Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seo Untuk Youtube Semoga Rangking Di Google

Integrasikan Youtube dalam taktik Search Engine Optimization (SEO) Anda tidak akan sia-sia, alasannya benar-benar sanggup meningkatkan jangkauan pemasaran Anda, membangun kehadiran merk Anda dan mengarahkan kemudian lintas ke website Anda.

Dan ini akan membantu Anda menerima peringkat lebih tinggi di kedua hasil YouTube dan posisi/rangking di Google Search.

*) Kenapa Youtube Penting?

Menurut Youtube, YouTube mempunyai lebih dari satu miliar pengguna. Hampir sepertiga dari semua orang di Internet, dan setiap hari pengguna tersebut menonton satu miliar jam video, menghasilkan miliaran penayangan.

Youtube menjadi search engine terbesar kedua sehabis Google. YouTube memproses lebih dari 3 miliar pencarian dalam sebulan. 100 jam video diunggah setiap menit. Ini lebih besar dari Bing, Yahoo!, Ask dan AOL kalau digabungkan!




Hasil survey globalwebindex pada pengguna internet di Indonesia dalam rentang usia 16-64 tahun, memperlihatkan bahwa ada beberapa platform media umum yang aktif dipakai oleh masyarakat Indonesia. Platform tersebut terbagi dalam dua kategori media sosial, yaitu media jejaring sosial dan messenger. Youtube menempati peringkat pertama dengan persentase penggunaan sebesar 43%, di peringkat ke dua Facebook dengan persentase penggunaan sebesar 41%, kemudian Whatsapp dengan persentase penggunaan sebesar 40%.

*) Optimasi Video Youtube Agar Berpotensi Dapat Rangking Dan Kunjungan Website Meningkat.

Rangking video youtube ini sanggup berlaku di Google search dan Youtube search. Meski pihak Youtube sendiri tidak menawarkan petunjuk ihwal faktor penentu rangking, berikut hasil pengalaman dari para praktisi SEO ihwal beberapa faktor yang memungkinkan video Youtube muncul di halaman pertama pencarian Google dan Youtube:


1. Judul Video.

Mirip dengan judul halaman di halaman website, ini ialah salah satu faktor peringkat. Pastikan untuk memasukkan kata kunci (keywords) yang dicari oleh pengguna dalam kata kunci utama di awal. Carilah ilham keywords ini dengan Google Autocomplete yang pernah saya tulis sebelumnya.

2. Deskripsi Video.

Ini ibarat dengan konten isi halaman website yang berlaku untuk SEO di Google Search. Tidak ada jumlah yang niscaya untuk banyak nya kata, namun berikan deskripsi yang mengandung keywords dan Call To Action (CTA) biar pengguna memahami yang Anda jelaskan. Tambahkan alamat website Anda dalam deskripsi itu biar tercipta potensi kunjungan (drive traffic) ke website Anda.

3. Nomor Telephone dan Alamat Lainnya.

Video Youtube dengan sasaran mendatangkan omzet haruslah ada Call To Action (CTA) biar pengguna segera memilih perilaku saat menemukan video Anda. Berikanlah nomor telpon yang sanggup berfungsi untuk bicara dan sampaikan pesan ibarat WhatsApp. Nomor dan alamat ini sanggup Anda cantumkan di simpulan judul ataupun di dalam kolom deskipsi Youtube. Jangan lupa memasukkan alamat website Anda dengan metode full URL (mulai http:// ...com).

4. Durasi Video

Tidak ada hukum baku dalam hal panjang video. Jangan lupa bahwa fokusnya di sini ialah pada peringkat di Google dan Youtube Search. Namun kalau tujuan Anda ialah untuk branding produk atau bisnis, harap memperhatikan durasi berikut ini:

Video iklan produk/bisnis: Sebaiknya memakai durasi yang sesingkat mungkin. Berusahalah dibawah 19 detik video itu sudah sampaikan maksud dari produk/bisnis Anda. Iklan dibentuk sependek mungkin alasannya biaya iklan sejatinya mahal. Apalagi durasi nya panjang. Kemudian secara psikologis, pengguna ingin menuntaskan dilema nya secepat mungkin dan berharap produk/bisnis Anda sanggup selesaikan.

Video tutorial: Pengguna diawal sudah berniat ingin belajar. Maka tidak ada batasan waktu bagi pengguna yang ingin tahu sesuatu. Misalnya tutorial memasak kuliner, tutorial menciptakan kue, dan lain sebagainya sesuai topik yang Anda kuasai.

5. Bagikan.

Bagikan video youtube Anda ke media umum ibarat facebook fanspage, google+, twitter, linkedIn, dan lain sebagainya. Kemudian tempel pula di website Anda sebagai embel-embel artikel sehingga kelihatan profesional dan menambah kepercayaan pengguna internet.



Bagaimana dengan tags? Ketika upload video, ada kolom itu. Apakah penting? Jawabannya tidak. Menurut Youtube, semenjak Juni 2016 mereka non aktifkan fungsi tags.

Bagaimana dengan penamaan nama file (file name) sebelum upload ke Youtube? Google ternyata beda dengan sistem pencarian Youtube. Eksperimen saya menyampaikan bahwa Youtube tidak membaca nama file sebuah video. Sementara hal ini diperkuat oleh pendapat di Youtube Help Forum.

Setelah Anda lakukan 5 hal dasar meningkatkan secara optimal SEO untuk Youtube, maka Google dan Youtube will do something untuk Anda!

Selamat mencoba!