Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rpm Naik Jadi 14.100, Tips Membuka Limit Pada Kabel Standar Motor Cbr 250 Rr


Honda CBR 250RR - Kecepatan maksimal Honda CBR 250 RR ketika di tes pada mesin Dyno mentok pada 185 Km/jam beda tipis dengan tes di jalan 179 Km/jam.

Pada versi yang sudah di modifikasi untuk balap, ternyata juga tidak beda jauh. Hanya sanggup 183 Km/jam.

"Bahkan sudah porting juga mentok kisaran 183 Km/jam, tampaknya memang di limit," ujar Angga Kurniawan, pemilik tim Honda V3BKS AR-1 NHK.

Kaprikornus pada transmisi ke 6 motor yang di nobatkan sebagai Bike Of The Year Otomotif Award 2017 ini, dengan memakai ECU standar pada putaran mesin mentoknya hanya 13.000rpm saja. Mungkin untuk safety atau daya tahan mesin.

Tentunya batasan kecepatan maksimal ini membatasi perjuangan meraih waktu lebih cepat biar kompetitif ketika balap. Maka dari itu berexperiment mencari cara biar Speed Limit sanggup dibuka.

"Dari cabut speed sensor, Jumper kabel Gear Position, ternyata tidak ada yang sukses," kata sudirjo, mekanik Honda V3BKS AR-1 NHK yang bertempat di kelapa dua, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

"Terakhir kalinya mencoba tukar kabel gear position, untuk gigi 6 tukar ke gigi 1, ternyata sukses top speed naik hingga 193 Km/jam. Catatan waktu Nico Jullian di sentul juga lebih cepat 2 detik, dari 1:49 sekarang menjadi 1:47," papar Dirjo.

Untuk informasi tambahan, gigi 1 hingga 5 CBR 250 RR sanggup hingga 14.100rpm, sedangkan pada gigi 6 hanya sanggup 13.000rpm.

Karena kabelnya di tukar, gigi 6 sekarang sanggup hingga 14.100rpm. gimana caranya ? Ternyata sangat mudah, hanya memindahkan posisi kabel di soket gear position.

"Yang ditukar posisi antara kabel biru-hitam dan kuning-merah," ucap Dirjo. Kaprikornus ketika gigi 1 gear position akan menampilkan gigi 6, sebaliknya gigi 6 tertera gigi 1.

Pertama tentu fairing kiri biar di lepas, alasannya yakni soket hitam berisi 7 kabel berada di sebelah kiprok. Setelah melepas Soketnya, gunakan alat bantu menyerupai obeng minus yang lebih kecil dan tajam untuk melepas kabelnya. "Pertama lepas plastik putih didalamnya dengan di congkel, kemudian angkat pengunci skun kabelnya dan tarik kabel dari sisi belakang .

Jika sudah tinggal di tukar posisi keduanya. Sekarang top speed sanggup naik dengan ECU standar.