Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10. Siti Nurjannah-Shofa Fauziyah (Wacana Bahasa Inggris 1)


ANALISIS FRAMING DARI MODEL GAMSON DAN MODIGLIANI BERKAH SEDEKAH DALAM CERAMAH ONLINE DI AKUN YOUTUBE USTADZ YUSUF MANSUR

Siti Nurjanah, Shafa Fauziyah

Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi
UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
  Email : Jannatul.Aila03@gmail.com, Shafafauzy@gmail.com


ABSTRAK

Tulisan ini berisi pesan dakwah dalam ceramah online di akun youtube Ustadz Yusuf Mansur yang membahas taktik dalam sedekah, durasi selama satu jam, tiga belas menit, lima puluh dua detik. Hasil dari penelitian tersebuat bahwa Yusuf Mansur sering menyampaikan bahwa semakin besar keyakinan kita akan kemahaan Allah SWT akan semakin besar pula peluang kita untuk menggapai kesuksesan, baik kesuksesan dunia semacam berharta dan bertahta maupun kesuksesan darul abadi yang berujung masuk surga. Semakin besar perjuangan seseorang dalam kerja keras untuk urusan dunianya harus diiringi dengan besarnya upaya seseorang untuk mendekatkan dirinya dengan Tuhannya. Jika keduanya sudah dilakukan, seseorang pasti akan meraih kesuksesan dunia dan akhirat. Sedekah lebih utama diberikan kepada kaum kerabat atau sanak saudara terdekat sebelum diberikan kepada orang lain. Kemudian sedekah itu seyogyanya diberikan kepada orang yang betul-betul sedang mendambakan uluran tangan. Dahsyatnya bershadaqoh Yusuf Mansur juga sering memberikan rumus menjadi orang kaya. Menurutnya, biar menjadi orang kaya, seseorang harus rajin bersedekah. Alasannya ialah firman Allah yang menyampaikan bahwa orang yang bersedekah akan mendapat ganjaran sepuluh kali lipat. Misalnya, bila seseorang berinfak Rp100.000,00, Tuhan akan membalasnya sepuluh kali lipat menjadi Rp1.000.000,00.
Kata Kunci : Ceramah online ; Berkah, manfaat, Hikmah. Youtube

















PENDAHULUAN 
Islam ialah agama yang diridhoi oleh Allah SWT dan sebagai rahmat bagi seluruh alam semesta melalui Nabi Muhammad SAW. Semasa hidup, ia selalu berbuat baik dengan amalan sholeh ibarat zakat, pertolongan hadiah, hibah dan lain sebagainya. Karena Islam menganjurkan untuk bersedekah dengan tujuan menolong saudara muslim yang sedang kesusahan dan untuk mendapat riḍho Allah.
Sedekah yaitu suatu pertolongan yang diberikan oleh seorang muslim kepada orang lain secara impulsif dan sukarela tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Juga berarti suatu pertolongan yang diberikan oleh seseorang sebagai kebajikan yang mengharap ridho Allah SWT dan pahala semata. Sedekah dalam pengertian di atas oleh para fuqaha (ahli fikih) disebuh sadaqah at-tatawwu berbeda dengan zakat. Sedekah lebih utama bila diberikan secara belakang layar dibandingkan diberikan secara terang-terangan dalam arti diberitahukan atau diberitakan kepada umum.
Bicara perihal “sedekah berbalas” kadang dimaknai banyak orang tampaknya sedekah tapi mengharapkan sesuatu alias sama dengan “tidak ikhlas” “sedekah gak boleh mengharap sesuatu” inilah yang menyebabkan terkadang enggan dan sungkan membicarakan kisah sedekah, padahal ketika ini tampaknya bukan zamannya lagi berfikiran ibarat itu.
Hal ini sejalan dengan hadits Nabi SAW dari teman Abu Hurairah. Dalam hadits itu dijelaskan salah satu kelompok hamba Allah SWT yang mendapat naungan-Nya di hari selesai zaman kelak ialah seseorang yang memberi sedekah dengan tangan kanannya kemudian ia sembunyikan seolah-olah tangan kirinya tidak tahu apa yang telah diberikan oleh tangan kanannya tersebut. Sedekah bisa berupa uang, makanan, pakaian dan benda-benda lain yang bermanfaat. Namun sedekah tidak hanya berbentuk harta melainkan dalam pengertian luas, sedekah bisa berbentuk sumbangan pemikiran, pengorbanan tenaga dan jasa lainnya bahkan senyuman sekalipun.
Dalam melakukan sedekah kita perlu mengetahui taktik bersedekah, karena dominan orang beranggapan bahwa sedekah akan mengurangi harga. Anggapan ini salah besar. Sedekah tidak akan pernah mengurangi harta. Justru sebaliknya, sedekah akan melipat gandakan rezeki sebanyak 10 kali lipat, bahkan 700 kali lipat, bahkan bisa lebih dari itu. Janji Allah pasti benar sesuai dengan Firmanya dalam Qur’an Surat Al-baqoroh ayat 261 sesungguhnya perumpamaan orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, terdapat 100 biji. Disitu Allah melipatkan gandakan pahala atas siapa saja yang Dia kehendaki.
Selain dari strategi, kita pun dibuktikan dengan banyak sekali keajaiban dari berkahnya sedekah yang Allah berikan. Begitu dahsyat dan bahkan tidak terbayangkan sebelumnya. Semua itu karena orang tersebut hanya mengharapkan ridho Allah dan bukan karena orang lain. Kata Ustadz Yusuf Mansur  Jangan menghitung jawaban sedekah dengan matematika manusia, karena tidak akan ketemu hasilnya, tapi hitunglah dengan matematika Allah yaitu matematika sedekah.
Banyak pengusaha sukses yang seringkali di anggap orang-orang yang mempunyai kecerdasan yang hebat. Mereka tidak menyadari apa latar belakang yang membuatnya sukses. Hal ini tidak lain atas dasar karunia Allah SWT. Sebagai mana perjalanan hidup Ustadz Yusuf Mansur yang populer dengan sedekahnya itu. Ia merintis hidup dengan kesabaran hingga ia sukses. Selain itu dalam penelitian ini ia juga telah menerangkan banyak sekali testimoni dari oranglain perihal dahsyatnya sedekah. Dan akad Allah itu sangat terbukti adanya.







