Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nama-Nama Presiden Republik Indonesia Dari Awal Hingga Sekarang, Siapa Sajakah Mereka ?

Presiden Republik Indonesia dari Awal hingga Sekarang  Nama-Nama Presiden Republik Indonesia dari Awal hingga Sekarang, Siapa Sajakah Mereka ?

Indonesia ialah negara kesatuan yang berbentuk republik. Berdasarkan hal itu sanggup disimpulkan bahwa bentuk negara Indonesia ialah kesatuan, sedangkan bentuk pemerintahannya ialah republik. Selain bentuk negara kesatuan dan bentuk pemerintahan, Indonesia juga mempunyai sistem pemerintahan yaitu presidensial. Presiden memegang kekuasaan sebagai kepala negara sekaligus kepala pemerintahan. Tahukah kau siapa saja presiden yang pernah menjabat di Republik Indonesia dari awal hingga sekarang? Artikel ini akan menjawab pertanyaan itu. Tapi sebelumnya mari simak beberapa klarifikasi berikut.

Sistem Presidensial

Berdasarkan situs wikipedia, sistem presidensial merupakan sistem pemerintahan negara republik di mana kekuasaan administrator dipilih melalui pemilu dan terpisah dengan kekuasaan legislatif. Untuk disebut sebagai sistem presidensial, bentuk pemerintahan harus mempunyai tiga unsur, yaitu presiden yang dipilih rakyat, presiden menjabat sebagai kepala negara sekaligus kepala pemerintahan, dan presiden mempunyai kewenangan yang dijamin oleh UUD. 

Baca Juga : Penjelasan Lengkap Pancasila Sebagai Falsafah Budaya Bangsa

Dirunut dari sejarahnya, Indonesia mengalami beberapa kali perubahan sistem pemerintahan. pada tahun 1945-1949 menganut sistem presidensial. Kemudian pada rentang waktu 1949 - 1950 menganut sistem parlementer yang semu. Pada tahun 1950 - 1959, Indonesia masih menganut sistem pemerintahan parlementer dengan demokrasi liberal yang masih bersifat semu. Tahun 1959 - 1966 menganut sistem presidensial orde lama. Tahun 1966 - 1998 menganut sistem pemerintahan presidensial orde baru. Dan tahun 1998 - kini menganut sistem pemerintahan presidensial.

Pengertian Presiden

Presiden ialah suatu nama jabatan yang dipakai untuk pimpinan organisasi, perusahaan, akademi tinggi, atau negara. Presiden berasal dari bahasa latin, prae yang berarti sebelum dan sedere yang berarti menduduki. 

Baca Juga : Penjelasan Lengkap Pancasila Sebagai Ideologi Negara Indonesia

Presiden yang dibahas di sini ialah seorang yang menduduki jabatan tertinggi dalam suatu negara. Atau sanggup dikatakan sebagai orang nomor satu dalam suatu negara. Presiden di Indonesia dipilih melalui pemilu yang dilakukan setiap lima tahun sekali.

Presiden Indonesia yang Pernah Menjabat dari Awal Hingga Sekarang

Dari awal kemerdekaan Republik Indonesia hingga sekarang, terdapat tujuh orang presiden yang terpilih dan memimpin negara Indonesia. Siapa sajakah mereka?

1. Ir. Soekarno

Presiden Republik Indonesia dari Awal hingga Sekarang  Nama-Nama Presiden Republik Indonesia dari Awal hingga Sekarang, Siapa Sajakah Mereka ?
Ir. Soekarno
Ir. Soekarno ialah presiden pertama republik Indonesia. Beliau menjabat sebagai presiden dimulai pada tanggal 18 Agustus 1945 - 12 Maret 1967. Soekarno yang biasa dipanggil Bung Karno lahir di Blitar, Jawa Timur pada tanggal 6 Juni 1901. Beliau meninggal di Jakarta pada tanggal 21 Juni 1970. Ayahnya berjulukan Raden Soekemi Sosrodiharjo dan ibunya Ida Ayu Nyoman Rai. Semasa hidupnya, dia mempunyai tiga orang istri dan dikaruniai delapan orang anak. Dari istri Fatmawati mempunyai anak Guntur, Megawati, Rachmawati, Sukmawati, dan Guruh. Dari istri Hartini mempunyai anak Taufan dan Bayu, sedangkan dari istri Ratna Sari Dewi, perempuan turunan Jepang berjulukan orisinil Naoko Nemoto mempunyai anak berjulukan Kartika.

