Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melacak Iphone Yang Hilang / Dicuri Memakai Instruksi Imei


iOSpedia.net - Kehilangan iPhone kesayangan tentunya sangat menyebalkan. Apalagi mengingat harganya yang mahal, dan data-data penting yang ada di dalamnya -- menciptakan hati terasa hancur apabila hal itu benar-benar terjadi.

Beruntungnya, smartphone besutan Apple tersebut mempunyai fitur yang sanggup melacak iPhone yang hilang / dicuri. Bahkan melacaknya pun sanggup memakai aba-aba IMEI.

Gak percaya?

Simak ulasannya berikut ini!


Kehilangan iPhone kesayangan tentunya sangat menyebalkan Cara Melacak iPhone yang Hilang / Dicuri Menggunakan Kode IMEI
Cara melacak iPhone yang hilang memakai IMEI


Apa itu IMEI?

IMEI yaitu kependekan dari International Mobile Equipment Identity. Makara IMEI yaitu semacam aba-aba identitas bagi setiap ponsel (layaknya STNK pada sepeda motor).

Setiap handphone mempunyai aba-aba IMEI yang berbeda-beda. Tujuannya yaitu untuk membedakan satu ponsel dengan ponsel lainnya.


Biasanya ketika anda membeli sebuah ponsel baru, niscaya ada serial number IMEI yang terdapat dalam kotak kawasan handphone tersebut. Kode ini juga sanggup dipakai untuk mengajukan klaim garansi dan untuk keperluan identifikasi lainnya ketika handphone diperbaiki.


Kode IMEI yang ada di setiap ponsel akan terkunci dan tetap menempel pada ponsel tersebut (tidak berkaitan sama sekali dengan SIM card). Makara apabila anda mereset atau mengganti SIM card pada HP tersebut, maka aba-aba IMEI akan tetap sama alias tak berubah.

Melihat fakta tersebut, maka anda sanggup memanfaatkan aba-aba IMEI untuk memblokir HP anda (termasuk iPhone) apabila hilang atau dicuri orang.




Cara melacak iPhone memakai IMEI

Sebenarnya ada 2 cara melacak iPhone yang hilang memakai IMEI, yaitu 'tanpa memakai aplikasi' dan 'menggunakan aplikasi'. Langkah-langkahnya akan dipapakan dibawah ini:


1. Tanpa memakai aplikasi

Berikut ini langkah-langkah yang harus anda lakukan ketika iPhone anda hilang / dicuri:

- Menghubungi provider SIM card anda untuk segera memblokir nomor.

- Segera cek buku panduan model iPhone anda untuk melihat nomor IMEI-nya.

- Selanjutnya datangi kantor polisi terdekat untuk melaporkan iPhone yang hilang, jangan lupa sertakan nomor IMEI-nya.

- Surat laporan dari polisi sanggup dipakai sebagai syarat untuk menghubungi provider iPhone dan mereka akan memblokir iPhone yang hilang supaya tak sanggup dipakai oleh orang yang menemukan atau mencuri iPhone tersebut.

- Terakhir, pihak provider iPhone akan membantu anda untuk melacak iPhone yang hilang memakai nomor IMEI tadi.


2. Menggunakan Aplikasi pelacakan

Mungkin apabila melacak iPhone via IMEI tanpa aplikasi agak sedikit rumit alasannya yaitu harus berurusan dengan pihak berwajib dan provider iPhone. Maka dari itu, langkah kedua ini sangat cocok bagi anda yang tak ingin ribet.

Berikut ini beberapa aplikasi yang sanggup dipakai untuk melacak iPhone yang hilang / dicuri memakai aba-aba IMEI, antara lain:


a). Find My iPhone

Cara ini ditujukan bagi pengguna iPhone iOS 5 (atau diatasnya), punya  Apple ID dan sudah menginstal aplikasi Find My iPhone. Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan:

- Pilih hidangan Settings > iCloud > Find My iPhone.

- Kunjungi website https://www.icloud.com/#find, kemudian login memakai Apple ID anda.

- Langkah selanjutnya, pilih tombol 'Find My iPhone', dan aplikasi secara otomatis akan melacak iPhone anda ke lokasi yang sempurna pada peta jikalau ketika itu terhubung ke internet.

- Apabila iPhone tidak terhubung ke internet, anda sanggup mengaktifkan pilihan yang ada pada aplikasi Find My iPhone. Pilihan yang dimaksud yaitu 'untuk mengirimkan Anda email perihal lokasi iPhone pada peta dengan segera' sesudah iPhone terhubung ke internet.

- Jika anda pilih pada bab titik lokasi iPhone di peta, aplikasi Find My iPhone akan menawarkan 3 pilihan yaitu anda sanggup memutar bunyi pada iPhone atau mengirim pesan teks, atau anda sanggup menghapus semua data langsung dan sanggup mengunci iPhone.

- Untuk pilihan pertama dan kedua anda sanggup mengirimkan pesan pada iPhone (dalam bentuk bunyi atau teks), dan meminta kepada orang yang memegang iPhone supaya segera mengembalikan gadget tersebut kepada anda. Anda sanggup menawarkan iming-iming imbalan apabila ia bersedia melaksanakan hal tersebut.

- Apabila tak ada respon sama sekali sesudah cukup usang menunggu, anda sanggup memakai opsi kedua yaitu mengapus semua data penting yang ada di dalam iPhone. Selanjutnya anda sanggup melacak secara manual melalui lokasi GPS yang ada pada peta, dan segera mendatangi lokasi iPhone tersebut.


b). iHound

Jika sebelum iPhone hilang anda sudah menginstal aplikasi iHound pada iPhone anda, maka aplikasi tersebut akan mengirimkan peringatan secara otomatis melalui email yang menyatakan bahwa iPhone anda sedang berada di suatu tempat, setiap kali pencuri / penemunya menghubungkan iPhone ke komputer mereka.

Anda akan mendapatkan laporan tersebut ketika anda login ke website iHound.


Sangat praktis, bukan?




Baca juga:



Itulah ia tutorial singkat perihal cara melacak iPhone yang hilang memakai aba-aba IMEI. Ternyata caranya pun cukup variatif, sanggup dengan aplikasi atau tanpa aplikasi, semua terserah anda!

Meskipun cara melacak iPhone yang hilang / dicuri memakai IMEI sudah anda ketahui, tetap saja anda harus tetap berhati-hati supaya iPhone anda jangan hingga hilang ya, guys ;). (fa)


(Sumber: Futureloka.com)




Sumber https://www.iospedia.net/