TINJAUAN TEORITIS
Dalam ceramah ini Ustadz Yusuf Mansur menyampaikan Bersedekahlah dalam kuantitas yang terasa oleh perasaan. Bagaimana rasanya memberi sedekah 25 rupiah? Bagi kebanyakan orang nilai ini sudah tidak lagi terasa. Untuk seseorang dengan honor 1 juta, maka 50 ribu akan terasa. Bagi yang perpenghasilan 20 juta, mungkin 1 juta gres terasa. Setiap orang mempunyai kadar kuantitas berbeda biar hatinya tergetar ketika menyumbang. Nilai 10 persen biasanya menjadi proposal dalam sedekah (bukan wajib), mungkin karena sejumlah nilai itulah kita akan mencicipi ‘beratnya’ melepas kenikmatan.
Strateginya ibarat ini Umpamanya dalam satu kelas ada 30 anak, 1 anak biaya sekolahnya 20 juta terus saya greatiskan 10 persen. maka tiga anak yag mendapat free, 27 anak bayar. Prtanyaanya anggun ga? (bagus) kalau emang anggun kenapa harus 10 persen gimana kalau 20 persen, jadi yang kita gratiskan 6 anak, yang bayar 24 anak. Keren ga? (keren) lebih keren...kalau saya tambahin 50 persen, dari kuota 30 anak, 15 kita kasih sama orang tidak mampu, sedangkan ia berprestasi.
Selain itu pula dalam analisis yang kedua (Dahsyatnya sedekah) Ustadz Yusuf Mansur menganalogikan seseorang “Udah usang gak bayaran motor, datanglah ujian dari Allah, ente gak bisa bayar motor ente karena tidak ada duit, begitu ketemu bulan ketiga sore ada duit buat angsuran motor 3 bulan yaitu 1.000.000. bayaranya harus besok dan sedangkan malamnya ustadz yusuf mansur datang, suami berkata kepada isrtinya “wah kini ceramahya ustadz yusuf mansur nih tunda saja uangnya dirumah”, tapi kata si istri “apaagi kalau ditunda di rumah bisa-bisa ada yang maling” kesudahannya mereka berkeputusan untuk membawa uangnya ke masjid dengan membuntelnya dengan beberapa buntelan biar gak hilang.

Namun Allah menggerakan hati mereka.

مَآ أَنْزَلْنَا عَلَيْكَ الْقُرْاٰنَ لِتَشْقٰٓى ۙ

2. Kami tidak menurunkan Al Alquran ini kepadamu (Muhammad) biar engkau menjadi susah. (QS. Thoha ayat 2)

إِلَّا تَذْكِرَةً لِّمَنْ يَّخْشٰى ۙ

3. melainkan sebagai peringatan bagi orang yang takut (kepada Allah). (QS. Thoha ayat 3)

Mereka membagikanya uang tersebut ke sobat yang berada di depan, samping, belakangnya.

وَإِذْ أَخَذْنَا مِنَ النَّبِيِّينَ مِيثَاقَهُمْ وَمِنْكَ وَمِنْ نُوحٍ وَإِبْرَاهِيمَ وَمُوسَىٰ
وَعِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ ۖ وَأَخَذْنَا مِنْهُمْ مِيثَاقًا غَلِيظًا

Artinya: “Dan (ingatlah) ketika Kami mengambil perjanjian dari nabi-nabi dan dari kau (sendiri) dari Nuh, Ibrahim, Musa dan Isa putra Maryam, dan Kami telah mengambil dari mereka perjanjian yang teguh”. (QS. Thoha)
Maka tidak usang dari hari itu ia diberikan rizki yang lebih oleh Allah.Alhamdulillah.....
Sedekah sanggup menjadi solusi segala permasalahan yang kita hadapi, karena Allah Swt akan memberi imbalan kebaikan berlipat ganda bagi sedekah yang dilakukan secara terang-terangan maupun sembunyi-sembunyi.” Ustaz Yusuf Mansur juga mengakui bahwa utangnya yang banyak itu dulu sanggup diselesaikan dengan hal-hal ibarat itu mengikuti peraturan Allah. “Saya dulu punya utang banyak, dengan itu juga selesainya. Kaprikornus orang Indonesia harus percaya, ikuti perintah Allah kalau mau selamat,” ujar Ustaz penghafal 30 juz Alquran itu. Lalu, dengan izin Allah semua urusan dan rezekinya dimudahkan, serta pada 2006 semua utang akhir perjuangan bisnisnya yang gagal sanggup dilunasinya. Saat bincang-bincang yang berlangsung di kediaman wali kota Banda Aceh, turut juga dihadiri Kadis Syariat Islam Kota Banda Aceh, Mairul Hazami, dan Kabid Pengembangan Syariah dan Dayah, Wirzaini Usman.
Ustadz Yusuf Mansur menawarkan suatu pertanyaan “Dimanakah letak kedahsyatan hamba-hamba Allah yang bersedekah? Lalu ia mengisahkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Turmudzi dan Ahmad sebagai berikut :
“Tatkala Allah SWT membuat bumi maka bumi pun bergetar. Lalu Allah pun menciptkana gunung dengan kekuatan yg telah diberikan kepadaNya ternyata bumi pun terdiam. Para malaikat terheran-heran akan penciptaan gunung tersebut. Kemudian mereka bertanya? “Ya Rabbi adakah sesuatu dalam penciptaan-Mu yg lebih berpengaruh dari pada gunung?” Allah menjawab “Ada yaitu besi” (Kita mafhum bahwa gunung kerikil pun bisa menjadi rata ketika dibor dan diluluhlantakkan oleh buldozer atau sejenis yg terbuat dari besi). Para malaikat pun kembali berta “Ya Rabbi adakah sesuatu dalam penciptaan-Mu yg lebih berpengaruh dari pada besi?” Allah yg Mahasuci menjawab “Ada yaitu api” (Besi bahkan baja bisa menjadi cair lumer dan mendidih sehabis dibakar bara api). Berta kembali para malaikat “Ya Rabbi adakah sesuatu dalam penciptaan-Mu yg lebih berpengaruh dari pada api?” Allah yg Maha agung menjawab “Ada yaitu air” (Api membara sedahsyat apapun pasti akan padam bila disiram oleh air). “Ya Rabbi adakah sesuatu dalam penciptaan-Mu yg lebih berpengaruh dari air?” Kembali bertanya para malaikta. Allah yang Maha tinggi dan Mahasempurna menjawab “Ada yaitu angin” (Air di samudera luas akan serta merta terangkat bergulung-gulung dan berkembang menjadi menjadi gelombang raksasa yg dahsyat tersimbah dan menghempas karang atau mengombang-ambingkan kapal dan bahtera yg tengah berlayar tiada lain krn dahsyat kekuatan angin. Angin ternyata mempunyai kekuatan yg teramat dahsyat). Akhir para malaikat pun berta lagi “Ya Allah adakah sesuatu dalam penciptaan-Mu yg lebih dari semua itu?” Allah yg Mahagagah dan Mahadahsyat kehebatan-Nya menjawab “Ada yaitu amal anak Adam yang mengeluarkan sedekah dengan asisten sementara tangan kiri tak mengetahuinya.”
Artinya orang yang paling hebat paling berpengaruh dan paling dahsyat ialah orang yang bersedekah tetapi tetap bisa menguasai diri sehingga sedekah yg dilakukan higienis tulus dan lapang dada tanpa ada unsur pamer ataupun impian utk diketahui orang lain. Inilah gambaran yang Allah berikan kepada kita bagaimana seorang hamba yg ternyata mempunyai kekuatan dahsyat ialah hamba yg bersedekah tetapi tetap dalam kondisi ikhlas. Karena naluri dasar kita sebenar selalu rindu akan kebanggaan penghormatan penghargaan ucapan terima kasih dan sebagainya. Kita pun selalu tergelitik untuk memamerkan segala apa yang ada pada diri kita ataupun segala apa yang bisa kita lakukan. Apalagi kalau yang ada pada diri kita atau yang tengah kita lakukan itu berupa kebaikan. Karena tak usah heran seorang hamba yang bersedekah dengan lapang dada ialah orang-orang yang mempunyai kekuatan dahsyat. Sungguh ia tak akan kalah oleh aneka macam selera rendah yaitu rindu kebanggaan dan penghargaan.
Media yang di analisis:
youtube.com/watch?v=MJddTc2NzBA (Dahsyatnya bersedekah)
Analisis ini memakai model Gamson dan Modigliani






