Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Install Routeros Mikrotik Di Virtualbox

PENGERTIAN

Dapat dijelaskan bahwa RouterOS di alamat Disini RouterOS adalah salah satu produk yang, dibentuk oleh perusahaan mikrotik, RouterOS sanggup disebut juga software yang digunakan untuk membangun dalam kebutuhan jaringan. RouterOS mikrotik hanya sanggup di install pada pc komputer sebagai router network sentra atau sanggup di install pada virtualbox sebagai simulasi untuk percobaan.
RouterOS mempunyai iso image sendiri menyerupai halnya iso windows atau linux. RouterOS ini berbasis linux yang didalamnya terdapat terminal cli. RouterOS mempunyai tipe 32 bit dan 64 bit.

Pada artikel kali ini aku akan memperlihatkan sedikit tutorial mengenai cara install routeros miktoik di VirtualBox. Sebenernya sama dengan cara install di pc komputer, yang membedakan cuma simulasi saja. OK eksklusif saja pada pembahasanya.

CARA INSTALL ROUTEROS MIKROTIK DI VIRTUALBOX

1. Kita buat terlebih dahulu virtual machinenya klik tombol new pada virtualbox dan nanti akan muncul menyerupai gambar dibawah ini, di langkah ini kita tambahkan nama dan sistem operasi yang digunakan pada routeros, tadi dijelaskan bahwa sistem operasi routeros yaitu linux pilih linux dan other tipe berapa bit.
2. Langkah selanjutnya akan menentukan RAM yang digunakan terserah anda pilih penyimpanan RAM berapa, lebih banyak RAM nya lebih enteng dan yummy dipakai.
3. Selanjutnya akan tampil menyerupai gambar dibawah ini ikuti saja alurnya dan next.
4. Pilih VDI alasannya kita akan menciptakan dan menginstall sebuah sistem operasi gres yang berjulukan routeros mikrotik.
5. Selanjutnya pilih Dynamic kemudian next untuk lanjut ke langkah berikutnya.
6. Berikan penyimpanan disk yang digunakan tidak usah banyak banyak 1 GB cukup pokok tidak 1 TB. Karena sistem operasi routeros ini ringan tidak membutuhkan penyimpanan banyak. 
7. Dan otomatis virtual machinenya sudah siap digunakan untuk menambahkan inteface port ether, virtualbox sudah menyediakan ethernet sebanyak 4. ether1, ether2, ether3, dan ether4 yang akan dipasang pada interface routeros mikrotik. Untuk mengaktifkan lihat gambar dibawah ini
8. Berikutnya tambahkan iso routeros mikrotik ke dalam storage penyimpanan system pada virtual machine yang dibentuk tadi. Untuk menambahkan lihat menyerupai gambar dibawah ini.
9. Langkah berikutnya kita start eksklusif untuk memulai proses intalasi routeros mikrotik. Dan otomatis proses intalasi akan berjalan menyerupai gambar dibawah ini.
10. Selanjutnya kita pilih package paket atau fitur-fitur routeros mikrotik yang inggin di install. Jika memelih semuanya ketik a dan untuk install ketik i
11. Tunggu install hingga simpulan menyerupai gambar dibawah ini jikalau terdapat enter to reboot silahkan ketik enter dan otomatis akan reboot sendirinya. Disini jangan lupa untuk mencopot dan ejject storage routeros mikrotik.
12. Dan balasannya akan tampil menyerupai ini halaman routeros berhasil di install. Seperti ini lebih jelasnya lihat gambarnya.

KESIMPULAN

Disimpulkan bahwa routeros mikrotik ini hanya sanggup digunakan selama 1 hari saja, Jika inggin lebih dari 1 hari maka kalian install lagi dan lagi. Owh iya routeros dalam mikrotik juga sanggup di remote memakai winbox dengan cara kalian install windows xp pada virtualbox dan buka winboxnya akan otomatis terdapat mac address dari routeros yang kita install di virtualbox. Sekian terima kasih supaya arikek tips dari postingan ini sanggup bermanfaat buat kalian semua. Selamat mencoba dan teruslah untuk mencoba jikalau belum berhasil. Salam TEKNOWIK.