Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Manfaat Menulis Yang Bakalan Bikin Kau Pengin Jadi Penulis

 Manfaat Menulis Yang Bakalan Bikin Pengin Kaprikornus Penulis 6 Manfaat Menulis Yang Bakalan Bikin Kamu Pengin Kaprikornus Penulis


Manfaat menulis - Kebanyakan orang (termasuk saya) bilang kalau menulis itu susah-susah gampang. Gampang untuk memikirkan apa yang akan ditulis, tetapi susah untuk menuangkannya ke dalam kata demi kata.
Sedikit curhat, pertama kali aku menulis sebuah artikel, rasanya susah sekali untuk menuangkan apa yang ada dalam pikiran menjadi sebuah kalimat. Butuh waktu berjam-jam hanya untuk menulis beberapa kalimat (dapat dihitung dengan jari). 
Awalnya aku cuma ikut-ikutan teman, nulis biar kelihatan mirip orang-orang pandai (padahal enggak), kini aku malah jadi ketagihan menulis. Ada kepuasan batin ketika selesai menulis. Selain kepuasan batin, ternyata masih banyak manfaat dari menulis yang aku rasakan. 
Nah, pada kesempatan kali ini akan merangkum ihwal 6 manfaat menulis yang bakalan bikin kau pengin jadi penulis. Simak baik-baik penjelasannya ya...

1. Memiliki Daya Imajinasi yang Baik.

Dengan menulis kita sanggup meningkatkan daya imajinasi kita. Ketika kita menulis maka apa yang kita tuliskan secara tidak pribadi akan tergambarkan dalam pikiran kita. Terlebih lagi jikalau kita suka menulis sebuah cerpen/fiksi/novel dan sebagainya, daya imajinasi kita akan semakin baik. Misalkan kita akan menciptakan cerpen bertema percintaan. Maka kita akan menggambarkan dalam pikiran kita tabiat tokohnya mirip apa, latar ceritanya bagaimana, alur yang baik mirip apa dan sebagainya. Selanjutnya menuangkan anutan tersebut menjadi sebuah cerita.

2. Membuat Hati dan Pikiran Tenang.

Terkadang suatu hal tidak bisa diungkapkan dengan berbicara. Tetapi dengan menulis semuanya sanggup diungkapkan. Di dikala sedih, senang, susah, gelisah, galau, senang apapun itu sanggup tertuang dalam sebuah tulisan. Dengan menulis kita bebas untuk berekspresi.

Baca Juga : 20 Manfaat Membaca Buku Yang Wajib Kamu Ketahui

Dengan menuangkan segala sesuatu ke dalam sebuah goresan pena akan menciptakan hati dan pikiran kita lebih tenang.

3. Membuat Waktu Luang Lebih Berarti.

Berapa usang kau menghabiskan waktu di depan televisi? Berapa usang kau menghabiskan waktu untuk mantengin sosmed? Berapa usang kau menghabiskan waktu untuk main game ? Atau berapa usang waktu yang kau habiskan untuk hal yang tidak bermanfaat ?

STOP...
Jangan sia-siakan waktumu. Isilah dengan acara yang bermanfaat, salah satunya dengan menulis.

Dengan menulis maka wawasan kita akan terus bertambah. Karena kita secara tidak pribadi akan mencari tumpuan sebagai materi rujukan dalam menulis. Dengan demikian maka kita akan mendapat ilmu baru, pengetahuan baru, dan wawasan baru.

Dengan menulis bisa menunjukkan manfaat bagi orang lain. Apa yang kita tuliskan bisa menjadi sumber warta bagi para pembaca goresan pena kita. Dengan demikian maka waktu luang kita akan lebih bermakna.

4. Menjadi Pandai Berbicara.

Dengan menulis otomatis kita berlatih untuk berbicara. Meskipun tidak secara pribadi berhadapan dengan orang banyak, tetapi menulis akan menciptakan kita menjadi pandai dalam berbicara.

Ketika kita mempunyai sebuah wangsit dan ingin menuangkannya ke dalam sebuah tulisan, niscaya kita akan berpikir untuk menyusun kata-kata yang cocok. Selain itu, kita juga akan berusaha merangkai kata demi kata supaya praktis untuk dipahami. 
Dengan menulis maka kosakata juga akan bertambah. Setelah membaca tumpuan (bahan menulis) maka akan mendapat kosakata baru. Tetapi kosakata tersebut tidak akan terspan dengan baik jikalau tidak digunakan. Maka dengan menulis kita sanggup pribadi memakai kosakata gres tersebut. Dengan demikian maka memori kita akan lebih praktis menyimpan kosakata yang baru.

Kesimpulannya dengan menulis kita akan lebih pandai dalam merangkai kata dan mempunyai kosakata yang luas sehingga membantu kita menjadi pandai berbicara.

5. Perekam Sejarah Terbaik.

Ada suatu pepatah menyampaikan kalau goresan pena itu tidak akan lekang oleh waktu. Menurutku itu benar. 

Kalian semua niscaya pernah berguru sejarah kan? Nah, darimana kalian berguru ? Dari buku, majalah, internet, koran, atau apapun itu. Saya hampir yakin 100% semua itu berbentuk tulisan. 

Betapa luar biasanya sebuah tulisan, bisa merekam ratusan juta tahun yang lampau dan masih sanggup kita nikmati gotong royong kini ini. 

Maka dari itu, mulailah menulis. Mungkin apa yang kita tuliskan kini terasa tidak berguna. Tapi berpuluh-puluh tahun mendatang goresan pena kita akan terasa berharga sekali alasannya di dalamnya terkandung momen-momen yang berharga.

6. Mengasah Otak dan Mencegah Kepikunan.

Menulis sangat bersahabat hubungannya dengan berpikir. Dengan demikian maka otak akan bekerja. 
Seperti halnya tumbuhan membutuhkan air, insan butuh makan, maka otakpun butuh asupan supaya tetap terjaga kualitasnya. Salah satunya yaitu dengan menulis.
Baca Juga: 17 Tips Efektif Belajar Bahasa Inggris
Dengan menulis maka otak akan terlatih untuk berpikir positif. Otak akan selalu bekerja sehingga mirip pedang, semakin diasah maka semakin tajam. Sama halnya dengan otak, semakin sering bekerja maka semakin tajam daya pikirnya. 
Jika kita sudah terbiasa untuk menulis, maka otak kita akan semakin terasah sehingga tidak mengalami kepikunan yang dini. 

Nah, itu tadi 6 manfaat menulis yang tentunya sangat bermanfaat bagi kehidupan kita sehari-hari. Yakin masih ogah-ogahan buat nulis ???

Kalau kalian suka artikel ini, silakan dibagikan ke teman-teman kalian supaya lebih banyak yang tahu ihwal manfaat dari menulis yaaa.... Terima kasih telah berkunjung dan hingga jumpa di postingan selanjutnya...
Sumber https://rumahjendelakita.blogspot.com/