HASIL DAN PEMBAHASAN
Analisis (1)
Strategi Sedekah
Framing Devices
( Perangkat Framing )
Reasoning Devices
( Perangkat Penalaran )
Methapors  
Umapamanya dalam satu kelas ada 30 anak, 1 anak biaya sekolahnya 20 juta terus saya greatiskan 10 persen. maka tiga anak yag mendapat free, 27 anak bayar. Prtanyaanya anggun ga? (bagus) kalau emang anggun kenapa harus 10 persen gimana kalau 20 persen, jadi yang kita gratiskan 6 anak, yang bayar 24 anak. Keren ga? (keren) lebih keren...kalau saya tambahin 50 persen, dari kuota 30 anak, 15 kita kasih sama orang tidak mampu, sedangkan ia berprestasi.
Roots
Adanya taktik sedekah ini membuat kita terhindar dari nilai materialisme.
Cathphrases
Mimpi ini ialah bukan mimpi saya, saya pengen mimpi ini ialah mimpi kita semua.
Appeals to principle
Sangat dibutuhkan Saudara biar mau mengajarkan sedekah ini kepada yang lain. Saudara pahami dulu kemudian silahkan Saudara sampaikan kepada yang lain. Juga tentu saja, supaya semakin semangat berbagi, dan paham seluk beluk sedekah.

Exemplar
Strategi dakwah sebagai salahsatu amalan yang bisa kita ajarkan pada anak-anak, Tidak salah bila para guru, para orang tua, mengajarkan sedekah. Supaya berlipat-lipat lagi rizki buat kita. 
Itu belum bicara BONUS++ berupa ampunan Allah, kasih sayang Allah, ridho Allah, surganya Allah. 


Consequenses
Setiap ummat islam mesti tahu taktik sedekah.
Depiction 
Sedekah itu, dan aktivitas sedekah, kudu pake strategi. Semua tujuan, ya buat orang yang berhak.
Jual baju, ya jual aja. Murah ya jual murah. Mahal, ya jual mahal. Keuntungannya yang utamain buat sedekah.

Visual Image



Analisis (2)
Dahsyatnya sedekah
Framing Devices
( Perangkat Framing )
Reasoning Devices
( Perangkat Penalaran )
Methapors
1-1= 10 kenapa?
Ketika kita punya 1 kita bagi sama Allah dengan artian 1 koin buat orang. Maka yang satu ini akan dipulangin sama Allah, dipulangin berapa? Yaitu 10 lipat. Manja’ana bil hasanati falahu asru amtsalihah. “Qs. Al-An’am (6) ayat 160”
Roots
Memberikan sesuatu pada orang lain ternyata tak hanya membuat mereka senang karena kebutuhan mereka yang kesudahannya terpenuhi oleh pertolongan kita. Tetapi memakai harta yang kita punya untuk kebahagiaan orang lain, ternyata benar-benar bisa menawarkan “keajaiban” bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Selain meringankan beban orang lain, sedekah juga menawarkan imbas positif bagi kesehatan. Dan Allah menggantinya seribu kali lipat.
Cathphrases
Hasil bagaimana yang di tanam. Yang ditanam sedikit tumbuhnya juga sedikit
Yang ditanam banyak tumbuhnya juga banyak, yang ditanam gede hasilnya juga gede.
Appeals to principle
Tidak akan berkurang harta seseorang dengan bersedekah,
Exemplar
Tidak sedikit di dalam rumah tangga banyak kontradiksi antara suami istri karena krisis ekonomi, tapi dengan keyakinan mereka sesungguhnya dengan bersedekah sanggup mendatangkan nilai yang lebih, sebagaimana yang terdapat dalam film “kun fayakun”
Consequenses
Jangan soudzon dulu kepada Allah, karena tidak akan ada dilema yang Allah berikan tanpa alasan
Depiction
seorang hamba yang bersedekah dengan lapang dada ialah orang-orang yang mempunyai kekuatan dahsyat. Sungguh ia tidak akan kalah oleh aneka macam selera rendah,
yaitu rindu kebanggaan dan penghargaan. Segala amalan yang kita perbuat, amal baik ataupun amal buruk, semuanya akan terpulang kepada kita. Demikian juga bila kita berbicara soal harta yang kini ada dalam genggaman kita dan kerapkali membuat kita lalai dan alpa. Demi Allah, semua ini datangnya dari Allah yang Maha Pemberi Rizki dan Mahakaya. Dititipkan-Nya kepada kita tiada lain supaya kita bisa bersedekah dan bersedekah dengan sepenuh ke-ikhlas-an semata-mata karena Allah. Kemudian pastilah kita akan mendapat jawaban pahala dari pada-Nya, baik ketika di dunia ini maupun ketika menghadap-Nya kelak.

