Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Meta Tag Facebook Open Graph Yang Friendly Untuk Blog

Meta tag facebook yang berupa open graph sudah dijelaskan untuk pengertiannya pada artikel sebelumnya yang berjudul "Meta Tag Facebook Open Graph Yang Dibutuhkan Blog" namun disini aku akan menjelaskan yang lebih friendly untuk dipasang di web/blog Anda dan menambahkan meta tag untuk thumbnail facebook lainnya.

 yang berupa open graph sudah dijelaskan untuk pengertiannya pada artikel sebelumnya yang  Meta Tag Facebook Open Graph Yang Friendly untuk Blog

Apa Perbedaan Meta Tag Open Graph Yang Friendly Ini?

Meta tag yang digunakan sesungguhnya sama saja, mungkin ada beberapa perhiasan meta tag lainnya. Namun perbedaannya pada meta tag facebook disini melainkan dengan memakai perintah kondisi (condition) yang lebih spesifik. Sehingga info yang diterima pun akan lebih spesifik dan jelas. Terutama pada keadaan beranda (home) dan postingan alasannya yaitu mungkin halaman inilah yang akan sering di share di facebook. Sementara halaman lainnya menyerupai arsip dan page akan lebih jarang atau bahkan tidak sama sekali.

Baca juga "Cara Mengatasi Author dan Deskripsi Blog XXXXX pada Facebook"

Inilah Meta Tag Facebook Open Graph Yang Friendly

Meta tag ini juga digunakan oleh , alasannya yaitu meta tag ini benar-benar aku sendiri yang merancangnya dan yang berdasarkan aku diharapkan oleh blog ini dan juga blog Anda. Pasanglah meta tag pada HTML dengan disimpan dibawah aba-aba <head> ataupun dibawah meta tag lainnya, berikutlah meta tagnya.

<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'> <meta expr:content='data:blog.title' property='og:title'/> <meta expr:content='data:blog.metaDescription' property='og:description'/> <meta property='og:type' content='website'/> <meta content='https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjNAAZEv7q1fBJcYNMR69_Hf7QAYRcq5CqXL6dWF-TZpkUlSF2l7nztsUrhhhbTdWbXHPZ0MqDUwFY8t0Tg3Feq4SLr0TBGyocVGZAGwck191cavMjjpFIlEbrEnXsxELlo9CzBvtq0kCo/s1600/Bloggars.com+%255BHD%255D.png' property='og:image'/> <b:else/> <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'> <meta expr:content='data:blog.pageName' property='og:title'/> <meta expr:content='data:blog.metaDescription' property='og:description'/> <meta property='og:type' content='article'/> <b:if cond='data:blog.postImageUrl'> <meta expr:content='data:blog.postImageUrl' property='og:image'/> <b:else/> <meta content='https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjNAAZEv7q1fBJcYNMR69_Hf7QAYRcq5CqXL6dWF-TZpkUlSF2l7nztsUrhhhbTdWbXHPZ0MqDUwFY8t0Tg3Feq4SLr0TBGyocVGZAGwck191cavMjjpFIlEbrEnXsxELlo9CzBvtq0kCo/s1600/Bloggars.com+%255BHD%255D.png' property='og:image'/> </b:if> </b:if> </b:if> <meta expr:content='data:blog.url' property='og:url'/> <meta content='http://www.facebook.com/asep.ramdan.s.j' property='author'/> <meta content='100000965428282' property='fb:admins'/> <meta content='181289475657353' property='fb:app_id'/>
Catatan:
  • Ubahlah dua url yang berwarna merah dengan url gambar blog Anda. Untuk url yang pertama yaitu bertujuan apabila gambar header tidak cocok alasannya yaitu untuk di share di facebook harus berdimensi 200x200 piksel. Sementara untuk url yang kedua bertujuan apabila postingan Anda tidak memiliki gambar maka akan memakai gambar yang ada pada url.
  • Ubahlah url facebook yang berwarna biru dengan url facebook Anda. Ini bertujuan sebagai author yang nantinya dapat di klik yang menuju halaman profil.
  • Ubahlah id yang berwarna ungu dengan id admin facebook Anda.
  • Ubahlah id yang berwarna orange dengan id aplikasi facebook Anda.

Penjelasan Kondisi Meta Tag Facebook

Sesuai yang ada pada meta tag yang aku berikan tersebut, apabila Anda sudah dapat membacanya yaitu homepageUrl tersebut berfungsi untuk blog apabila pada keadaan (kondisi) di Beranda/Home. Maka meta tag tersebutlah yang akan bekerja misalkan judul blog akan menjadi og:title dan deskripsi blog akan menjadi og:description. Untuk og:type sendiri yaitu sebagai website untuk halaman beranda blog.

Sementara pada kondisi halaman postingan menyerupai artikel ini maka judul artikel akan menjadi og:title dan deskripsi artikel akan menjadi og:description, juga og:type pada postingan yaitu article alasannya yaitu untuk membuktikan bahwa ini sebuah artikel. Namun untuk meta tag yang ada dibawah aba-aba </b:if> itu akan bekerja untuk semua halaman yang ada pada blog Anda. sementara untuk og:image sudah aku jelaskan pada catatan diatas.

Begitulah artikel kali ini yang berisi meta tag facebook open graph yang friendly untuk digunakan pada blog Anda juga beserta penjelasannya. Dengan begitu sekian sudah artikel ini yang berjudul "Meta Tag Facebook Open Graph Yang Friendly untuk Blog", terima kasih sudah membaca di .
Sumber http://www.bloggars.com/