Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Dan Cara Mengatasi Komputer Not Responding

| Penyebab dan Cara Mengatasi Program Komputer Not Responding atau " Hang " dengan Praktis dan Lengkap - Komputer PC/Laptop menjadi salah satu perangkat yang sangat dibutuhkan dalam kebutuhan sehari-hari. Namun, ketika sedang beraktifitas memakai sebuah perangkat komputer, seorang pengguna pastinya pernah mengalami permasalahan yang disebut dengan Not Responding atau orang biasanya menyebutnya "Hang" pada perangkat komputer yang dimiliki.

 Penyebab dan Cara Mengatasi Program Komputer Not Responding atau  Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Not Responding


Apa itu Not Responding pada komputer?
Not Responding ialah suatu keadaan dimana software yang dipakai mengalami kegagalan perintah, dan menjadikan software tersebut tidak sanggup memahami apa yang diperintahkan, dan komputer pun akan menawarkan sebuah pertanyaan apakan mau menunggu atau mengakhiri aplikasi ( sofware ) tersebut secara paksa.

Sebagai teladan ketika pengguna membuka sebuah aktivitas besar menyerupai aplikasi Adobe Photoshop, namun sistem tidak bisa merespon untuk menjalankan aplikasi tersebut sehingga tampil sebuah kotak obrolan "Applications is not responding" diikuti dengan berubahnya warna layar monitor menjadi keputihan. Terkadang duduk kasus ini juga sering terjadi pada jendela Windows Explorer ketika me-load isi cuilan DVD dan USB Drive atau Flashdisk yang terlalu full dan besar.
Komputer yang mengalami Not Responding akan cenderung lemot, lambat, dan gampang panas hal ini dikarenakan sistem komputer akan bekerja 2 kali atau lebih tinggi dikala mengalami Not Responding. Jika ini sering terjadi komputer akan gampang panas dan sanggup dipastikan performanya akan turun (lambat), bahkan kalau ini berlanjut komputer bisa jadi akan sering restart atau mati sendiri. Ada banyak hal kenapa komputer mengalami Not Responding dan duduk kasus ini tidak hanya disebabkan oleh permasalahan Software saja, tetapi terkadang permasalahan ini kerap timbul lantaran ada permasalahan pada Hardware komputer.

Bagaimana mengatasi komputer yang mengalami Not Responding?
Untuk mengatasi permasalahan Not Responding pada sebuah perangkat komputer, tentunya anda harus mengetahui dan memahami terlebih dahulu beberapa penyebab komputer mengalami duduk kasus Not Responding. Berikut ini beberapa penyebab komputer mengalami duduk kasus Not Resonding dan cara mengatasinya.

1. Sistem Operasi Windows / Software bermasalah
Apabila sistem operasi Windows di komputer bermasalah , maka tentunya akan menciptakan kinerja komputer menjadi kurang maksimal, salah satunya terjadi Not Responding. Tidak hanya pada Sistem Operasi saja, software yang corrupt juga bisa menciptakan kinerja menjadi kurang maksimal. Untuk mengatasinya anda bisa melaksanakan Repair atau Install Ulang.

Baca juga :
2. Virus dan Malware
Virus dan malware sudah kita ketahui selalu ikut turut andil dalam semua duduk kasus yang terjadi pada komputer. Termasuk duduk kasus komputer Not Responding. Virus dan malware sangat menghipnotis kinerja sistem dengan merusak sistem Windows pada komputer. Untuk mengatasinya, selalu update database anti virus pada komputer dan lakukan scan secara berkala.

Baca juga :
3. Terlalu banyak aplikasi yang terinstall
Terlalu banyak aplikasi yang terinstall pada komputer merupakan salah satu penyebab komputer sering mengalami Not Responding. Mengapa? Karena proses yang dilakukan oleh system dalam me-load (membuka) semua aplikasi akan menjadi semakin berat, ditambah lagi kalau aplikasi tersebut mempunyai size/ukuran yang besar hal itu sanggup mengurangi kapasitas harddiskdan risikonya komputer anda akan menjadi lambat dan sering mengalami Not Responding. Untuk mengatasinya, hapus atau uninstall aktivitas yang tidak perlu.

