Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

How To Make Sketchbook Tutorial : Menciptakan Buku Denah Sendiri

Halo teman pengunjung setia  UHO How To Make Sketchbook Tutorial : Membuat Buku Sketsa Sendiri

Halo teman pengunjung setia UHO, saya kembali update perihal sesuatu yang bertema kerajinan tangan.

Kali ini saya ingin menunjukkan sketchbook buatan saya sendiri dengan materi bahan yang gampang diperoleh apalagi kalau kau ialah mahasiswa arsitektur. Di simpulan postingan, saya akan menawarkan link ke video tutorial dari cara pembuatan buku skema ini.

Teknik yang digunakan untuk menciptakan sketchbook seukuran A5 ini disebut coptic stich Bookbinding. Jujur saya nggak tau maksud dari istilah ini. Tapi yang pasti, teknik ini hanya memerlukan benang dan jarum untuk menyatukan tiap lembarannya.

Halo teman pengunjung setia  UHO How To Make Sketchbook Tutorial : Membuat Buku Sketsa Sendiri

Saya berguru cara mebuat buku skema ini dari channel youtube Sea Lemon. Channel ini recommended banget buat kalian para pecinta seni dan suka bikin sesuatu yang kreatif. Disana, selain kalian akan menemukan banyak sekali macam cara menciptakan Notebook dan Sketchbook, Pemiliknya juga menciptakan beberapa video perihal doodle, menciptakan pattern, dan hal hal kreatif lainnya.

Halo teman pengunjung setia  UHO How To Make Sketchbook Tutorial : Membuat Buku Sketsa Sendiri
Buku gambar A3
Sketchbook ini saya buat dari buku gambar A3 sisa dari kiprah Studio Perancangan Arsitektur 2 kemarin. Makara kertas A3-nya dibagi 2 kemudian dilipat. Bahan untuk menciptakan cover sanggup berupa dupleks, yang sanggup dengan gampang kalian temukan di toko alat tulis. Tetapi, alasannya ialah malas beli dupleks, saya menentukan memakai cover dari buku gambar A3 dengan menyatukan 4 lembar sampul seukuran Kertas yang telah dilipat tadi memakai lem semoga lebih tebal dan kaku.

Jika semua materi telah siap, maka dilanjutkan dengan proses penyatuan tiap lembaran buku skema memakai benang. Proses ini butuh kesabaran dan ketelitian semoga benang jahitnya tidak terlilit yang sanggup menyebapkan kau frustasi. Pastikan jahitanmu kencang dan rapi semoga skechbook yang dihasilkan tidak mengecewakan. Gunakan pula benang yang mempunyai ukuran tidak mengecewakan besar untuk mendapat jahitan yang besar lengan berkuasa dan tidak gampang lepas.


Sketchbook yang telah jadi sanggup kau isi dengan apa saja. Entah itu skema bangunan, doodle, atau apapun yang membuatmu senang. Jujur selama menciptakan buku skema ini saya sangat terhibur dan rileks. Saya harap kalian pun sanggup mencicipi hal yang sama.



Karena dibentuk dengan teknik menjahit menyerupai buku hardcover, buku skema ini sangat nyaman digunakan untuk menciptakan gambar. Jahitan buku yang tidak ditutupi menciptakan kesan vintagenya sangat terasa. Kita pun sanggup menciptakan dalam banyak sekali ukuran. Kunci utamanya ialah menguasai teknik menjahitnya dengan baik. Jika tekniknya sudah dikuasai, maka kita sudah sanggup berkreasi sesuai keinginan.




Dipostingan selanjutnya nanti saya akan membagikan isi dari sketchbook yang telah saya buat ini. Kenapa bukan sekarang? Karena isinya masih kosong, heheh. Klik di Sini untuk menuju video tuotrial dari Sea Lemon perihal cara pembuatan Sketchbook dengan teknik Coptic Stich Bookbinding.


Jangan ragu untuk memberikan apa yang kalian pikirkan di kolom komentar.
I'm looking forward to seeing you in my next post.
bye...