Visual Image















PENUTUP
Dari uraian di atas sanggup di ambil kesimpulan bahwa defenisi shadaqah dalam agama Islam ialah Suatu pertolongan yang diberikan oleh seorang Muslim kepada orang lain secara impulsif dan sukarela tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu, suatu pertolongan yang diberikan oleh seseorang sebagai kebajikan yang mengharap ria Allah dan pahala semata. Sedekah sanggup menjadi solusi segala permasalahan yang kita hadapi, karena Allah Swt akan memberi imbalan kebaikan berlipat ganda bagi sedekah yang dilakukan secara terang-terangan maupun sembunyi-sembunyi. sedekah gak boleh mengharap sesuatu” inilah yang menyebabkan terkadang enggan dan sungkan membicarakan kisah sedekah, padahal ketika ini tampaknya bukan zamannya lagi berfikiran ibarat itu. Hal ini sejalan dengan hadits Nabi SAW dari teman Abu Hurairah. Dalam hadits itu dijelaskan salah satu kelompok hamba Allah SWT yang mendapat naungan-Nya di hari selesai zaman kelak ialah seseorang yang memberi sedekah dengan tangan kanannya kemudian ia sembunyikan seolah-olah tangan kirinya tidak tahu apa yang telah diberikan oleh tangan kanannya tersebut. Sedekah bisa berupa uang, makanan, pakaian dan benda-benda lain yang bermanfaat. Namun sedekah tidak hanya berbentuk harta melainkan dalam pengertian luas, sedekah bisa berbentuk sumbangan pemikiran, pengorbanan tenaga dan jasa lainnya bahkan senyuman sekalipun.
Dalam melakukan sedekah kita perlu mengetahui taktik bersedekah. karena dominan orang beranggapan bahwa sedekah akan mengurangi harga. Anggapan ini salah besar. Sedekah tidak akan pernah mengurangi harta. Justru sebaliknya, sedekah akan melipat gandakan rezeki. Bersedekah harus pake strategi. Kuncinya ialah niat dan ikhlas. Agar bisa lapang dada harus dilatih. Kita lihat tentara yang hebat pasti tekun berlatih. Atlet yang hebat pasti rajin dan sering berlatih. Demikian pula dalam hal sedekah harus dilatih. Kalau gres pertama sedekah eksklusif dalam jumlah besar, pasti sulit untuk ikhlas. Karenanya harus dilatih biar terbiasa. Telah terbukti pula banyak sekali fenomena keajaiban atau kedahsyatan dari bersedekah, dan letak kedahsyatan hamba-hamba Allah yang bersedekah itu lebih baik dari pada bumi, gunung, api, air dan angin.
       
UCAPAN TERIMA KASIH
Pada kesempatan ini penulis memberikan rasa terimakasih dan penghargaan kepada bapak Dr. Uwes Fatoni, M.Ag selaku dosen pengampu, disela-sela rutinitasnya namun tetap meluangkan waktunya untuk menawarkan petunjuk, dorongan, saran dan aba-aba semenjak rencana penelitian hingga selesainya penelitian ini. Dan semoga penelitian ini bisa bermanfaat khususnya bagi saya dan umumnya bagi kita semua.










DAFTAR PUSTAKA
Format Buku

Hasbiyallah. 2013. Fiqih dan Ushul Fiqih, Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.

Abdul Rahman Ghazali, 2010 Ghufron Ihsan dan Sapiudin Shidiq, Fiqh Muamalat, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rasjid, Sulaiman. 2015. Fiqih Islam, Bandung: Penerbit Sinar gres algensindo.

Hasbiyallah. 2014. Sudah syar’ikah muamalahmu?, Yogyakarta: Penebit Salma Idea.

Rahmat Syafe’i. 2004. Fiqih Muamalah, Bandung: penerbit Pustaka Setia.

Artikel jurnal

             Amin, Suma Muhammad. 2013. “Zakat, infak, dan sedekah modal dan model ideal pembangunan ekonomi dan keuangan modern” dalam Al-Istishad journal of islamic economics Vol 5. No 2 (2013)

             Idwandi, Andi. 2014. “Maslahat memelihara harta dan sistem ekonomi Islam” journal sosial dan budaya syar’i Vol 1, No 1

             Dwipratama, agung Pandu. 2012. “sistem informasi administrasi zakat, infak, dan sedekah” pada tubuh amil zakat nasional.

             Moch, Anif Arifani. 2010. “model pengembangan dakwah berbasis budaya lokal” dalam ilmu dakwah Journal for Homiletic Studies, Vol 5, No 15 (2010)

             Hikmat. 2011. “pesan dakwah dalam bahasa tutur” dalam ilmu dakwah Academic Journal for Homiletic Studies, Vol 5, No 17 (2011)
                                   

Sumber Elektronik

             Julikomunikasi.blogspot.co.id/2014/02/model-analisis-framing-william-gamson. (Dilihat pada tanggal 20 Mei 2017 Pukul 13:45 WIB)  mengenai analisis framing Gamson dan Modigliani

             Duniailmukomunikasi.blogspot.co.id/2011/06/teori-analisis-framing-analisis-bingkai. (Dilihat pada tanggal 20 Mei 2017 Pukul 15:10 WIB) mengenai analisis framing Gamson dan Modigliani


