Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Backup Atau Restore Iphone Melalui Icloud Dan Itunes

iOSpedia.net - Bagi pengguna Iphone, pastinya familiar dengan apa yang dinamakan iCloud dan juga iTunes. iCloud dan iTunes merupakan salah satu fitur khusus sistem operasi iOS dimana keduanya akrab kaitanya dengan penyimpanan dan pencadangan data.

Untuk jenis data yang sanggup dipulihkan meliputi kontak, gambar, audio, video serta aplikasi yang dipakai pada smartphone tersebut.

Menggunakan fitur iCloud ataupun Itunes merupakan cara backup atau restore iphone yang sanggup Anda lakukan dengan mudah.

iCloud merupakan fitur untuk mencadangkan (backup) dan  memulihkan data (restore) melalui Iphone dengan memanfaatkan jaringan wifi.

Kapasitas penyimpanan data pada icloud minimal 5GB free dan Anda sanggup menambah kapasitas tersebut sampai 2TB dengan membeli di AppStore.

Sedangkan untuk itunes sendiri mempunyai fungsi yang sama, hanya saja memakai iTunes untuk restore ataupun backup membutuhkan derma pihak ketiga ibarat laptop ataupun pc.

Cara backup atau restore iphone selengkapnya sanggup Anda simak pada ulasan dibawah ini.


 pastinya familiar dengan apa yang dinamakan iCloud dan juga iTunes Cara Backup atau Restore iPhone Melalui iCloud dan iTunes
Cara backup dan restore data iPhone / image via Pixabay


Cara Backup dan Restore Data Melalui iCloud

Cara backup atau restore iphone melalui iCloud dan iTunes mempunyai metode yang berbeda di setiap step by step nya. Jika Anda ingin mengetahui cara melaksanakan backup dan restore iphone dengan aman, berikut ini ialah ulasan selengkapnya.

Cara backup atau restore  iphone melalui icloud ialah sebagai berikut:

1. Sebelum melaksanakan backup data memakai icloud, Sambungkan perangkat iphone Anda dengan jaringan WIFI terlebih dahulu. Pastikan jaringan yang akan Anda gunakan stabil.
Untuk iOS versi 10.2 keatas, pilihlah sajian < Pengaturan > < Nama Iphone Anda > < iCloud >,  lalu pilihlah < Cadangkan iCloud >

2. Untuk iOS versi 10.2 kebawah, pilihlah sajian < Pengaturan> <iCloud>, kemudian pilihlah <Cadangan>. Pastikan terlebih dahulu Cadangan iCloud telah Anda aktifkan.

3. Untuk melanjutkan proses Backup atau mencadangkan data, pilih sajian <Cadangkan Sekarang>. Sebagai catatan pastikan smartphone Anda tersambung pada jaringan WIFI sampai menyeluruh

4. Untuk memastikan proses pencadangan data pada iCloud simpulan secara keseluruhan lakukan pengecekan.

5. Bagi pengguna iOS 10.2 keatas, pilihlah sajian < Pengaturan> < Nama Iphone Anda > < iCloud >,  < Kelola Penyimpanan >.

6.  Bagi pengguna iOS 10.2 kebawah, pilihlah sajian < Pengaturan > < iCloud > < Penyimpanan > < Kelola Penyimpanan >.

7. Data apa saja yang telah di cadangkan pada iCloud akan muncul secara terperinci, mulai dari waktu pencadangan sampai kapasitas dari masing-masing data yang dicadangkan. Pencadangan data pada iCloud sanggup Anda lakukan secara terjadwal ataupun setiap hari. Hanya saja Anda harus memperhatikan juga kapasitas dari iCloud Iphone Anda.



 pastinya familiar dengan apa yang dinamakan iCloud dan juga iTunes Cara Backup atau Restore iPhone Melalui iCloud dan iTunes



Restore data melalui iCloud

Restore data merupakan suatu kemudahan yang sanggup dimanfaatkan oleh para pengguna Apple khususnya, untuk mengembalikan atau memulihkan seluruh data yang telah tersimpan pada media penyimpanan ibarat iCloud.

Umumnya proses restore dilakukan pada Iphone yang gres reset untuk menghilangkan semua data dan content.

Nah, jikalau Anda sudah melaksanakan pencadangan data atau backup, Anda tidak perlu khawatir untuk kehilangan seluruh data Anda.

Dengan proses inilah semua data Anda didalam iCloud sanggup Anda pulihkan.

Namun pastikan terdapat koneksi WIFI di daerah Anda.


Berikut ialah step-stepnya.

