Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yasa Kerti Dalam Rangka Upacara Bumi Shuda

Yasa Kerti Dalam Rangka Upacara Bumi Shuda  Yasa Kerti Dalam Rangka Upacara Bumi Shuda

Dalam rangka menyikapi kondisi alam dan perubahan sasih yang berpotensi mengakibatkan adanya aneka macam penyakit, peristiwa dan virus perlu disikapi dengan melaksanakan  Pemarisuda sekala dan niskala. Untuk Parisudha niskala sesuai dengan petunjuk Lontar Rogha Sanghara Bhumi. Babad Dewa dan hasil paruman Sulinggih Provinsi Bali tanggal 16 Desember 2009 akan dilaksanakan Upacara Bumi Sudha setiap Tilem Sasih Kanem, dan untuk tahun 2018 (Tilem Sasih Kanem) bertempat di tiga lokasi ialah di Pura Pangubengan Besakih, Pura Ulun Danu Batur dan Pura Segara Watu Klotok.
Berkenaan dengan hal tersebut, untuk mendukung kesucian dan kesuksesan pelaksanaan Upacara tersebut patut dilaksanakan Yasa Kerti oleh seluruh Umat Hindu, baik dan sikat dan sikap maupun dalam dalam bentuk dan upacara dan upakaranya sebagai berikut :

A. Di Desa Pakraman

Ring Pura Puseh, Bale Agung dan Dalem menghaturkan:
  • Pejati 1 soroh, sorohan 1 soroh
  • Prasita, Biakaon, Durmangala masing-masing 1 soroh

B. Di Masing-masing Rumah Tangga

1 Ring Sanggah kemulan Merajan (Kemulan) menghaturkan:
  • Sesayut pengabean 1 soroh
  • Prayascita, durmanggala masing-masing 1 soroh
  • Banten Pengenteg Hyang (Pejati 1 soroh, sorohan tumpeng pitu 1 soroh, sesayut pengambean).

2. Ring Natar Merajan lan Natar Perumahan menghaturkan:
  • Segehan Cacahan 11 tanding

3. Ring Pemesu (Pintu Masuk Pekarangan) :
  • Nancep Sanggah cucuk ring tengen pemesu, mapelawa don kayu tulak, munggah banten tumpeng selem adaanan, masate calon, urap nang-urap putih, rakania, jaja gina, biu kayu melablab, tiak asujang, sambat ; IDA SANG HYANG MOTHA.

Ring sor sanggah cucuk ; segeham 9 tanding, mebe jejeronan bawi matah-lebeng, getih atakir, sambat ; SANG BHUTA NGADANG SEMAYA PATI.