Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Langkah Gampang Mengatasi Aplikasi Yang Sering Crash Di Iphone

Aplikasi di iPhone kau sanggup terjadi crash ibarat jadwal di komputer desktop atau laptop kamu. Sering para pengguna iphone mengeluhkan wacana aplikasi yang dimiliki saat dibuka tiba-tiba keluar sendiri. Hal ini memang disebabkan beberapa hal. Mungkin lantaran kapasitas memori yang besar dan spesifikasi dari iPhone sendiri tidak terlalu mendukung. Mungkin juga lantaran aplikasi yang dimiliki penuh dan jumlahnya terlalu banyak sehingga untuk membuka agak sulit dan keluar sendiri jadinya.

Pada iPhone, aplikasi crash paling sering melanda web browser Safari dan aplikasi Mail. Karena banyak pengguna iPhone yang mengunduh aplikasi pihak ketiga dari App Store, crash sanggup berasal dari aplikasi apa pun.

Kalau kau sering mengalami aplikasi crash, berikut ialah beberapa tips untuk mendapat stabilitas yang lebih baik untuk ponsel kamu.

Sumber Foto: Pexels

Keluar dan Luncurkan Ulang Aplikasi

Langkah pertama dan paling gampang ialah mencoba menghentikan aplikasi yang menjadikan crash dan menyalakannya kembali. Melakukan hal itu akan menghentikan semua proses aplikasi yang berjalan dan memulai dari awal. Kalau aplikasi crash disebabkan oleh beberapa fitur yang sedikit salah, ini harusnya sanggup menyelesaikannya. Pelajari cara menutup aplikasi di iPhone.

Restart iPhone

Aplikasi mungkin crash lantaran ada problem dengan iPhone kamu, bukan dengan aplikasi itu sendiri. Dalam hal ini, cobalah melaksanakan restart. Kamu akan terkejut betapa banyak problem pada iPhone, tidak hanya aplikasi crash, sanggup diperbaiki dengan restart. Restart akan menghapus banyak problem dasar yang muncul dari penggunaan iPhone sehari-hari. Baca artikel ini untuk tahu lebih rincian mengenai dua jenis restart dan bagaimana cara melakukannya masing-masing.

Update Aplikasi Kamu

Jika restart atau menutup aplikasi belum berhasil menyembuhkan crash yang melanda iPhone kamu, mungkin problem tersebut disebabkan oleh adanya bug pada versi aplikasi yang kau jalankan. Pengembang aplikasi secara teratur meng-update aplikasi mereka untuk menuntaskan bug dan menyediakan fungsionalitas baru, sehingga sanggup jadi ada update untuk memecahkan bug yang menjadikan problem kamu. Cukup instal dan kau akan segera terbebas dari masalah. Baca artikel ini untuk mempelajari tiga cara untuk selalu update aplikasi iPhone kamu.

Uninstall dan Install Ulang Aplikasi

Lantas apa yang harus kau lakukan bila tidak ada update aplikasi? Kalau kau yakin aplikasi mana yang menjadikan problem kamu, namun belum ada update untuk itu sekarang, coba uninstall aplikasi dan kemudian instal ulang. Instalasi aplikasi yang gres sanggup membantu. Jika tidak, pilihan terbaik kau mungkin meng-uninstall aplikasi hingga ada perbaikan (tapi setidaknya coba langkah berikutnya terlebih dahulu). Pelajari cara uninstall aplikasi dari iPhone kamu.

Update iOS

Dengan cara yang sama ibarat pengembang aplikasi merilis update untuk memperbaiki bug, Apple secara teratur merilis update ke iOS, sistem operasi yang menjalankan iPhone, iPad dan iPod touch. Update ini menambahkan fitur gres yang keren--dan yang paling penting untuk artikel ini--mereka juga memperbaiki bug. Jika crash belum berhasil diatasi dengan restart ponsel kau atau meng-update aplikasi kamu, ada kemungkinan bug itu ada di dalam iOS itu sendiri. Dalam hal ini, kau perlu update ke OS versi terbaru. Pelajari cara update iOS eksklusif di ponsel kau tanpa terhubung ke iTunes dalam artikel ini.

Hubungi Pengembang Aplikasi

Jika langkah-langkah di atas tidak menuntaskan problem kamu, kau memerlukan santunan mahir (well, kamu sanggup mencoba mengatasi problem ini untuk sementara, dengan perkiraan bahwa pada akhirnya, kau akan mendapat update aplikasi atau OS yang memecahkan masalah, namun kau mengambil tindakkan, kan?). Opsi terbaik kau yakni ialah menghubungi pengembang aplikasi secara langsung. Biasanya ada gosip kontak yang tercantum dalam aplikasi (mungkin di layar Contact atau About). Jika tidak ada, halaman aplikasi di App Store biasanya menyertakan gosip kontak pengembang. Cobalah mengirim email kepada pengembang atau pelaporan dan bug dan kau akan mendapat feedback yang berguna.