Penjelasan:
Model Analisis Framing William Gamson dan Modigliani
Model ini menganggap frame sebagai cara bercerita atau formasi ide-ide yang tersusun sedemikian rupa dan menghadirkan konstruksi makna dari insiden yang berkaitan dengan suatu wacana. Cara pandang wartawan ketika menyeleksi isu dan menulis isu disebut Gamson dan Modiglani sebagai kemasan (package). Merupakan rangkaian wangsit yang memperlihatkan isu apa yang dibicarakan dan insiden mana yang relevan. Dari pemikiran diatas, model analis framing ini sanggup dilihal pada tabel.
Frame ( Media Package )     
Seperangkat gagasan atau wangsit sentral ketika seseorang atau media memahami dan memaknai suatu isu ( central organizing  idea for making sense of relevant event, suggesting what is at issues). Frame ini akan didukung oleh perangkat wacana lain, ibarat kalimat, kata dan sebagainya. Secara umum, perangkat wangsit sentral ini dikelompokkan menjadi dua, yaitu framing device dan reasoning device.
Framing Devices ( Perangkat Framing )                Reasoning Devices ( Perangkat Penalaran)
    -------------------------------------                                  --------------------------------------------
Berkaitan eksklusif dengan wangsit sentral                        Berhubungan dengan kohesi dan koherensi dari
atau bingkai yang ditekankan dalam                         teks yang menunjuk pada gagasan tertentu.
teks berita. perangkat ini antara lain :                    Artinya ada dasar pembenaran dan penalaran
Pemakaian kata, kalimat, grafik, dan                         alasan tertentu sehingga membuat gagasan
metafora tertentu.



Methapors                                                                                    Roots
---------                                                                                           -----
Perumpamaan atau pengandaian                            Analisis klausal atau alasannya ialah akibat
Cathphrases                                                                       Appeals to principle
-----------                                                                                --------------------
Frase yang menarik, kontras, menonjol           Premis dasar, klaim-klaim moral .Ini suatu dalam wacana biasanya berupa jargon atau slogan.
Exemplar                                                                             Consequenses
--------                                                                                     ------------
Mengaitkan bingkai dengan contoh         Efek atau uraian kosekuensi yang didapat dari yang    
                                                                  Memperjelas bingkai.                                                                        

Depiction                                   
---------
Penggambaran atau pelukisan suatu isu yang bersifat konotatif. Defiction
ini umumnya berupa kosa kata, leksikon untuk melabeli sesuatu.

Visual Image
------------
Gambar, grafik, gambaran yang mendukung bingkai secara keseluruhan.
Bisa berupa foto, kartun atau grafik untuk menekankan dan mendukung pesan

yang ingin disampaikan.

