Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Totorial Cara Install Dan Konfigurasi Ftp Server Di Debian Versi 9 Full

PENGERTIAN FTP (FILE TRANSFER PROTOKOL)

FTP atau disingkat File Transfer Protokol yaitu sebuah protokol pada jaringan yang digunakan untuk pengiriman file data dan akseptor file data melalui jaringan interkoneksi. FTP yaitu sebuah layanan pada jaringan server yang mempunyai port default 21 dan 20. Biasanya FTP di install pada sistem operasi jaringan baik itu linux ataupun windows. Ada 2 Jenis FTP yaitu FTP server yang menyediakan, mendistribusikan sebagi layananya dan FTP client yang menerima, mengakses FTP server. Pada Kesempatan Kali ini saya akan memperlihatkan pembahasan mengenai Konfigurasi FTP Server di Debian 9 Stretch yang disediakan secara sempurna dan lengkap.

Langkah pertama kalian harus menyiapakan sebuah sistem operasi debian 9 yang sudah di install sebagai server. Jika belum tau cara instalasinya sanggup kunjungi artikel dibawah ini :
Cara Install Debian 9 Stretch Sebagai Server

LANGKAH KONFIGURASI FTP (FILE TRANSFER PROTOKOL) SERVER DI DEBIAN 9

1. Masuk terminal lakukan login user dan password debian kemudian ketikkan perintah apt-get install proftpd -y (untuk menginstall paket ftp servernya)
2. Kemudian masuk ke system konfigurasi ftp servernya dengan mengetikan perintah nano /etc/proftpd/proftpd.conf .
3. Langkah selanjutnya tambahakan script ibarat berikut :
<Anonymous /home/muchib/>
User      admin
</Anonymous>
Keterangkan:
  • Anonymous artinya menciptakan sebuah akun usr gres untuk memperlihatkan hak kanal untuk login ftp.
  • /home/muchib/ftp yaitu kawasan direktori file yang akan di transfer.
  • User yaitu perintah untuk menambahkan user baru.
  • Admin yaitu user untuk login ke ftp server.
  • </Anonymous> yaitu epilog dari pembuka <Anonymous>
4. Buat sebuah direktori gres pada /muchib dengan perintah mkdir ftp lebih jelasnya ibarat gambar dibawah ini.
5. Selanjutnya tambahkan akun gres dengan user admin ketikan perintah adduser admin dan jangan lupa sesudah menambakan lakukan restart ftp biar konfigurasi sanggup berfungsi ketikan perintah /etc/init.d/proftpd restart
6. Kemudian cek menggunakan browser saya menggunakan google chrome untuk pengecekan, pastikan sudah terhubung ke server ketika pengecekan. Dalam pengecekan lihat ibarat gambar dibawah ini.


7. Konfigurasis selesai.

KESIMPULAN DAN SARAN :

Jika kalian inggin menambahkan sebuah file kalian harus memindahkan file data ke /home/muchib/ftp . Kenapa ? Karena disitu yaitu kawasan yang sudah di menetapkan dalam konfigurasi <Anonymous /home/muchib/ftp> . Terima kasih salam untuk teknowik hingga jumpa..