Baca Juga : Penjelasan Lengkap Wawasan Nusantara

Masa kecil Soekarno hanya beberapa tahun hidup bersama orang tuanya di Blitar. Semasa SD hingga tamat, dia tinggal di Surabaya. Beliau tinggal di rumah Haji Oemar Said Tokroaminoto, politisi kawakan pendiri Syarikat Islam. Kemudian melanjutkan sekolah di Hoogere Burger School. Selepas lulus HBS tahun 1920, pindah ke Bandung untuk melanjutkan sekolah ke Techhnische Hoogeschool atau Sekolah Teknik Tinggi (sekarang berjulukan ITB). Ia berhasil meraih gelar "Ir" pada 25 Mei 1926.

Kemudian, dia meerumuskan fatwa Marhaenisme dan mendirikan PNI pada 4 Juli 1927, dengan tujuan Indonesia Merdeka. Akibatnya Belanda memasukannya ke penjara Sukamiskin, Bandung pada 29 Desember 1929. Delapan bulan kemudian gres disidangkan. Dalam pembelaannya yang berjudul Indonesia Menggugat, dia mengatakan kemurtadan Belanda, bangsa yang mengaku lebih maju.

Pembelaan tersebut menciptakan Belanda makin marah. Sehingga pada Juli 1930, PNI dibubarkan. Setelah bebas pada tahun 1931, Soekarno bergabung dengan Partindodan sekaligus memimpinnya. Akibatnya dia kembali ditangkap Belanda dan dibuang ke Ende, Flores tahun 1933. Empat tahun kemudian dia dipindahkan ke Bengkulu. 

Setelah usaha panjang, Bung Karno dan Bung Hatta memproklamirkan kemerdekaan RI tepatnya tanggal 17 Agustus 1945. Dan pada sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945, dia diangkat sebagai presiden diwakili oleh Bung Hatta.

2. Soeharto

Presiden Republik Indonesia dari Awal hingga Sekarang  Nama-Nama Presiden Republik Indonesia dari Awal hingga Sekarang, Siapa Sajakah Mereka ?
Soeharto
Soeharto ialah presiden kedua Republik Indonesia. Beliau menjabat sebagai presiden semenjak 12 Maret 1967 - 21 Mei 1998. Merupakan presiden yang paling usang menjabat di Indonesia. Beliau lahir di Kemusuk, Yogyakarta tanggal 8 Juni 1921. Bapaknya berjulukan Kertosudiro dan ibunya berjulukan Sukirah. 
Soeharto masuk sekolah di usianya yang ke-8 tahun. Semula disekolahkan di SD Puluhan, Godean. Lalu pindah ke SD Pedes.

Sampai alhasil terpilih menjadi seorang prajurit pola di sekolah Bintara, Gombong, Jawa Tengah tahun 1941. Beliau resmi menjadi anggota Tentara Nasional Indonesia pada 5 Oktober 1945. Soeharto kemudian menikah dengan Siti Hartinah tahun 1941.
Baca Juga : Inilah Sejarah Lambang Garuda Pancasila dan Makna Mendalam pada Setiap Bagiannya
Jenderal Besar Soeharto telah menapaki perjalanan panjang di dalam karir militer dan politiknya. Di kemiliteran, Soeharto memulainya dari pangkat sersan tentara KNIL, kemudian komandan PETA, komandan resimen dengan pangkat Mayor, dan komandan batalyon berpangkat Letnan Kolonel. Pada tahun 1949, dia berhasil memimpin pasukannya merebut kembali kota Yogyakarta dari tangan Belanda kala itu. Beliau juga pernah menjadi Pengawal Panglima Besar Sudirman. Selain itu juga pernah menjadi Panglima Mandala (pembebasan Irian Barat).

