Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Backup Dan Import Seluruh Data Artikel Blog

Cara Backup dan Impor Seluruh Data Artikel Blog di Blogger (Blogspot) - Melakukan backup seluruh data artikel postingan blog merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh para blogger untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, menyerupai blog dihapus tiba-tiba oleh Google sampai hilang dari peredaran bagai ditelan bumi.

Hal inilah yang menjadi salah satu kelemahan blog yang dibentuk memakai platform Blogger atau Blogspot. Anda sebagai pembuat blog tidak mempunyai hak penuh terhadap blog itu sendiri, walaupun blog yang anda buat diisi dengan banyak artikel, dimodifikasi dengan bagus, namun tetap saja pemilik bekerjsama blog yang anda buat tersebut yaitu Google. Pembuat blog hanya diberikan hak mengisi artikel sebagai postingan blog dan memodifikasi seluruh tampilan blog, sehingga setiap pembuat blog yang dianggap melaksanakan kesalahan atau melanggar aturan-aturan yang dibentuk oleh pemilik Blogger.com dalam hal ini Google, maka kemungkinan terburuknya yaitu blog yang sudah dibangun dengan susah payah dalam kurun waktu yang cukup usang tersebut, akan dihapus oleh Google.

Google merupakan pemilik Blogger.com dan berhak melaksanakan apapun terhadap apa yang ia miliki. tetapi Google tidak sejahat itu, Google hanya akan menghapus blog yang melanggar hak kebijakan yang telah ditentukan, menyerupai menciptakan konten yang mempunyai lisensi hak cipta, melaksanakan copy-paste, spam, dan alasan lainnya.

Dihapusnya blog oleh Google yang disebabkan oleh kesalahan pemilik blog dikarenakan telah melaksanakan hal-hal yang tidak sesuai dengan aturan, mungkin itu masih sanggup diterima oleh si pembuat blog, akan tetapi yang paling mengecewakan para blogger yaitu blog dihapus oleh Google, sementara anda atau pembuat blog tidak merasa pernah melaksanakan hal-hal yang melanggar kebijakan.

Kejadian tersebut mungkin saja terjadi lantaran sanggup jadi ada blogger lain yang iri dengan kemajuan blog yang anda miliki, sehingga mereka melaksanakan sabotase terhadap blog anda dengan melaksanakan hal-hal yang sanggup merusak gambaran blog dimata Google dan mendapat finalty.

Ada beberapa cara yang sanggup dilakukan untuk mengatasi problem ini, diantaranya dengan mulai pindah platform dari Blogspot ke platform lain, menciptakan konten yang tidak melanggar TOS serta meningkatkan keamanan blog, dan solusi lainnya yaitu melaksanakan Backup terhadap seluruh data blog.

Melakukan backup berfungsi untuk menyimpan data sebuah blog di komputer sendiri, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya kemungkinan-kemungkinan terburuk (dimana Blogger datang tiba menghapus blog), jadi dengan begitu, apabila hal tersebut benar-benar terjadi, anda hanya tinggal memulihkan blog anda dengan memakai file backup tersebut.

Untuk membackup atau mengeksport seluruh data artikel postingan blog, anda tidak perlu memanfaatkan sebuah software, aplikasi, atau tool khusus yang disediakan oleh pihak ketiga untuk melakukannya. Karena pada Blogger sendiri sudah tersedia sebuah fitur yang sanggup anda manfaatkan untuk mem-backup seluruh data blog dengan utuh. Anda akan mendapat data dari seluruh artikel/postingan, halaman, komentar, bahkan draft sekalipun.

Oleh lantaran itu, kalau anda melaksanakan backup, anda tidak perlu khawatir seluruh data artikel anda terhapus, lantaran seluruh data blog sudah tersimpan dengan kondusif di dalam harddrive komputer anda. Untuk melaksanakan backup dan eksport data blog, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Baca juga :



Cara Backup Seluruh Data Artikel Postingan Blog

1. Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu login ke akun blogger dan menuju ke dashboard.
2. Pilih sajian Setelan atau Setting, kemudian pilih Lainnya.

Cara Backup dan Impor Seluruh Data Artikel Blog di Blogger  Cara Backup dan Import Seluruh Data Artikel Blog

3. Untuk melaksanakan backup data blog, penggalan Impor & backup pada opsi Konten (halaman, postngan, & komentar), silahkan pilih dan klik tombol Backup Konten.

