Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membedakan Ram Ddr 1, Ddr 2, Ddr 3 Dan Ddr 4

Cara Membedakan RAM ( Random Access Memory ) DDR 1, DDR 2, DDR 3, dan DDR 4 - Teknologi isu kini ini sudah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Salah satu perangkat dari kemajuan teknologi isu yaitu munculnya penggunaan PC (Computer Dekstop) atau laptop yang merupakan bentuk fisik dari komputer yang dipakai untuk banyak sekali macam keperluan. Saat ini PC dan juga laptop sudah banyak terlihat di pasaran dengan beranekan ragam spesifikasi, mulai dari spesifikasi tingkat rendah yang biasa terdapat pada PC kantoran yang hanya dipakai untuk office word dan excel, sampai pada perangkat PC atau laptop yang mempunyai spesifikasi tingkat tinggi yang dipakai untuk full gaming.
Makara sebelum anda tetapkan untuk membeli perangkat canggih ini, anda harus menyesuaikan kebutuhan atau keperluan dengan spesifikasi PC atau laptop yang ingin dimiliki. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli atau merakit sebuah PC :

  1. Kualitas prossesor.
  2. Kapasitas memory, baik itu harddisk atau memori jalan masuk acak.
  3. Kualitas VGA Card.
  4. Ukuran layar monitor.
  5. dan lain-lain.
RAM (Random Access Memory)
RAM yaitu salah satu perangkat paling penting yang harus dimiliki oleh sebuah PC atau laptop. RAM Komputer merupakan memory daerah penyimpanan sementara pada ketika komputer dijalankan dan sanggup diakses secara acak atau random. Fungsi dari RAM yaitu mempercepat pemprosesan data pada komputer. Semakin besar kapaistas RAM yang dimiliki, maka kinerja komputer tersebut juga akan semakin cepat.
DDR yaitu abreviasi dari Double Data Rate. DDR merupakan pengembangan dari SDR SDRAM (Single Data Rate Synchronous Dynamic Random Access Memory ). DDR SDRAM mempunyai karakteristik kecepatan dua kali lipat dari SDR SDRAM yang diperoleh alasannya efisiensi pengiriman data melalui efisiensi sinyal clock terhadap waktu. Jika SDR SDRAM hanya mengirim data pada satu transisi clock maka pada DDR SDRAM data dikirim pada dua transisi sinyal clock.

RAM jenis DDR SDRAM dalam dunia teknologi komputer lebih berkembang dari RAM SDR SDRAM. Dalam perkembangannya ada beberapa jenis RAM DDR SDRAM, yaitu DDR atau DDR1, DDR2, DDR3 dan DDR4. RAM DDR pertama atau dikenal dengan DDR1 muncul pada periode prosesor Intel Pentium, kemudian digantikan dengan RAM DDR2 pada periode prosesor DUAL CORE kemudian pada periode prosesor Core i3 digantikan dengan RAM DDR3.
Kini perkembangan RAM DDR telah mencapai versi DDR4. DDR4 merupakan generasi RAM DDR SDRAM yang terbaru pada ketika artikel ini ditulis. Perkembangan RAM DDR ini salah satunya terletak pada kecepatan transfer datanya yang meningkat seiring dengan perkembangan Chipset dan Prossesor. Berikut cara yang bisa anda lakukan untuk mengetahui perbedaan RAM DDR1, DDR2, DDR3, dan DDR4.

Cara Membedakan RAM DDR 1, DDR 2, DDR 3, dan DDR 4

1. Cara pertama yang bisa anda lakukan yaitu dengan melihat goresan pena pada pembungkus perangkat tersebut ketika membeli, alasannya biasanya pabrik pembuat memory sudah melampirkan jenis DDR dari RAM yang mereka jual di pasaran.
2. Cara yang kedua yang bisa anda lakukan yaitu mengetahui perbedaan spesifikasi dari RAM dengan lebih detail.

Berikut Perbedaan RAM DDR1, DDR2, DDR3, dan DDR4.

RAM DDR 1
Ini merupakan generasi pertama dari RAM jenis DDR. Dulu ketika pertama kali keluar, RAM ini dikenal dengan nama DDR saja. Namun kini sehabis muncul generasi berikutnya maka sering sebutan RAM DDR ini menjelma RAM DDR1. RAM ini mempunyai bandwidth dua kali lipat dari RAM SDR SDRAM alasannya bisa mentransfer data pada siklus sinyal clock ketika naik dan turun.
RAM ini mempunyai ciri fisik yang membedakannya dengan RAM versi sebelumnya yaitu jumlah notchnya yang cuma satu berbeda dengan SDR SDRAM yang mempunyai dua notch. Notch yaitu coakan pada PCB RAM yang menjadi panduan ketika memasang RAM.
RAM DDR 1 mempunyai nomor seri PC2100 mempunyai kecepatan sebesar 266 MT/s, Nomor seri PC2700 mempunyai kecepatan 333 MT/s, dan untuk seri PC3200 dengan kecepatan 400 MT/s.