Tanggal 1 Oktober, meletus G-30S/PKI. Soeharto mengambil alih pimpinan Angkatan Darat. Selain dikukuhkan sebagai Pangad, Soeharto ditunjuk sebagai Pangkopkamtib oleh Presiden Soekarno. Bulan Maret 1966, Jenderal Soeharto mendapatkan Surat Perintah 11 Maret (supersemar) dari Soekarno. Tugasnya mengembalikan keamanan dan ketertiban serta mengamankan ajaran-ajaran Pemimpin Besar Revolusi Bung Karno.

Karena situasi politik yang memburuk sehabis meletusnya G-30S/PKI, sidang istimewa MPRS pada Maret 1967, menunjuk Soeharto sebagai Presiden dan dikukuhkan sebagai presiden kedua RI pada maret 1968.

3. Bacharuddin Jusuf Habibie

Presiden Republik Indonesia dari Awal hingga Sekarang  Nama-Nama Presiden Republik Indonesia dari Awal hingga Sekarang, Siapa Sajakah Mereka ?
BJ. Habibie
Presiden ketiga Republik Indonesia ialah Bacharuddin Jusuf Habibie. Beliau menjabat sebagai presiden mulai tanggal 21 Mei 1998 hingga 20 Oktober 1999 dan merupakan presiden dengan jabatan tersingkat di Indonesia. Habibie lahir di Pare-Pare, Sulawesi Selatan pada tanggal 25 Juni 1936. Beliau merupakan anak keempat dari delapan bersaudara, pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan RA. Tuti Marini Puspowardojo. Habibie yang menikah dengan Hari Ainun Habibie pada tanggal 12 Mei 1962 dikaruniai dua orang putera yaitu Ilham Akbar dan Thareq Kemal.

Pada tanggal 3 September 1950 bapak Habibie meninggal alasannya ialah serangan jantung. Tak usang sehabis itu, Habibie pindah ke Bandung untuk menuntut ilmu di Gouvernments Middlebare School. Setelah tamat Sekolah Menengan Atas tahun 1954, dia masuk Universitas Indonesia di Bandung (sekarang ITB). Beliau menapat gelar Beliau menerima gelar Technische Hoschschule, Jerman tahun 1960 yang kemudian menerima gelar doktor dari daerah yang sama tahun 1965. Tahun 1967 ia menjadi Profesor Kehormatan di ITB.

Baca Juga : Penjelasan Lengkap Otonomi Daerah

Ia menyabet penghargaan bergengsi Theodore van Karman Award. Setiap ia kembali dari Jerman, ia selalu menjadi berita. Habibie hanya setahun kuliah di ITB, 10 tahun kuliah hingga meraih gelar doktor konstruksi pesawat terbang di Jerman dengan predikat Summa Cum laude. Lalu bekerja di industri pesawat terbang terkemuka MBB Gmbh Jerman sebelum memenuhi panggilan Presiden Soeharto untuk kembali ke Indonesia.

Di Indonesia, Habibie 20 tahun menjabat sebagai Menteri Negara Ristek/Kepala BPPT, memimpin 10 perusahaan BUMN, industri strategis, dipilih MPR menjadi wakil presiden, dan disumpah oleh ketua MA menjadi presiden Indonesia menggantikan Soeharto. Sampai alhasil Habibie dipaksa lengser akhir referendum Timor Timur yang menentukan merdeka. Pidato pertanggungjawabannya ditolak MPR. Beliau pun kembali menjadi warga negara biasa, kembali pula hijrah bermukim ke Jerman.

4. Abdurrahman Wahid

Presiden Republik Indonesia dari Awal hingga Sekarang  Nama-Nama Presiden Republik Indonesia dari Awal hingga Sekarang, Siapa Sajakah Mereka ?
Abdurrahman Wahid (Gus Dur)
Lanjut ke presiden Republik Indonesia yang keempat yaitu Abdurrahman Wahid atau biasa dikenal sebagai Gus Dur. Presiden Gus Dur menjabat semenjak tanggal 20 Oktober 1999 - 23 Juli 2001. 

