Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Jenis Keamanan Dalam Sistem Operasi Jaringan

Pengertian Sistem Operasi Jaringan
Sistem Operasi Jaringan merupakan salah satu jenis sistem operasi yang dipakai khusus untuk jaringan , yang dioperasikan oleh admin jaringan. Dengan adanya sistem operasi jaringan maka sebuah admin jaringan akan simpel dalam menciptakan sebuah layanan service.
Keamanan jaringan dalam jaringan komputer sangat penting dilakukan untuk memonitor terusan jaringan dan mencegah penyalahgunaan sumber daya jaringan yang tidak sah, ibarat adanya craker ataupun hacker yang merusak sistem operasi jaringan. Sistem operasi jaringan ada yang open source dan berbayar untuk sistem operasi jaringan windows itu berbayar sedangkan linux free lisensi alias open source. Sistem operasi jaringan biasanya didalamnya diinstall ibarat dns, proxy, web server,, samba server, dll.

Pengertian Keamanan Sistem Operasi Jaringan
Keamanan sistem operasi jaringan merupakan serpihan permasalahan pada suatu keamaan sistem komputer dengan terusan secara total yang telah menjadi serpihan yang sanggup meningkatkan kepentingannya sendiri. Pengamanan sistem operasi yang tidak maksimal akan mengakibatkan pengaruh negatif yaitu ibarat simpel dijebol, terkena serangan hacker, terkena deface dll.

Jenis Jenis Keamanan Sistem Operasi Jaringan

Kemanan Fisik
Keamanan Fisik ialah metode yang menfokuskan pada taktik untuk mengamankan pekerja atau anggota organisasi, aset fisik, dan kawasan kerja dari banyak sekali ancaman. Biasa yang diserang dalam kemanan fisik yaitu sebuah perangkat hardware yang digunakan.
Contoh : Wiretapping yang merupakan jenis  serangan melalui physical security yang berhubungan
dnegan terusan ke kabel atau komputer yang digunakan.

Keamanan Data dan Media
Keamanan Data merupakan jenis keamanan yang bekerjasama dengan kelemahan dari aplikasi software yang dipakai untuk memproses dan megelola data. Kejahatan ini dilakukan oleh seorang yang tidak bertanggung jawab ibarat mencuri password orang lain, mencari data orang lain dengan memasang backdoor atau meyebarkan virus atau trojan, dll. Sehingga orang yang tidak ber tanggung jawab tersebut mendapat password atau hak terusan yang bukan miliknya. 

Kemanan Dari Pihak Luar
Kemanan dari Pihak Luar ialah kemanan yang ada dalam jaringan public untuk memanfaatkan faktor kelemahan atau kecerobohan dari orang memakai jaringan tersebut (klien) ini merupakan salah satu tindakan yang diambil seseorang hacker dan cracker untuk sanggup masuk pada sistem. Hal ini biasanya disebut Social Engineering. Social engineering merupakan tingkatan tertinggi dalam dunia hacking. Cracker ialah orang yang menciptakan sebuah kegiatan untuk mengacak ngacak atau merusak sebuah jaringan, sedangkan Hacker ialah orang yang mencari kelemahan dalam sebuah jaringan. Jangan menjadi Cracker jadilah Hacker.

Keamanan Jaringan
Kemanan jaringan ialah kemanan yang bekerjasama dengan network layer dan transport layer, ibarat ip address, port tcp dan udp. Kemanan jaringan ini yang diserang  port standar jaringan yang terbuka dan mac address. Berhati hatilah dan amankan jaringan anda dengan memakai firewall atau gunakan proxy biar mem-filter dan menentukan hak terusan user yang ingin terhubung ke jaringan kita.

Keamanan Otoritasi Jaringan
Kemanan Otorisasi Jaringan ialah kemanan yang dipakai untuk penggunaan password atau kata sandi bila kita ingin mengakses sesuatu di jaringan. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan hanya user tertentu saja yang diperbolehkan untuk mengakses jaringan, ibarat limit bandwidth, menyeting hak terusan user.

Keamanan Proteksi Virus
Virus ialah sebuah cara untuk menyerang sistem komputer dengan memakai sebuah kegiatan yang sanggup menciptakan sistem mengalami kerusakan fatal dan tidak sanggup diperbarui. Hal yang harus dilakukan sehabis terkena Virus maka harus di repair atapun install kembali.

Keamanan dalam Operasi 
Kemanan ini merupakan jenis keamanan jaringan yang bekerjasama dengan mekanisme untuk mengatur dan mengelola sistem keamanan. Untuk mencegah terjadinya keamanan dalam operasi maka harus dibuat SOP (Standar Operasional Prosedur).