-BAHAN1-DASYATNYA SEDEKAH
DAHSYATNYA SEDEKAH
Assalamualaikum, wr. Wb.
 Allahumma sholi wa salim  wabarik ala sayyidina Muhammadiwa’ali, walhamdulillahirobbil ‘alamin.. saya demen nih melihat wajah ibu-ibu dan bapak disini, nih wajah tanpa dilema nih, biarin hutang banyak yang pentingbelum  kebayar, gak papa dilema banyak yang penting belum selesai, kenapa? Tandanya ita masih di sayang sama Allah. Kita kudu tahu, kita punya dilema kalau belum selesai itu tandanya sebenarnya Allah masih belum percaya sama kita, kali kalau di urusin mah tuh dilema kita sampe lupa lagi jadi orang, kali kalau di selesain dilema kita kemudian lupa lagi sama kite punya iman kesudahannya yang terjadi apa kita punya dilema lagi. Kaprikornus yakin dulu nih hati kita, gampanglah kata Allah hutang mah, gampanglah kata Allah siapa yang pengen punya anak gampang, siapa yang belem kerta pengen kerja gampang, siapa yang pengen punya jodoh gampanglah yang penting kata Allah inget dulu, inget apa inget ama kite punya dosa alasannya ialah barangkali kita punya dilema belum selesai karena kite punya dosa juga belum selesai jadi kita minta ampun ama Allah, jadi nomber satu sebenernya kalau kita punya dilema jangan cari solusi dulu,solusi mah nomber 17 yang kita cari nomber satu ampunan Allah dulu kalu Allah udah ngampunin kita insya Allah semua urusan dilema kita beres insya?Allah. tapi nih pagi nih kita ngaji sesuatu istimewa sesuatu yang kata orang lain mah kuasa ilahi kita nyebutnya kun fayakunya Allah, yasin iiama amruhu.
Kalu Allah udah bilang kun fayakun. Selama ini ka kita mencar ilmu matematika sedekah yah, masih inget? Matematika sedekah? 10-1 berape? 19. 1-1 berape pak? Bukan 0 tapi 10 kenape 10 alasannya ialah ketika kita punya satu, kita bagi nih buat Allah 1 kita sedekahin nih buat orang maka yang satu ini akan di pulangin sama Allah dipulangin berapa, paling kaga 10 kali lepet. Man jaa bil hasanati palahu asru amtsaliha qs. Al an’am 160. Siapa aje yang ngasih satu ama Allah, Allah bakalan tanggung jawab mulangin satu kali lipat. Suatu hari dateng nih seorang supir kita mencar ilmu dulu nih matematika sedekah dari yang paling rendah. Nih sopir tiba nih, kalau ibu bpak sempet main kerumah saya, dirumah saya tuh di pinggiran ada majlis kecil, di mejlis itulah saya suk terima tamu, nah itu tadi th ada yangdateng dengan membawa utang yang belum kebayar, ada yang dateng kemarin tuh kita dongeng suami gak pulang-pulang setahun, ada yang dateng yang gak punya anak setahun, ada yang dateng dia butuh pekerjaan, butuh jodoh macem-macem deh nah ini sopir yang dateng nih, sopir bilang begini “ustadz ... minta amalanya dong” kita nanya ama dia nih, amalan buat apa? Amalan buat naik gajih ustadz, kita tanya ame dia “emang gajinya berapa sekarang? “gaji saya 800rb ustadz, 800rb mah saya bilang udah gede udah bersyukur belum ketika kita nanya udah bersyukur belum die ketawa nih, apa dia bilang “kalau soal syukur mh ustadz saya dari lahir sudah syukur ya karena namanya Abdul Syukur, hahaha....... terus dia bilang jangan di tanya lah soal syukur mah. Yaudah saya bilang mau naik gajih jadi berapa?  Ustadz kalu bisa jadiin satu setengan dah jadi dari 800 jadi 1jt stengah, kita bilang ama dia kalu Cuma minta tamah 1stngah mah enteng, bagaimana??? Kalu kita bikin tuh gajih jadi 3jt, dia ketawa... ustadz mah becanda ahh.... naik 1 stngah juga udah girang ener dia bilang, apalagi jadi 3jt. Enggak kata saya kagak becanda, taneman mah bagaimana tenemanya, hasil mah bagaimana yang di tane, yang ditanem dikit, tumbuhnya juga dikit, yang di tanem kecil, numbuhnya juga kecil, yang di tanem gede numbuhnya juga gede. Kita sosorin tuh ayat yang pertama surat Al-an’an surat 160 tadi tuh (BACAKN) lu bagi satulah ama Allah nanti Allah pulangin 10 kli lipat, yang nomber dua kita sodorin surat atolaq ayat 7 (baacakn). Dan barangsiapa yang sedang disempitkan rizkinya, sedang punya impian termasuk nih sopir pengen gajih naik, simpel kata Allah coba dong sedekah...begitu kata Allah. Ujung tuh ayat Allah yang bikin yang sulit jadi mudah, nih sopir ngerasa nih sulit bener nih naikin gajih udah kerta tahunan gajih tetep segitu, dia bilang anak nambah ustadz kini 5 nih anak tapi honor kagak nambah-nambah kan jadi kurang tuh gajih,begitu kita sodorin nih dua ayat apa dia bilang “oh jadi ini nih ustadz ayat buat naik gajih, saya bilang iya bener lo amalin nih ayat, insya Allah lah lo mau naik gajih berapa tergantung amalan kita, ih dia ngomong begini “ bae ustadz makasih” tinggal pertanyaanya ustadz nih ayat dibacanya kapan? Bearapa kali? Begitu th kelakuan kita tuh, qur’an berenti tuh bacaan tuh padahalkan Allah bilang lewat rosulnya, “jangan cuamn dibaca dong tapi di amalin, supaya terang kita hidup, supaya terang kita punya problem, supaya terang kita punya keinginan, kita suruh berdiri nih orang, pak berdiri deh ceritanya begitu, dia bangun... begitu berdiri kita tanya ama dia bawa duit berapa kini di kantong, emang kebiasaan kita begitu pokonya kita sabung aja deh jeger begitu, belum di liat ustadz, ayo liat dulu, dia buka tuh kantong dia buka dompetnya, dia nyebut ada 100rb ustadz, mariin duitnya, buat apa ustadz? Cepet mariin katanya lo pengen naik gajih 1stngah, cepet sini dai ragu-ragu  nih namun di kasih juga ama kita, tuh duit begitu di pegang di tangan kita, kita ngomong ma dia,  nih kalau situ percaya ma janjinya Allah, manja bil hasanati falahu asru amtsaliha.. maka nih duit bakal di pulangin 1 juta rupiah, begitu kita bilang bakal jadi 1jt apa kata dia? Dia bilang “ahhh kalau emang jadi 1jt saya lapang dada ustadz. Hahahaha..... emang bahilkita mah. Maka Allah bilang begitu tuh supaya kita terangsang gapapa emag udah janjinya Allah begitu, Allah tahu kita pelit, Allah tahu kita bahil, Allah tahu kita pedagang maka dikasih itung-itungan daganganya, sini saya pulangin kini begitu Allah bilang, pualng nih orang. Dateng kira-kira jum’at sabtu dia itung nih,,, “mana nih yang nganterin duit sejuta,hahaa... gua ngasih ama ustadz 100rb nih kemarin eh enggak ada yang dateng, hari minggu dia tungguin enggak ada yang dateng juga, ah selasa gres bubuah tuh. Nah ibu bapak yang dirahmati Allah Rosulullah bilang “ashidaqotu tajliburizki” sedekah