4. Terlalu banyak menjalankan aplikasi secara bersamaan / Multitasking
Saat beraktifitas dengan komputer, pastinya anda pernah atau sering menjalankan beberapa aplikasi atau aktivitas sekaligus dalam waktu yang bersamaan atau orang biasa menyebutnya multitasking. Melakukan multitasking memang sangat berkhasiat untuk mempercepat pekerjaan anda, akan tetapi terlalu banyak aplikasi yang terbuka secara bersamaan akan menjadikan RAM komputer akan terkuras habis, dan kemudian akan menjadikan Not Responding. Untuk mengatasinya, kurangi multitasking, namun apabila anda ingin multitasking, batasi saja pada program-program yang relatif memakan porsi RAM kecil dan tidak membutuhkan pemrosesan CPU yang tinggi. Dengan demikian error not responding niscaya akan sangat jarang terjadi.

5. Tampilan desktop terlalu berlebihan
Menggunakan tampilan desktop yang kompleks, menyerupai memakai banyak widget, banyak shortcut, aplikasi kalender yang berat dan lain sebagainya sanggup menciptakan banyak resource tersedot untuk menjalankan aplikasi-aplikasi desktop tersebut. Jika hal tersebut dilakukan secara berlebihan akan menjadikan RAM komputer akan bekerja lebih ekstra untuk me-load seluruh imbas tampilan visual yang ada.
Akibatnya, komputer akan sering mengalami Not Responding. Jadi, jangan terlalu berlebihan memasang dan menginstall aneka macam tampilan untuk mengubah tampilan komputer lebih menarik. Oleh lantaran itu untuk mengatasinya, ada baiknya anda mulai membersihkan desktop komputer anda dari hal-hal yang sekiranya kurang penting. Icon aplikasi yang terlalu banyak, sistem information yang terlalu kompleks dan lain sebagainya sebaiknya anda hapus dari desktop. Dan lebih baik gunakan tema/tampilan standar saja.

6. Banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang
Ketikamenggunakan komputer ada beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang. Aplikasi tersebut berjalan secara otomatis ketika anda pertama kali menghidupkan komputer. Terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang akan akan banyak mengambil resource memori dan komputer kau menjadi sering Not Responding.
Oleh lantaran itu, untuk mengatasinya, sebaiknya anda menghentikan beberapa aplikasi latar belakang yang benar-benar tidak penting dan sanggup jalankan secara manual kalau diperlukan. Untuk sanggup mengusut Startup, cukup buka Windows Run (Win+R) dan ketikkan msconfig (untuk Windows XP, Vista dan 7). Lalu di Tab Startup, hilangkan centang pada aplikasi yang tidak ingin anda jalankan secara otomatis.

7. Aplikasi yang tidak kompatibel dengan OS
Aplikasi yang tidak kompatibel dengan OS yang komputer anda miliki merupakan salah satu penyebab mengapa terjadi duduk kasus Not Responding. Oleh lantaran itu, untuk mengatasinya sebaiknya anda segera menguinstall atau menghapus aplikasi-aplikasi yang dari catatannya sudah ada keterangan bahwa aplikasi tersebut hanya bisa dijalankan pada sistem operasi tertentu. Dengan demikian anda akan menghindari resource conflicts yang sanggup menimbulkan sistem operasi sering mengalami crash Not Responding.

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, penyebab komputer sering mengalami duduk kasus Not Responding bukan hanya lantaran duduk kasus Software/aplikasi, tetapi juga lantaran duduk kasus Hardware. Silahkan lanjut ke point berikutnya.

8. RAM mengalami kerusakan
Terkadang penyebab duduk kasus Not Responding ialah lantaran adanya blok memori RAM yang sudah rusak. Untuk mengatasi hal ini, maka tindakan yang perlu anda lakukan ialah dengan mengganti RAM yang terpasang pada komputer. Namun sebelumnya, anda harus melaksanakan tes memori RAM terlebih dahulu untuk memastikan apakah ada sektor atau blok yang error di RAMmu dengan aplikasi testing memori RAM laptop yang banyak tersedia di internet.

