Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Gampang Menciptakan Dan Setting Subdomain Di Blogger

Sekarang saya akan menjelaskan mengenai Cara Praktis Membuat dan Setting Subdomain di Blogger (blogspot), sesudah artikel sebelumnya yang menjelaskan bahwa blog memiliki blog demo gres dan kini saya akan menjelaskan bagaimana cara menciptakan subdomain yang digunakan di blog demo tersebut. Hanya dengan bermodalkan satu domain saja Anda sudah dapat menciptakan subdomain dari domain tersebut yang artinya meskipun Anda tidak memiliki hosting.

Awalnya saya mencari-cari mengenai hal tersebut, agar dapat menciptakan subdomain tanpa memiliki hosting. Tapi ternyata sangat jarang bahkan susah mendapat cara atau tutorialnya sebab kebanyakan tutorial menciptakan subdomain dengan memiliki hosting sendiri. Mungkin saya hampir sudah malas untuk memcarinya hingga saya menanyakan pada penyedia domain blog yang saya ini yaitu di IDwebhost dan katanya "Untuk menciptakan subdomain harus memiliki hosting bapak", kira-kira begitulah jawabannya.

Baca juga "3 Tahap Cara Mengganti Domain BLOGSPOT menjadi Domain TLD"

Namun saya mencoba untuk mencari lagi dan kesudahannya saya mendapat bagaimana caranya agar hanya bermodalkan domain saja tanpa harus menyewa hosting. Kemudian saya pun menemukan caranya di http://www.aditya-web.com/ dengan author Aditya Nugroho, meskipun ada sedikit perbedaan dari tutorial yang ada di sebab berubahnya pengaturan blogger atau mungkin layanan penyedia domainnya tetapi ini bahkan sangat mempermudah bagaimana cara setting dnsnya.

Cara Membuat dan Setting Subdomain di Blogger (Blogspot)

Sekarang saya akan menjelaskan mengenai  Cara Praktis Membuat dan Setting Subdomain di Blogger
Masuk kedalam pokok pembahasan yaitu bagaimana cara menciptakan dan setting subdomain di blogger, subdomain sendiri dapat disebut anak dari domain utama misalkan domain Anda adalah domain.com maka dapat menciptakan subdomain menjadi sub.domain.com. Kira-kira begitulah pengertian singkatnya wacana subdomain, kini Anda simak bagaimana cara membuatnya pada klarifikasi berikut.

A. Pengaturan Pada Blogger

  1. Pertama Anda harus sudah dalam keadaan login pada Blogger dan pastikan bahwa Anda sudah memiliki satu domain.
  2. Pada Dashboard Blogger, masuk ke > "Pengaturan" (Settings) kemudian > "Dasar" (Basic). Setelah itu klik pada "+ Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda" (+ Setup a 3rd party URL for your blog).

  3. Sekarang saya akan menjelaskan mengenai  Cara Praktis Membuat dan Setting Subdomain di Blogger

  4. Ketikan subdomain sesuai yang Anda riset sebelumnya dengan domain utama blog Anda pada kolom yang ada. Contoh ibarat berikut demo.bloggars.com, dan demo tersebut yaitu subdomain yang saya buat dari domain utamanya yaitu bloggars.com. Kemudian sesudah itu klik "Simpan" (Save).

  5. Sekarang saya akan menjelaskan mengenai  Cara Praktis Membuat dan Setting Subdomain di Blogger

Setelah melaksanakan langkah-langkah diatas tersebut, maka kini kita akan masuk ketahap dimana Anda akan setting DNS pada cpanel domain di penyedia domain yang Anda beli. Semua pengaturan pada cpanel domain sama saja namun sebab saya memakai IDwebhost maka ibarat inilah penjelasannya.

Baca juga "Cara Daftar dan Hosting Javascript dan CSS di GitHub"

B. Setting DNS di Cpanel Domain IDwebhost

  1. Pertama login terlebih dahulu di http://member.idwebhost.com/ atau di Cpanel domain Anda di penyedia domain lainnya.
  2. Lalu sesudah login, Anda masuk ke halaman "Domain".

  3. Sekarang saya akan menjelaskan mengenai  Cara Praktis Membuat dan Setting Subdomain di Blogger

  4. Pada halaman domain, Anda klik "Kelola Domain" kemudian > "Manage Nameserver" untuk memanage domain Anda.

  5. Sekarang saya akan menjelaskan mengenai  Cara Praktis Membuat dan Setting Subdomain di Blogger

  6. Kemudian pada halaman Managing, klik pada "Alat Pengelolaan" dan masuk ke > "Kelola DNS" untuk setting DNS domain.

  7. Sekarang saya akan menjelaskan mengenai  Cara Praktis Membuat dan Setting Subdomain di Blogger

  8. Pada halaman kelola dns domain, masukan record gres ibarat ini. Pada Nama Host masukan Subdomain yang tadi ibarat pola demo, untuk Jenis Records pilih CNAME (Alias), sementara untuk alamat sama dengan www yaitu ketikan ibarat ini ghs.google.com dan untuk Priority dikosongkan saja. Setelah semuanya diisi maka klik "Simpan Perubahan" untuk menyimpan record gres tersebut.

  9. Sekarang saya akan menjelaskan mengenai  Cara Praktis Membuat dan Setting Subdomain di Blogger

Setalah Anda melaksanakan semua langkah-langkah yang saya berikan dalam menciptakan subdomain di blogger. Maka sesudah itu coba Anda untuk mengunjungi blog yang gres dibentuk dengan alamat subdomain tersebut. Apabila muncul pesan ibarat ini "Blog yang biasanya ada disini ketika ini berada di http://sub.domain.com/." Maka blog sudah dialihkan dan cobalah untuk klik pada "Ya" ibarat pada gambar apabila belum dapat di kanal urlnya maka Anda harus menunggu hingga 24 jam.

Sekarang saya akan menjelaskan mengenai  Cara Praktis Membuat dan Setting Subdomain di Blogger

Apabila keesokan harinya blog dengan alamat subdomain yang gres saja dibentuk sudah dapat diakses maka tahapan dalam menciptakan subdomain dan setting subdomain di blogger sudah berhasil dan kini Anda sudah memiliki blog dengan alamat subdomain yang baru, selamat.

Baca juga "4+1 Tips Yang Harus Dilakukan Setelah Blogspot Menjadi Domain TLD"

Mungkin begitulah artikel saya untuk kali ini yang membahas mengenai "Cara Praktis Membuat dan Setting Subdomain di Blogger", terima kasih sudah mengunjungi dan sudah membaca artikel ini. Apabila ada yang belum dipahami Anda dapat tanyakan pada kolom komentar dibawah.
Sumber http://www.bloggars.com/