Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Presiden Jokowi Diberi Gelar Kehormatan Ialah Sebagai Raja Balaq Mangku Negara Yang Berarti Raja Besar Pemangku Negara

Presiden Joko Widodo diberi gelar kehormatan yaitu sebagai Raja Balaq Mangku Negara yang b Presiden Joko Widodo diberi gelar kehormatan yaitu sebagai Raja Balaq Mangku Negara yang berarti raja besar pemangku negara

Presiden Joko Widodo diberi gelar kehormatan yaitu sebagai Raja Balaq Mangku Negara yang berarti raja besar pemangku negara. Sedangkan Ibu Iriana diberi gelar Ratu Idoman yang sanggup dimaknai sebagai ratu yang mengayomi sekaligus daerah berkeluh kesah dan memberi proteksi bagi Negara.

Presiden Joko Widodo dan Ibu negara Iriana Widodo diberi gelar akhlak tertinggi dari masyarakat Komering, Sumatera Selatan, pada Minggu 25, November, 2018. Peanugrahan akhlak yang digelar di Griya Agung Kota Palembang, sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan dan ungkapan terima kasih oleh masyarakat Sumatera Selatan kepada Presiden Joko Widodo.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo memberikan ucapan terima kasih atas diberinya gelar tertinggi kepada dirinya dan Ibu Iriana Joko Widodo. Presiden memandang bahwa gelar yang diberikan merupakan suatu amanah untuk dirinya untuk memajukan akhlak dan kesejahteraan Masyarakat Sumatera Selatan.

“Saya dan Ibu Iriana memaknai semangat adok, semangat jajuluk, semangat gelar Raja Balaq Mangku Negara  dan Ratu Idoman yang dianugerahkan kepada kami berdua ialah sebagai pesan, harapan,dan tanggung jawab untuk selalu mengangkat derajat dan memajukan Komering serta untuk selalu memajukan kesejahteraan Sumatera Selatan”ujar Presiden Joko Widodo.  

Profesi gelar tersebut juga disebut atau di wilayah setempat sanggup disebut dengan nabuh jajuluk diawali sekitar pukul 09.00 WIB.
Presiden Joko Widodo didampingi oleh tetua adat, meniti “Titian Agung” yang merupakan tiga lembar tikar yang dilapisi kain putih sepanjang empat meter untuk kemudian duduk bersama.

Selanjutnya tetua, mengumumkan kepada masyarakat yang hadir mengenai dukungan gelar akhlak masyarakat Komering kepada Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Jokowi Dodo sekaligus meminta restu dan perrimbangan dari masyarakat. Gong akhlak mulai ditabuh sebagai tanda dukungan gelar.

Artikel dimuat dari video youtube PesiarNet.