Baca juga : Membersihkan Pin RAM dengan Penghapus

9. Harddisk terlalu penuh
Space harddisk yang terlalu penuh atau hampir penuh sanggup menimbulkan komputer mengalami duduk kasus Not Responding. Hal ini dikarenakan komputer akan membutuhkan waktu yang usang untuk membuka atau me-load seluruh file yang ada di dalam harddisk. Untuk mengatasinya, usahakan untuk menciptakan atau memberi space kosong pada harddisk biar komputrer sanggup berjalan dengan lancar dan melaksanakan Defragment secara bersiklus dan Disk Clean Up.

Baca juga :
10. Kapasitas RAM yang kurang
Selain sektor memori yang rusak, komputer yang mengalami duduk kasus Not Responding juga sanggup disebabkan lantaran jumlah RAM yang ada pada komputer tidak tersedia untuk menjalankan aplikasi yang membutuhkan RAM lebih besar. Solusinya ialah dengan cara menambah RAM biar tersedia lebih banyak slot memori untuk menjalankan aplikasi yang ingin dijalankan.

Baca juga : Cara Menambah atau Upgrade RAM Komputer PC

Cara Menutup Jendela Program Komputer Yang Mengalami Not Responding atau Hang
Apabila ketika anda sedang beraktifitas memakai komputer dan anda mendapati salah satu atau semua jendela aktivitas komputer anda mengalami Not Responding atau Hang, untuk mengatasinya anda bisa melaksanakan langkah-langkah berikut untuk menutup aktivitas yang sedang mengalami Not Responding.
1. Buka jendela Tas Manager pada laptop atau komputer dengan menekan koombinasi tombol Ctrl+Alt+Delete secara bersamaan pada keyboard atau anda bisa juga membukanya lewat RUN dan mengetikkan tskmgr, kemudian tekan Enter.
2. Setelah jendela Task Manager terbuka, selanjutnya pilih tab Applications. Disitu anda bisa melihat Status beberapa aktivitas yang sedang berjalan.
3. Kemudian pilihlah aktivitas yang mempunyai Status Not Responding, kemudian tekan End Task.
4. Setelah tombol End Task diklik, biasanya akan muncul sebuah jendela kecil yang berisi pesan bahwa aktivitas tersebut tidak merespon, silahkan klik tombol End Now.

Cara Cepat Menutup Jendela Program Not Responding
Untuk menutup program-program komputer yang sedang mengalami Not Responding dengan cepat tanpa harus membuka jendela Task Manager dengan sekali klik, Anda bisa menciptakan sebuah Shortcut yang berfungsi untuk menutup aktivitas yang mengalami Not Responding dan bisa anda letakkan pada daerah yang jarang bisa dipengaruhi oleh duduk kasus Not Responding yakni Taskbar. Berikut langkah-langkahnya.
1. Pertama klik kanan pada Desktop, kemudian pilih New kemudian Shortcut.
2. Muncul jendela create Shortcut, ketikkan perintah di bawah ini ke dalam kotak yang tersedia, kemudian klik tombol Next.

taskkill.exe /f /fi “status eq not responding
3. Kemudian ketikkan nama Shortcut pada kotak yang tersedia, kemudian klik tombol Finish.
4. Anda bisa mengganti icon Shortcut dengan icon kesukaan anda.
5. Setelah itu, klik kanan Shortcut yang anda buat tersebut kemudian pilih Pin to Taskbar untuk  meletakkannya pada Taskbar.
6. Makara ketika aktivitas komputer mengalami duduk kasus Not Responding, anda tinggal menuju Taskbar kemudian meng-klik Shortcut yang anda buat tadi dan anda letakkan pada Taskbar

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi komputer Not Responding yang sanggup anda praktikan sendiri di komputer anda yang sedang mengalami duduk kasus Not Responding serta cara menutup aktivitas komputer yang mengalami Not Responding. Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "


Sumber https://harmansh.blogspot.com/