Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Urutan Kabel Utp Bertipe Straight Dan Crossover

Susunan straight cable dan crossover cable



Pernahkah teman melihat sebuah kabel yang di pasang pada PC atau Komputer?,kabelnya berwarna biru atau abu-abu yaitu kabel yang sering digunakan,kabel tersebut berjulukan UTP(unshielded twisted pair).Tahukah teman tipe apa yang dipakai untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer yang lainnya?.



Kabel yang terpasang di komputer mempunyai 2 tipe,yang pertama yaitu straight cable dan yang kedua yaitu tipe crossover cable.Kedua tipe ini berbeda fungsi namun hampir mempunyai urutan yang sama satu dengan yang lainnya.



Silahkan teman dekati kabel yang terpasang di komputer atau personal computer,lalu cabut dari port tersebut dan coba amati urutan warna pada kabel tersebut,apakah termasuk kedalam tipe straight cable atau crossover cable.



Tapi apakah teman sudah sanggup membedakan mana yang termasuk kedalam tipe straight cable dan mana yang termasuk kedalam tipe crossover cable,jika teman ingin tahu perbedaan dari keduanya yuk simak saja eksklusif ulasan artikel berikut ini.



Perbedaan tipe straight cable dan crossover cable

Dari segi perbedaannya terdapat pada urutan warna dan fungsinya,coba lihat perbedaannya dibawah ini.

Straight cable

•Memiliki urutan warna yang serupa dengan ujung kabel masing-masing.
•berfungsi untuk menghubungkan 2 perangkat yang berbeda,misal personal computer dihubungkan dengan Mikrotik.
•Mudah di rancang
•tampilan sederhana

Dan Crossover cable

•Urutan warna disetiap ujung kabel berbeda satu dengan yang lainnya hanya beberapa ada yang sama.
•berfungsi untuk menghubungkan 2 perangkat yang sama,misalnya ibarat menghubungkan komputer dengan komputer dalam jaringan LAN.
•Agak sulit dirancang alasannya yaitu butuh sedikit kreativitas dalam merancangnya.
•Tampilannya tidak mengecewakan bagus.

Diatas yaitu perbedaan dari tipe straight cable dan crossover cable.Karena teman sudah mengerti perbedaan dari tipe straight cable dan crossover maka langkah selanjutnya,sobat harus mengetahui susunan warna dari tipe straight cable dan crossover cable.

Susunan warna tipe straight cable dan crossover cable.



Dari segi susunannya terlihat terang perbedaan dari keduanya.Ya mungkin alasannya yaitu dari fungsi kedua kabel ini yang berbeda,yang tipe straight cable dipakai untuk menghubungkan 2 perangkat yang berbeda dan yang tipe crossover cable dipakai untuk menghubungkan 2 perangkat yang sama.Oke eksklusif saja masuk kedalam urutan warna kabel UTP tipe straight cable dan crossover cable.

Urutan warna kabel tipe straight cable



Ujung kabel pada bab 1:



1.orange putih.
2.orange.
3.hijau putih.
4.Biru.
5.Biru putih.
6.Hijau.
7.coklat putih.
8.Coklat.

Ujung kabel pada bab 2:



1.Orange putih.
2.Orange.
3.Hijau putih.
4.Biru.
5.Biru putih.
6.Hijau.
7.Coklat putih.
8.Coklat.



Itu tadi urutan warna kabel Unshielded twisted pair atau UTP yang bertipe straight cable.Dan untuk kabel yang bertipe crossover cable yaitu sebagai berikut ini.

Urutan warna kabel Unshielded twisted pair yang bertipe crossover cable



Urutan warna pada bab 1:

1.Orange putih.
2.Orange.
3.Hijau putih.
4.Biru.
5.Biru putih.
6.Hijau.
7.Coklat putih.
8.Coklat.



Urutan warna pada bab 1 sama dengan urutan warna pada tipe straight cable.Dan untuk urutan warna pada bab 2 sebagai berikut ini.



Urutan warna pada bab 2:

1.Hijau putih.
2.Hijau.
3.Orange putih.
4.Biru.
5.Biru putih.
6.Orange
7.Coklat putih.
8.Coklat.

Itu urutan warna pada bab 2.Berbeda bukan dengan urutan warna kabel tipe straight cable pada bab 2?.



Diatas merupakan susunan atau urutan warna pada kabel tipe straight cable dan crossover cable.Terlihat bedanya pada bab 2,dan urutan dari kabel yang bab 2 pada tipe crossover cable agak sedikit berbeda dengan kabel bertipe straight cable.Tapi hening saja hanya pindah posisi saja yang terjadi pada susunan warna kabel Unshielded twisted pair.Jadi teman tidak perlu terlalu susah untuk menghafal susunan atau urutan warna kabel Unshielded twisted pair baik yang bertipe straight cable ataupun yang bertipe crossover cable.



Bagaimana teman susunan atau urutan warna kabel Unshielded twisted pair yang bertipe straight cable dan yang bertipe crossover cable,apakah teman melihat perbedaannya?.Pastinya teman melihat perbedaannya dari kedua tipe kabel tersebut.Cukup hingga disini dulu pembahasan pada artikel kali ini.