Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perintah Commands Mode Cisco Packet Tracer

PENGERTIAN CISCO

Cisco yaitu nama dari sebuah perusahaan di bidang telekomunikasi yang populer di dunia. Cisco produk no satu dunia yang diakui oleh internasinol dan juga terdapat sertifikasi juga. Cisco jarang ditemui di Indonesia sebab harga yang mahal, tetapi kualiatas dari cisco ini tidak murahan, dengan harga yang mahal pastinya kualiatas bagus. Cisco sendiri memiliki visi yaitu “mengubah bagaimana cara hidup,bekerja,bermain dan belajar”,dan kepingan dari Slogan dari Cisco yaitu “ Selamat tiba kedalam dunia Jaringan “ (welcome to the human network).

PERINTAH COMMANDS MODE CISCO PACKET TRACER

Setiap perintah-perintah di IOS niscaya kita harus masuk ke dalam command mode terlebih dahulu. Dalam melaksanakan pengaturan atau setting perangkat cisco terdapat perintah dasar command line pada perangkat router atau switch cisco yang perlu di perhatikan terdapat 4 mode yang perlu di pahami antara lain :

USER EXEC

User Exec ini yaitu metode saluran yang digunakan pada ketika masuk ke router atau switch pada cisco, disini sanggup melihat informasi-informasi  system dan melaksanakan perintah perintah dasar. Untuk keluar dari mode user exec ketik perintah logout

PRIVILEGED EXEC

Privileged exec ini yaitu tampilan dari user exec mode dengan mengetikkan perintah enable, dari tahap privileged exec pertama harus melaksanakan tahap user exec terlebih dahulu. Untuk keluar dari mode privileged exec ketik perintah disable


GLOBAL CONFIGURATION

Global configuration yaitu daerah yang digunakan untuk konfigurasi setting pada switch atau cisco. Untuk masuk ke dalam global configuration ketik perintah configure. Untuk keluar dari mode global configuration ketik perintah exit atau end, atau tekan 2 tombol control+z.


INTERFACE CONFIGURATION

Interface configuration yaitu daerah yang digunakan untuk masuk ke dalam interface baik itu inteface fastethernet atau gigaethernet dalam router dan switch cisco. Untuk masuk ke interface configuration ketik perintah interface type and number. Untuk keluar dari mode global configuration ketik perintah exit.


Keterangan :

Untuk keluar dari 4 mode diatas tadi maka gunakan perintah command exit atau end. Untuk memahami dari 4 mode diatas lihatlah dalam kurang.