Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghubungkan Mikrotik Ke Internet Dengan Virtualbox

Tutorial Menghubungkan OS di virtual box dengan internet



Sobat semua pastinya sudah pernah menggunakan jasa salah satu provider untuk mendapat kanal internet bukan?, bagaimana perasaan teman dikala mendapat kanal internet?,pastinya teman senang.

Lalu apakah teman mempunyai sebuah laptop atau komputer?,jika teman punya laptop atau PC,pastinya laptop atau komputer teman sudah terinstall sistem operasi bukan?.Jika sudah niscaya teman akan lebih gampang untuk mendapat kanal internet,karena tanpa sebuah sistem operasi teman niscaya kesulitan mendapat kanal ke internet.

Lalu apakah teman sudah tahu perihal sistem operasi yang terinstall didalam sistem operasi?,ya sistem operasi tersebut terinstall didalam sistem operasi.Jadi teman seakan-akan mempunyai 2 sistem operasi.Bila ada teman yang belum tahu bagaimana caranya menginstall sistem operasi didalam sistem operasi,maka teman dapat menggunakan software virtual box untuk melakukannya.Di dalam blog ini sudah ada Tutorial menginstall sistem operasi di virtual box.

Apakah teman sudah dapat menginstall sistem operasi di virtual box?,admin mengganggap teman sudah dapat melakukannya.Apakah teman ingin sistem operasi yang terinstall di virtual box mendapat kanal ke internet?,jika memang ingin mendapat kanal ke internet,yuk simak eksklusif ulasan artikel berikut ini.

Langkah-langkah mendapat kanal ke internet dengan menggunakan OS virtual box.

Dalam tutorial kali ini admin menggunakan Mikrotik untuk menyebarkan kanal internet kedalam OS yang terinstall di virtual box.Mikrotik berperan sebagi guest,jadi topologi jaringannya.


•Pertama silahkan hubungkan terlebih dahulu personal computer atau komputer yang teman miliki ke internet,bebas ingin terhubung melalui WiFi/modem/hotspot.Admin sarankan menggunakan WiFi sebab lebih mudah,silahkan teman mencari WiFi yang berada didekat daerah tinggal sobat.

•Jika sudah berhasil terhubung dengan internet,maka personal computer atau komputer yang teman miliki akan mendapat IP address yang diberikan secara otomatis,anggaplah IP address yang komputer teman miliki ialah 10.10.10.2/24 dan netmask 255.255.255.0.

•Masuk ke pengaturan network and sharing center.Bila tidak tahu bagaimana cara masuk ke pengaturan network and sharing center,admin akan memberi tahu sobat.Caranya
 1.Klik start→Lalu ketik "Network and sharing center".tanpa tanda petik.
 2.sobat ke pojok kanan bawah kemudian cari ikon berbentuk menyerupai monitor,lalu teman klik kanan dan klik network and sharing center.


•silahkan teman ikuti langkah berikut:
 1.klik wireless network connection.(jika terhubung ke internet dengan WiFi).
 2.Klik properties.
 3.Klik tab Sharing.
 4.Ceklis Allow other.
 5.Lalu pilih virtual box host-only network.
 6.selanjutnya klik saja ok.

•oke sudah berhasil menawarkan IP address pada sistem operasi yang terinstall di virtual box,maka secara otomatis IP address sistem operasi yang terinstall di virtual box host-only adapter ialah 192.168.100.2/24.Pada langkah ini sesungguhnya sudah selesai,oke kita cek saja apakah virtual box sudah terhubung dengan internet?,langsung test PING saja ke Mikrotik.


•Jika muncul goresan pena TTL maka konfigurasinya berhasil,jika yang muncul ialah RTO maka matikan dulu windows firewallnya sobat.

•Lalu coba test PING ulang,jika muncul TTL maka berhasil sebaliknya jikalau yang muncul ialah RTO maka konfigurasinya belum berhasil.

•Jika sudah muncul goresan pena TTL langkah selanjutnya ialah lakukan test PING ke 8.8.8.8.


•Jika ada yang belum terhubung ke internet maka teman perlu menambahkan konfigurasi gateway.

•Ini ialah perintah untuk melaksanakan konfigurasi gateway "ip route add dst-address=0.0.0.0/0 gateway=192.168.100.2".lalu enter,ingat tanpa tanda kutip.



admin akan jelaskan sedikit:
 a.0.0.0.0/0 itu ialah untuk mewakili semua tujuan IP address.
 b.192.168.100.2 ialah IP address host.

•Oke lakukan test PING ulang ke 8.8.8.8



•Jika muncul goresan pena TTL maka konfigurasinya berhasil jikalau yang muncul ialah RTO maka ulangi lagi dari awal hingga teman berhasil.

•Selesai.sampai disini router mikrotik sudah terhubung dengan internet.

Bagaimana cara menghubungkan sistem operasi yang terinstall di virtual box ke internet gampang bukan?,jika teman merasa belum terhubung juga ke internet maka teman perlu melaksanakan konfigurasi pelengkap yaitu mengkonfigurasi DNS,admin akan membahasnya pada artikel berikutnya.sampai jumpa sobat.