Cara Backup dan Impor Seluruh Data Artikel Blog di Blogger  Cara Backup dan Import Seluruh Data Artikel Blog

4. Selanjutnya yang terakhir, sehabis muncul jendela kecil menyerupai gambar berikut, klik Simpan ke komputer.

Cara Backup dan Impor Seluruh Data Artikel Blog di Blogger  Cara Backup dan Import Seluruh Data Artikel Blog


Tunggu sampai proses download file data blog anda selesai. Lama tidaknya proses download file backup data blog ini tergantung pada cepat tidaknya kecepatan koneksi Internet yang dipakai dan banyaknya artikel, komentar, draft, dan halaman yang terdapat pada blog. Semakin banyak konten yang ada di blog, maka akan semakin usang pula proses download ini berlangsung. Sebaliknya, kalau blog hanya memiiki sedikit konten, proses backup pun akan selesai dengan cepat.

Apabila proses download sudah selesai, anda akan mendapati sebuah file dengan nama sesuai dengan tanggal saat anda melaksanakan backup dan ber-ekstensi .xml, contohnya anda melaksanakan backup pada tanggal 18 Maret 2019, maka file tersebut akan mempunyai nama blog-03-18-2019.xml. Untuk lebih jelasnya, anda sanggup melihat gambar berikut.

Cara Backup dan Impor Seluruh Data Artikel Blog di Blogger  Cara Backup dan Import Seluruh Data Artikel Blog


Pastikan file yang sudah terdownload tidak mengalami corrupt. Corrupt biasanya terjadi lantaran koneksi internet yang tidak setabil saat melaksanakan download file backup. Apabila file backup mengalami corrupt, maka otomatis file tersebut tidak sanggup dipakai untuk diimpor ke blog yang gres atau yang lain.

Lalu bagaimana cara memakai file backup tersebut ke blog yang gres atau blog yang lain?
Untuk menggunakannya, anda harus meng-impor file backup tersebut ke blog yang gres atau blog yang lain. Berikut langkah-langkah impor data artikel postingan blog ke blog yang gres atau blog yang lain.

Cara Impor File Backup ke Blog

Meng-impor file backup data blog sama halnya dengan proses melaksanakan upload yang biasa dilakukan di Internet dan langkah-langkahnya pun tidak jauh berbeda dengan melaksanakan backup.

1. Silahkan anda menuju ke dashboard blogger anda.
2. Pilih sajian Setelan, kemudian pilih sajian Lainnya.

Cara Backup dan Impor Seluruh Data Artikel Blog di Blogger  Cara Backup dan Import Seluruh Data Artikel Blog

3. Untuk melaksanakan impor file backup, penggalan Impor & backup pada opsi Konten (halaman, postngan, & komentar), silahkan pilih dan klik tombol Impor Konten.

Cara Backup dan Impor Seluruh Data Artikel Blog di Blogger  Cara Backup dan Import Seluruh Data Artikel Blog

4. Muncul sajian pop-up Impor Konten. Beri checklist pada kotak reCAPTCHA untuk memverifikasi kalau anda bukan kegiatan atau robot dan beri checklist pada pilihan Publikasikan semua postingan dan halaman yang telah diimpor secara otomatis (saya sarankan untuk tidak memberi checklist pada penggalan ini lantaran kemungkinan blog anda akan dianggap spam sebagai akhir dari banyak postingan yang dipublikasikan eksklusif secara beruntun).

Cara Backup dan Impor Seluruh Data Artikel Blog di Blogger  Cara Backup dan Import Seluruh Data Artikel Blog

5. Jika sudah mantap dengan pilihan anda. Silahkan tekan Impor dari komputer.
6.  Akan terbuka sebuah jendela kecil menyerupai gambar berikut, silahkan cari dimana anda menyimpan file backup dengan type xml yang anda download tadi pada harddrive komputer, kemudian klik Open.

Cara Backup dan Impor Seluruh Data Artikel Blog di Blogger  Cara Backup dan Import Seluruh Data Artikel Blog


Pada tahap ini silahkan tunggu proses upload file backup ke server Blogger.com akan berlangsung. Seperti halnya membackup data artikel postingan blog, proses ini juga membutuhkan waktu, semakin besar ukuran file, semakin usang juga proses upload akan selesai.
Setelah selesai, anda akan mendapati semua artikel, komentar, dan lainnya pada sajian Postingan sebagai Draf yang siap untuk anda Publikasikan satu persatu.

Dengan melaksanakan backup terhadap seluruh data artikel, postingan, komentar, dan lainnya yang ada di blog, maka seluruh data blog yang ada pada blog yang dimiliki akan kondusif tersimpan pada harddrive komputer. Hal ini dilakukan untuk mengantisifasi segala kemungkinan yang sanggup saja terjadi terhadap blog yang dimiliki. Lakukan backup data blog secara rutin 1 bulan sekali.

Demikian tutorial sederhana mengenai bagaimana cara backup dan impor seluruh data artikel postingan blog. Semoga bermanfaat anda " Happy Bloggig "


Sumber https://harmansh.blogspot.com/