Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Perihal Topologi Jaringan

Apa yang dimaksud dengan Topologi?


Selamat tiba di blog saya sobat,pada kesempatan kali ini admin ingin membahas perihal apa yang dimaksud dengan Topologi.Topologi yang ingin admin bahas yaitu topologi dalam jaringan bukan topologi yang lainnya.Sebuah topologi memang erat kaitannya dengan jaringan,karena dengan adanya sebuah topologi maka admin server jaringan sanggup mengetahui jaringannya sendiri.

Tanpa sebuah topologi jaringan,maka admin server dalam jaringan akan kesulitan mendiagnosis permasalahan yang terjadi pada jaringan yang ia bangun.Topologi menjadi hal yang harus di pelajari oleh admin server jaringan.Walaupun terlihat sederhana pada faktanya topologi jaringan sangatlah sulit untuk dibangun dan diterapkan.Penasaran apa yang dimaksud dengan topologi jaringan?,beruntung sekali kini admin akan membahas pengertian dan fungsi topologi jaringan.

Langsung simak aja sobat.

Apakah sahabat sudah pernah bermain di warnet(warung internet)?,pasti jikalau sudah pernah bermain ke warnet(warung internet),maka sahabat akan melihat banyak komputer yang saling terhubung dengan memakai kabel UTP sebagai media penghubungnya.Semua komputer tersebut saling terhubung satu dengan yang lainnya dan sanggup saling berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya.

Tahukah sahabat bahwa jaringan yang terdapat pada warnet(warung internet) mempunyai sebuah metode sebagai penghubung nya.Metode itu sering atau lebih erat di kenal dengan sebutan "TOPOLOGI",metode ini sangat diharapkan bagi para admin untuk menghubungkan komputer-komputer yang mereka punya biar saling terhubung satu dengan yang lainnya.

Topologi juga mempermudah admin server jaringan untuk mendiagnosis permasalahan yang terjadi pada jaringan yang ia bangun.Selain itu topologi juga menjadi jembatan bagi komputer biar gampang di kontrol oleh seorang admin jaringan.

Topologi jaringan merupakan sebuah metode atau cara yang digunakan oleh para admin jaringan biar komputernya saling terhubung dan sanggup dikontrol dengan mudah.Jadi topologi jaringan komputer sanggup menciptakan si admin server memantau apa yang dilakukan oleh komputernya,dan si admin jaringan sanggup membagikan data biar si komputer mendapat hak internet.

Ada 6 Topologi dalam jaringan yaitu;



1.Peer To Peer.


2.Star(paling sering dan banyak peminatnya).


3.BUS(susah jadul).


4.Ring(terlalu gampang mengalami crash data).


5.Mesh(terlalu rumit dan butuh banyak kabel dalam menghubungkan setiap komputer).


6.Tree atau sering disebut juga Hybrida (gabungan dari beberapa topologi jaringan).


Itulah tadi beberapa jenis topologi dalam jaringan,yang banyak dan sering didengar oleh admin jaringan yaitu jenis-jenis topologi jaringan yang admin sebutkan diatas.Mungkin masih ada lagi jenis topologi jaringan yang lainnya,karena sebenernya topologi jaringan yaitu kreativitas seorang admin jaringan dalam mengelola jaringan yang akan ia bangun.

Dalam memasang topologi jaringan memang terbilang sulit dan terlalu banyak membutuhkan waktu dalam prosesnya.Apalagi untuk membangun sebuah topologi jaringan membutuhkan dana yang terbilang cukup besar,membeli sebuah kabel untuk menghubungkan antar komputer juga terbilang cukup menguras dompet.Ditambah lagi untuk membeli banyak sekali alat-alat dalam jaringan.

Admin server jaringan diharuskan mempunyai rasa ketelitian yang lebih biar jaringan berjalan dengan lancar dan tidak mengalami crash data ataupun permasalahan yang lainnya.Memang berat kiprah dari admin server jaringan,walaupun demikian bila sahabat sudah sanggup membangun sebuah jaringan secara utuh dan sanggup digunakan dengan nyaman maka sahabat sudah sanggup disebut admin server jaringan yang baik.

Akan tetapi bila sahabat sudah sanggup membangun sebuah jaringan,maka sahabat sudah menjadi admin jaringan dalam tahap awal.Jadikan membangun sebuah jaringan memang sulit akan tetapi sangat menyenangkan.Oke cukup sekian dulu sahabat pembahasannya.