Gus Dur ialah putera pertama dari enam bersaudara yang lahir di Denanyar Jombang Jawa Timur pada tanggal 4 Agustus 1940. Secara genetik Gus Dur ialah keturunan "darah biru". Ayahnya K.H. Wahid Hasyim ialah putera K.H. Hasyim Asy'ari, pendiri jam'iyah Nahdlatul Ulama--organisasi massa Islam terbesar di Inonesia--dan pendiri Pesantren Tebu Ireng Jombang. Ibunya Ny. Hj. Sholehah ialah putri pendiri pesantrren Denanyar Jombang, K.H. Bisri Syamsuri. Kakek dari pihak ibunya juga merupakan tokoh NU, yang menjadi Rais 'Aam PBNU sehabis K.H. Abdul Wahab Hasbullah. Dengan demikian Gus Dur merupakan cucu dari dua ulama NU sekaligus, dan dua tokoh bangsa Indonesia.

Baca Juga : Istilah-Istilah di Bidang Kepabeanan

Pada tahun 1949, dikala clash dengan pemerintahan Belanda berakhir, ayahnya diangkat sebagai Menteri Agama pertama, sehingga keluarga Wahid Hasyim pindah ke Jakarta. Dengan demikian suasana gres telah dimasukinya. 

Sejak masa kanak-kanak ibunya telah ditandai banyak sekali arahan bahwa Gus Dur akan mengalami garis hidup yang berbeda dan mempunyai kesadaran penuh akan tanggung jawab terhadap NU. Dalam kesehariannya Gus Dur mempunyai kegemaran membaca dan rajin memanfaatkan perpustakaan pribadi ayahnya. Selain itu ia juga aktif berkunjung ke perpustakaan umum di Jakarta. Pada usia belasan tahun, Gus Dur telah dekat dengan banyak sekali majalah, surat kabar, novel, dan buku-buku yang agak serius. Selain itu Gus Dur juga gemar bermain sepak bola, catur dan musik. Beliau juga suka menonton bioskop.

5. Megawati Soekarnoputri

Presiden Republik Indonesia dari Awal hingga Sekarang  Nama-Nama Presiden Republik Indonesia dari Awal hingga Sekarang, Siapa Sajakah Mereka ?
Megawati Soekarnoputri
Presiden Republik Indonesia yang kelima yaitu Megawati Soekarnoputri. Beliau lahir di Yogyakarta tanggal 23 Januari 1947. Sebelum diangkat sebagai presiden, ia ialah Wakil Presiden RI yang ke-8 di bawah pemerintahan Abdurrahman Wahid. Megawati ialah putera sulung dari Soekarno dan Fatmawati. Beliau menjabat sebagai presiden semenjak tanggal 23 Juli 2001 - 20 Oktober 2004. Beliau berasal dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P).

Wanita yang mempunyai nama lengkap Dyah Permata Setyawati Megawati Soekarnoputri ini memulai pendidikannya dari SD hingga Sekolah Menengan Atas di Perguruan Cikini, Jakarta. Sementara, ia pernah mencar ilmu di dua universitas, yaitu fakultas pertanian Universitas Padjajaran, Bandung (1965-1967) dan fakultas psikologi Universitas Indonesia (1970-1972). 

Ia menjadi presiden sehabis MPR mengadakan sidang istimewa MPR pada taahun 2001. Sidang istimewa MPR ini diadakan untuk menanggapi langkah Presiden Gus Dur yang membekukan MPR/DPR dan partai Golkar. Ia dilantik pada tanggal 23 Juli 2001.

6. Susilo Bambang Yudhoyono

Presiden Republik Indonesia dari Awal hingga Sekarang  Nama-Nama Presiden Republik Indonesia dari Awal hingga Sekarang, Siapa Sajakah Mereka ?
Susilo Bambang Yudhoyono
Susilo Bambang Yudhoyono ialah presiden RI ke-6. Berbeda dengan presiden sebelumnya, dia merupakan presiden pertama yang dipilih eksklusif oleh rakyat dalam proses pemilu. Lulusan terbaik AKABRI yang dekat disapa SBY ini lahir di Pacitan, Jawa Timur tanggal 9 September 1949. Beliau menjabat sebagai presiden semenjak 20 Oktober 2004 hingga 20 Oktober 2014. 