mengundang datengnya rizki, si sopir masih jadi sopir, kerja mobilnya sama, majikanya masih yan sama, pa yang beda? Yang beda dia sudah bersedekah, hari selasa dia di panggil ama majikanya “pak temenin saya yuk kemana? Kejawa, berapa hari? Paling dua hari, puang pergi tiga hari lah deket, cilacaplah kira-kira, saya pamit dulu deh pak ama istri “ahh gak usah, bentaran doang kok, ayo kita eksklusif jalan yo... jalan... ternyata akad cuaman dua tiga hari molor, jadi empat lima hari, begitu pulang lagi kke jakarta nih majikan enggak yummy hati, apa kata si majkan, hingga rumah nih “pak bapak panggir dlu gih saya masuk bentaran jangan eksklusif pulang ya, ada titipan nih buat bini di ruamah, si sopir nurut nih, enggak usang majikanya keluar bawa amplop, amplopnya tipis, pak takut bapak di omelin di rumah, ganjel nih verbal istri ama ini.hahahaha kita kan ngaku aja....ngaku dah.... suami usang gak pulang bukanya kita suguhin teh manis dulu, kita suguhin anduk anget, kita semprot gitu kan kemana aja loh. Si mjikanya kewatir maka pikiranya dia kasih amplop tuh bini, kemudian bilang ini bukan uang gaji, ini mah uang pelengkap dari saya, apakah si majikan tahu bahwa si sopir bersedekah? Hingga kemdian dia merasa perlu membela Allah tuhnya enggak kan gak tahu, tapi siapa yang membuat tuh sopir di beri uang tambaan dari Allah lewat si majikan ya Allah. Si sopir kemudian enggak ngira dia pikir yang namanya duit pelengkap masa ie lebih banyak daripada duit gaji. “pak banyak bener, berape? Sejuta... Hah dia kaget,  dia gak ngira 10rb sama 100rb kan sama, selembaranya kan sama engak beda, begitu dia liat lah kayanya 100rb nah gitu udah deh nyenengin istri gak di buka. Ruanya dia mikir, toh kalau gitu mah kemarin toh saya ngasih 200rb.hahaha ia di dompet ada 200 cuman dia kemaren ngeri “kalau gua di bilang  200 di ambil semua nih sama ustadz nih.hahah..  Kagak beres nih usaha, maka dia nyebut 100rb ustadz. Liat innallaha layuhliful mi’ad Allah mah kagak pernah bohong tapi kita yangkurang percaya apa buktinya kalau kita kurang percaya tengaok saja gaya sedekah kita, kita punya duit 100, 50, 20, 5rb, 1rb, kita ngaji nih kencleng lewat berapa tuh yang kita keluarin 1000 kan, 1000 juga ada dua nih ada yang lecek ada yang lempeng yang mana tuh yang lecek tega bener, emang udah nasib kotak dah 1000an, sekalinya ada
yang 50 ya Allah pake dia balik lagi ke mesjid “ pak tolong periksa ada 50an tuh kayanya di otak tuh saya salah naroh tuh tadi.ahahaha emang nasib kotak begitu uh, makanya masjid jangan pake kotak lagi udah pake sorban aja lah, kalau pake sorban mah rada mendingan. Ibu bapak yang di rohmati Allah kalau cuman di bales 10 mah terlau biasa nih alasannya ialah Allah selalu balas dari sekedar 10 kali lipat, contohnya tuh si sulam masih inget kagak tuh sulam siapa tuh tukang ubur naik haji subhanallah, saya tahaduz binikmat tuh naik mersi yang di menangin tuh sama si tukang bubur, tahun 2003 kira-kira bgitu dah, ibunya nih pengen banget berangkat haji dia ngomon ama anaknya nih mungkin gak yah emak bisa nyium hajar aswad, bisa pergi haji, nah pergi haji kan kite tahu uruanya bukan urusan uit api urusan apakah Allah menghendki atau tidak. Mayaftakillahu linasimirohmatin fala mumsikalaha wamayumsik fala mursilalahu mimba’dih, kata siapa yang punya duit simpel pergi haji belum tentu, kata siapa juga yang susah gak punya duit gak pergi haji ya belm tentu juga wahuwal ajijaul hakim,  bolak di tangan Allah. Nih tukang bubur nabung dia kan punya kotak yeh buat kembalian tuh, dia bikin kotak yang kedua, bedanya kotak yang kedua ini buat seekah bagi ibunya, 100, 200, 3000 dia taro disitu, kemudian sebulan sekali tuh tabungan dpindahin ke bank, 2thn dia menabung di bank tuh duit mencapai angkat 5jt  rupiah, di bank tersebut memberkakan satu ketentuan reward, siapa aje yang punya nasabah punya tabungan kelipatan uta rupiah berhak mendapat satu point reward yang hadiahnya mersi new as seharga hampir 1 miliyar rupiah. Si tukang bubur ini dapet, dua tahu kemudian di tlp dia nih, di tlp sama petugs bank “mimpi apa ih bu anis semalem” kata si bu anis enggak tuh gak mimpi apa-apa, “massa gak mipi apa-apa ibu bakal mendapat hadiah gede loh, enggak pak saya gak mimpi apa-apa bener yaudah mimpi gak mimpi ge tetep tiba ke bank kami, jangan lupa yah bawa buku tabungan yag asli, bawa KTP yang asali, bawa kartu keluarga ama buku nikah yang asli, jangan lupa nih satu lagi kata si petugas bank jangan lupa bawa obat puyeng yah.heheheh..... Taku pingsn. Kemudian nih mersi enggak bisa dia tebus kenapa dia tak bisa tebus alasannya ialah pakaknya 25 persen, kemudian tersiar kabar di semarang uuyy ada satu anak yang mahabbah dia punya ibu, kepengen banget nih naik haji tuh ibu, kemudian dia bersedekah di saban hari di kotanya itu, kemidian dia dapet hadiah mersi tapi dia tidak bisa tebus, isu ini kemudian hingga pada teman saya muhammad haji hasan thoha, sama haji hasan nih tu mersi di beli kira-kira hargnya 500jt rupiah, liat si tukang bubur nanem satu Allah bayar bukan cuman 10 tuh, Allah bayar 100 kali lipat, begitu dia nabung hingga 5jt Allah ganti 500jt rupiah. Kalu kita nih, kalau kita punya masalah, kalau kita punya keinginan, ngandelin kita punya otak maka tidak terjadi kecepat yang mengagumkan. Boleh di sabung nih ada warung 1 nh warung kagak andal sodaqoh di sabung ama warung yang andal sodaqoh hasil kesudahannya pasti beda, walaupun gak keliatan di kasat mata ni warung yang ini kemudian rame, laris tapi hasil selesai pasti beda, begitu di cek mah saldo yang ini penyakit banyak,keluarga babak belur, punya dilema ini dan itu, yang ini anteng kan kta mah yang penting duit banyak urusan gak ada itu yang penting buat kita, ini yang disebut dengan keberkahan, liat ada percepatan yang berbeda yang mengagumkan, saya punya  temen ustadz gatot di Surabaya, ibu bapak yang di rahmati Allah dia udah jalan nih bawa duit tiga juta mau ke bank, mau byar nih ONH separo waktu itu 7jt-an pada tahun 94 au 95 tuh,  di tengah jalan di hubungin dia ama adeknya kira-kira kalau bahasa kita nih bang pulang deh bang nih ada urusan dirumah nih butuh duit begitu.. Nih duit di tangan si kakak nih nanya butuh duit berapa tiga