya secara menarik di mata viewers.


Pembahasan ke tiga

Cara ini juga sering dipertanyakan pada kolom komentar dan ada yang masuk email saya, pertanyaanya menyerupai ini.

“Bang ngeditnya pakai software apa?”

Pertanyaan yang klasik yang tampaknya itu itu saja, tapi oke akan kita bahas sedikit disini, 
Pada asarnya software pengolahan video itu saya membaginya menjadi 3

1.Versi pemula =bisa memakai software yang plug n play . Artinya mulai dari tampilan dan penggunaan memang dikhususkan untuk pemula, misalnya seperti, software movie maker, corel video, video pad  dan sejenisnya

2.Versi menengah – software ini di khususkan bagi user yang ingin sedikit atau ahli di tingkat editing video alasannya penggunaan tols yang sudah pro, walaupun tetap plug n play tapi effect dan tools sudah bisa mengarah ke editing yang pro, contohnya, filmmora, pinacle, corel video x  series dan sejenisnya

3.Versi pro atau expert, software ini dikhususkan bagi kau yang ingin menjadi profesional di bidang editing video, alasannya effect dan toolsnya memang sudah dilengkapi untuk editor pro, menyerupai sony vegas, adobe premiere, final cut x, davinci resolve dan lain lain.

Tapi kesemuanya yang paling panting yaitu , kemampuan komputer yang sesuai spesifikasi semoga editing lancar , dan yang paling penting, semangat berguru untuk ngedit video, selebihnya silahkan pilih software sesuai selera dan cita-cita dan kebutuhan.

Untuk merekam narasi dan audio kalian bisa memakai versi gratisan menyerupai audacity, atau kalau mau yang pro bisa Adobe Audition atau, Cubase , Nuendo dan masih banyak lagi. Kalau mau praktis cukup Audacity


Pembahasan ke empat

Cara menciptakan narasi

Cara pertama yaitu dengan mencari sumber informasi yang unik, menyerupai pembahasan kedua, kalian bisa search di google mengenai niche video kalian, misalkan unik dan seru, sesudah di search alhasil kita menemukan artikel yang cocok untuk dibentuk video.Selanjutnya silahkan sobat sahabat buat narasi sesuai gaya bicara sobat sahabat sendiri tentunya jangan ikut ikutan dengan channel lain. Setelah narasi selesai kalaian bisa record audio memakai audacity,  sesudah direkam silahkan simpan dalam bentuk wav/mp3, dan selanjutnya siap diolah menjadi video di software pengholahan video menyerupai sony vegas atau adobe premiere.

Catatan penting, : narasi video harus sesuai dengan footage video,  akan teras aneh jikalau kalian membahas perihal unik, tapi video footage menampilan perihal sport, akan terasa tidak match untuk dilihat.

semoga bermanfaat, dan jikalau kalian suka dengan tutorial ini silahkan di bagi ke sobat sahabat kalian.

Video Full