RAM DDR 2
Merupakan generasi kedua dari RAM DDR SDRAM. RAM ini lahir pada periode komputer dual core. Saya masih ingat ketika itu pertama membeli RAM DDR2 sekitar tahun 2008. Perbedaan fisik RAM DDR2 dengan DDR1 yaitu letak notch-nya yang digeser agak ke pinggir.
RAM DDR 2 mempunyai nomor seri PC4200 dengan kecepatan 533 MT/s, nomor seri PC5300 mempunyai kecepatan 667 MT/s, dan PC6400 mempunyai kecepatan 800 MT/s.

RAM DDR 3
generasi penerus dari RAM DDR2. Ciri fisiknya yaitu notchnya digeser lagi agak kepinggir dibanding dengan RAM DDR2. RAM ini lahir pada periode komputer Core i3. RAM DDR3 mempunyai konsumsi daya yang lebih rendah 40% dibanding dengan RAM DDR2. Hal ini memungkinkan RAM DDR3 sanggup dioperasikan pada tegangan 1.5V yang lebih rendah dari RAM DDR (sebesar 2.5V) dan DDR2 (sebesar 1.8V).
RAM DDR3 mempunyai transfer rate antara 800 1600 MT/s dengan kecepatan clock 200–533 MHz. Lebar prefetch dari RAM DDR3 yaitu sebesar 8bit, nilai ini dua kali dari RAM DDR2 yang hanya sebesar 4bit dan empat kali dari RAM DDR yang mempunyai lebar prefetch sebesar 2bit. Pada RAm DDR3 mempunyai fitur gres yaitu ASR (Automatic Self-Refresh) dan SRT (Self-Refresh Temperature). Fitur ini menciptakan RAM DDR3 sanggup secara otomatis mengontrol refresh rate sesuai dengan variasi suhu. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa melihat gambar berikut.

 Teknologi isu kini ini sudah mengalami perkembangan yang cukup pesat Cara Membedakan RAM DDR 1, DDR 2, DDR 3 dan DDR 4


RAM DDR 4
Ini merupakan generasi terbaru dari RAM DDRSDRAM dengan transfer data mencapai 2133 3200 MT/s. RAM DDR4 juga lebih efisien dengan tegangan kerja sebesar 1.2V. Dengan tegangan sebesar 1.2V ini tercatat RAM DDR4 bisa mencapai transfer data rate sebesar 2400 MT/s.
Pada RAM DDR4 terdapat empat grup bank dimana setiap grup bisa menangani operasi secara independen. Hal ini menciptakan RAM DDR4 mempu memproses 4 data dalam satu siklus clock dan membuatnya terang lebih efisien dari RAM DDR3.
Selain itu pada RAM DDR4 juga terdapat fitur gres lainnya menyerupai DBI (Data Bus Pembalikan), CRC (Cyclic Redundancy Check) dan CA paritas. Fitur-fitur ini meningkatkan integritas sinyal RAM DDR4 dan tentu saja meningkatkan stabilitas transmisi data / akses. (wikipedia)

3. Cara yang ketiga yang bisa anda lakukan yaitu melihat sekat yang ada ditengah memori tersebut dengan mata telanjang (cara bodo :D). DDR1 keluaran terbaru mempunyai posisi sekat lebih dari 7 cm sedangkan DDR2 sekatnya berada pada posisi pas 7 cm dan yang terakhir DDR3 mempunyai sekat pada posisi 5 cm lebih. Sehingga kalau dilihat dari posisi sekat lebih terang bagaimana kita membedakan masing-masing memory tersebut, menyerupai gambar berikut.

 Teknologi isu kini ini sudah mengalami perkembangan yang cukup pesat Cara Membedakan RAM DDR 1, DDR 2, DDR 3 dan DDR 4
Diagram Perbedaan Fisik DDR1 DDR2 dan DDR3


Demikian tutorial sederhana mengenai bagaimana membedakan atau cara mengetahui Perbedaan RAM ddr1, ddr2, ddr3, dan ddr4. Semoga bisa bermanfaat and " Happy Blogging "


Sumber https://harmansh.blogspot.com/