1. Nyalakan iphone Anda.

2. Pada layar akan tertera kata “HALLO”.

3. Setelah itu Anda akan diminta untuk memasukkan asal negara dan juga bahasa yang digunakan. Sebaiknya Anda memakai bahasa Indonesia supaya tidak bingung.

4. Setelah proses setting selesai, Anda akan diarahkan pada sajian < APP&Data >. < Pulihkan data dari iCloud > < iCloud ID > < Cadangkan > . Sebagai suplemen informasi, pastikan Anda menghafal akun iCloud Anda. Jika tidak maka pemulihan tidak sanggup dilakukan.

5. Sebelum proses pemulihan berjalan, Anda akan diminta untuk mengkoneksikan iPhone pada WIFI.

6. Setelah proses komplit sampai 100%, semua content dan data dari iCloud akan terpulihkan seutuhnya pada perangkat tersebut.


Cara Backup dan Restore Data Melalui iTunes

Selain memakai iCloud cara backup dan restore iphone sanggup pula dilakukan melalui iTunes.

Langkah-langkahnya pun juga cukup mudah.

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas mencadangkan dan memulihkan data melalui iTunes diharapkan derma pihak ketiga.


Sebelum beranjak ke  cara backup dan restore iphone melalui iTunes, pastikan terlebih dahulu bahwa pada laptop ataupun PC sudah terinstal aplikasi iTunes.

Selain itu, untuk mengintegrasikan iTunes dengan Iphone membutuhkan kabel data yang bisa support iTunes. Pasalnya, tidak semua kabel data milik Iphone terutama non-original sanggup terkoneksi dengan i-Tunes


 Berikut ini ialah step by step cara backup data melalui iTunes.

1. Buka iTunes pada perangkat laptop ataupun PC Anda.

2. Sambungkan iphone dengan iTunes memakai kabel data.

3. Setelah terkoneksi, Apabila iTunes meminta Anda untuk memasukkan isyarat sandi perangkat biasanya akan muncul sajian taskbar yang tertulis “percayai komputer ini”, Anda sanggup eksklusif memilihnya.

4. Pilihlah sajian <cadangkan sekarang>

5. Tunggu sampai proses selesai, lalukan pengecekkan.

6. Bagi Anda pengguna MAC Book, Masuk ke sajian < Preferensi iTunes >. Sedangkan untuk penggunaan Windows pilihlah < Edit > < Preferensi >. Semua repor dari proses backup atau pencadangan data akan terpapar dengan jelas.


Cara Restore Data Melalui iTunes

Memulihkan data pada perangkat Iphone juga sanggup melalui iTunes.

Prosesnya pun juga hampir sama dengan backup data melalui iTunes.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana langkah-langkah untuk memulihkan banyak sekali data dan content melalui iTunes, simak step-stenya dibawah ini.

1. Buka iTunes pada perangkat laptop ataupun PC Anda.

2. Sambungkan iphone dengan iTunes memakai kabel data.

3. Pilihlah sajian < Pulihkan Cadangan > < Pulihkan >. Tunggu sampai seluruh proses pemulihan data dan content simpulan sampai 100%.

4. Perlu untuk diperhatikan, saat proses pemulihan data berjalan pastikan koneksi antara perangkat dengan iTunes tetap terjaga. Sebab jikalau koneksi tersebut terputus maka proses pemulihan akan eksklusif terhenti. Makara pastikan kabel data yang Anda gunakan tidak mengalami guncangan supaya koneksi tetap terjaga.


 pastinya familiar dengan apa yang dinamakan iCloud dan juga iTunes Cara Backup atau Restore iPhone Melalui iCloud dan iTunes


Apple sebagai salah satu produsen smartphone yang berbasis iOS memang dikenal mempunyai security yang sangat tinggi, baik dalam pengamanan data ataupun perangkat itu sendiri (seperti cara backup dan restore iphone).

Selain melalui iCloud ataupun iTunes proses backup atau mencadangkan data tidak sanggup dilakukan, begitu pula dengan proses pemulihan data.

Meskipun agak sedikit rumit jikalau dibandingkan dengan smartphone berbasis lainnya, namun di sinilah letak kelebihan Apple dengan sistem operasi iOS nya.


Selain itu, sistem penyimpanan data pada Iphone hanya bersifat internal saja.

Karena memang Iphone tidak dirancang dengan suplemen memory eksternal.

Untuk menambahkan memory penyimpanan, Anda sanggup membeli memory untuk Icloud yang dijual hanya di AppStore.

Semoga ulasan cara backup dan restore iphone akan semakin mempermudah Anda pengguna Iphone khususnya yang ingin melaksanakan pencadangan dan pemulihan data dan content pada perangkat.

Semoga bermanfaat!




Sumber https://www.iospedia.net/