Ia terpilih sebagai presiden dalam pemilu presiden tahun 2004. Ia berhasil melanjutkan pemerintahannya untuk periode kedua dengan kembali memenangkan pemilu presiden tahun 2009. Sejak masa reformasi, SBY merupakan presiden Indonesia pertama yang menuntaskan masa kepresidenan selama 5 tahun dan berhasil terpilih kembali untuk periode kedua.

Yudhoyono yang dipanggil "Sus" oleh orangtuanya melewatkan masa kecil dan remajanya di Pacitan. Ia merupakan seorang pensiunan militer. Karir militernya terhenti dikala ia diangkat sebagai menteri pertambangan dan energi oleh Gus Dur pada tahun 1999, dan tampil sebagai salah seorang pendiri Partai Demokrat. 

Baca Juga : Cerpen Motivasi - Adi Sang Pejuang Mimpi

SBY mempunyai seorang istri berjulukan Kristiani Herawati, merupakan putri ketiga almarhum Jenderal (purn) Sarno Edhi Wibowo. Pensiunan jenderal berbintang empat ini ialah anak tunggal dari pasangan R. Soekotjo dan Sitti Habibah. Beliau dikaruniai dua orang anak, yaitu Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono.

7. Joko Widodo

Presiden Republik Indonesia dari Awal hingga Sekarang  Nama-Nama Presiden Republik Indonesia dari Awal hingga Sekarang, Siapa Sajakah Mereka ?
Joko Widodo
Ir. H. Joko Widodo atau lebih dekat disapa Jokowi ialah seorang yang lahir di Surakarta, Jawa Tengah pada tanggal 21 Juni 1961. Beliau merupakan presiden ke-7 Republik Indonesia. Ia mulai menjabat sebagai presiden semenjak tanggal 20 Oktober 2014. Ia terpilih sebagai presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla sehabis memenangkan pemilu presiden 2014. Jokowi pernah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta semenjak 15 Oktober 2012 hingga 16 Oktober 2014 didampingi oleh Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Sebelumnya dia ialah Wali Kota Solo semenjak 28 Juli 2005 hingga 1 Oktober 2012. 

Joko Widodo berasal dari keluarga sederhana. Bahkan, rumahnya pernah digusur tiga kali dikala ia kecil. Beliau bisa menuntaskan pendidikannya di fakultas kehutanan Universitas Gajah Mada. Setelah lulus, ia menekuni usahanya sebagai pengusaha mebel. Karier politiknya dimulai dengan menjadi Wali Kota Solo pada tahun 2005. Beliau mulai dikenal sehabis dianggap berhasil mengubah wajah Solo menjadi kota pariwisata, budaya, dan batik. Jokowi berhasil memnangi pilkada Jakarta 2012. Kemenangannya dianggap mencerminkan santunan terkenal untuk seorang pemimpin muda dan bersih.

Baca Juga : Cara Jitu Selalu Semangat Setiap Hari

Semenjak terpilih sebagai gubernur, popularitasnya terus naik. Akibatnya muncul perihal menjadikannya sebagai calon presiden untuk pemilu 2014. Pada tanggal 14 Maret 2014, Jokowi mendapatkan mandat untuk maju sebagai calon presiden dari Megawati.

Nama Lengkap : Ir. H. Joko Widodo
Nama Alias : Jokowi
Agama : Islam
Tempat Tanggal Lahir : Surakarta, 21 Juni 1961
Hobby : Membaca dan Travelling
Istri : Ny. Hj. Iriana Joko Widodo
Anak : Gibran Rakabuming Raka - Kahiyang Ayu - Kaesang Pangarep
Ayah : Noto Mihardjo
Ibu : Sudjiatmi

Pendidikan
  • SMP NEGERI 1 SURAKARTA
  • SMA NEGERI 6 SURAKARTA
  • UNIVERSITAS GAJAH MADA FAKULTAS KEHUTANAN

Penutup

Demikianlah ulasan dari Rujend seputar Presiden Republik Indonesia yang pernah menjabat dari awal hingga sekarang. Semoga bisa membantu menambah luas wawasan Anda. Kalau ada kesalahan, silakan koreksi di kolom komentar ya...

Terima kasih telah berkunjung. Sampai jumpa di postingan Rujend berikutnya...

Sumber https://rumahjendelakita.blogspot.com/