juta yassalam... Ini duit emang tiga juta buat pergi haji  lihat matematika kita tadi satu di kurang satu 0 tapi berdasarkan Allah bukan 0. Apa kata si ustadz gatot waktu itu ustadz ana bagi tuh duit, ana bilang pergi haji mah simpel dah insya Allha kalau Allah menghendaki saya punya rizki lagi nanti. Sebulan dua bulan tiga bulan engak ada perubahan, dia pun sudah lupa dengan keinginanya berangkat haji tiba-tiba di bulan kedelapab begitu di tlp dia ama pemda ditanya dia ama pemda nih “ehh ustadz mau pergi haji kagak, kata si ustadz siapa yang kagak kepengen nah kalau kagak kepengen dateng dah ada satu petugas nih yan enggak jadi berangkat, ustadz dipilih nih buat jadi gantiin. Subhanallah ibu liat ketika dia ganti  perginya hajinya ama orang lain cuman separo walaupun dia bayarin Allah kemudian bayari tuh kontan langsung, kenapa saya bilang kalau cuman di ganti 10 mah biasa di ganti 100 mah biasa, ada nih yang Allah ganti lebih dari itu, ada satu dongeng Allah mengganti ampe 1000 kali lipat, dan emang janjinya begitu. “masaluladzi innayun fikuna amwalahum fii sabilillahi kama salihabbah, kamasalihabbatin amwata sab’asana bilafikunli tsubulantimiatu habbah wallahu tudoifi limayasaa. “kalau saya sudah mau membalas kata Allah bukan cuman 10 kali lipat bukan cuman 100 kali lipet, tapi 700 ratus kali lipet atau bakan lebih. Suatu ketika di jawa tengan ada pengemudi  pespa dia engkel nih pespanya nih cek kagak suara nih pespa, sekali lagi gak suara juga malah ngempos, dinunggingin nih pespanya karena dia pikir barangkali bensinya ampir abis, ternyata bener emang bensinya ampir abis, begitu di miringin dikit  eh kemudian dia sela lagi di jalanan dia pengen ngaji nih ingat ni bensin ampir abis hatinya bilang beli bensin dulu kali ya gres ngaji, tapi hati yang sebelahnya lagi bilang kalau beli bensin dulu mudu muter kebelakang padahal pengajian kedepan udah dah ngaji dulu nanti abis ngaji gres beli bensin, di pengajian bertutur perihal sedekah apak kata kiyainya mana qosomalun min shodaqotin balyasdar kagak bakalan brkurang harta yang di sedekahkan buat Allah malahan dia akan bertambah. Siapa yang menikmati akad Allah perihal sedekah ia orang-orang yang bersedekah kalau kagak mah kagak kata si kyai. Begitu sorban si kyai turun ngelewati barisan si pengemudi pespa di cabut nih duit di kantong, ada duit di kantong nih seribu zaman dulu 1000 dapet setengan liter, kalau kini 1000 beli bensin weudeuh kurang. Begitu dia cabut setang menggoda, apa kata setan weuy... Itukan duit buat beli bensin jangan belagu dah miskin ya miskin aja dah pake sedekah  lagi konyol nantinya, itu duit buat beli bensin kalau situ gak beli bensin motor situ mogok, kalau motor situ mogok dorong mau dorong? Setan emang kerjaanya begitu ibu ngegodain, apa kata ia bilang nih duit udah ketanggungan di cabut masa dia di masukun lagi udahlah laa haula wa laa kuwwata apa kata dia bilang dorong-dorong dah,  di masukin nih duti si pulan menang tapi kan setan enggak berhenti dia tungguin bener kejadian. Dalam ayat yang lain Allah menyampaikan innalmushodiqina wal mushodiqoti wa akrodullaha kordon hasana yudoafu lahum walahum ajrungkarim. Enggak bakalan ada orang yang susah karena dia bersedekah, gak ada. Malah bagi dia pahala yang teramat besar, 200 meter dia pulang dari pengajian subhanallah ibu bapak  tu motornya mogok.ahaha kan katanya gak ada yg susah ustadz mengapa dia mogok ya gak tahu begitu tu motor mogok ibu bapak cececek abis setan emang dari tadi mengetawai di ketawain lagi tuh, gua bilang juga apa loh jangan sedekah begini nih jadinya, kalau dia kalah, kalau dia nyesel nih sedekah  kagak bakalan berbuat tapi nih dia orang hebat emang dah waktunya kali, cuman dia nangis juga tuh sambildorong motornya dia netes air mata apa dia bilang, kagak yummy jadi orang susah gres sedekah 1000 dah dorong motor tapi Allah tidak akan pernah membiarkan hambanya susah kecuali itu ujian buat kesabaran dan keikhlasan dia. Baru melangkah kira-kira 10 langkah eh Allah kirim malaikatnya dalam bentuk kijang lewat begitu 100 meter dia berhenti kenapa alasannya ialah dia lewat tuh yang dorong motor temenya jadi mundur nih dia nanya kenapa mas motornya di dorong, bensinya abis, yowis kita cari dah pom bensin. Liat kalaupun dongeng ini berhenti hingga disini tuh orang udah untung dua kali lipet niat beli bensin setengah leter kini di gantiin dua leter. Berangkat nih berdua samapai pom bensin, dalam perjalanan pulang dari pom bensin menuju pespa yang di tinggal nih tmnya ngomong ente untungnya pespa kita nikah nih tahun tapi situ anak udah tiga saya belum kata si pespa saya pikir situ yang untung, situ punyakijang sedangkan saya cuma punya pespa, hus emang kau mau anak di tuker sama kijang.ahaha rupanya timbul simpati dari keduanya si tmnya ngasih uang  mas tak titip yah bilang ke bojo mu tuh do’ain supaya saya bisa punya anak pan jenengan bilang janagn dilihat disini duitnya liat aj a nanti di rumah alasannya ialah saya juga belum tahu nih duit isinya berapa (karena itu duit amplop dari kantornya)  pulanglah si pespa kerumah pas dihat tuh uang isinya 1jt subhanallah. 1000 dagang apaan tuh yang bisa untung sampe sejuta sampe stngah jam impestasi menejer juga enggak ada yang bisa kerja kaya begini ampe 1000 kali lipet dalam waktu kurang dari satu jam cuman Allah nih yang bisa begini, maka Allah ngingetin kita yabna adama, wahai bani dam, wahai anak manusia, a thoitukum fadla saya sudah memberi begitu banyak buat kalian wa saal tukum kordo dan saatnya saya minta pinjeman dari kalian semua, waman athoni syaian siapa yang telah menawarkan kepadaku sesuatu kata Allah dari rizki yang saya berikan kepadanya thoan dengan girang dengan riang, dengan lapang dada dengan ridho, dengan rela ajaltulahu fil’ajil saya akan ganti kontan wa dahortu fil ajil dan sebagianya lagi saya tunda kapan? Kalau kita butuh, kita perlu. Kita pantes ya kaya si tukang bubur rupanya dua tahun kemudian emang Allah beri emang pantes dia tuh begitu kira-kira. Rupanya seribu itupun gres koma tu dari Allah masih ada koma yang lain kapan? Wa dahortu fil’ajil kagak tahu dalam bentk apa Allah berikan fadilahnya yang lain maka ketika kita pengen rejeki banyak pake nih teori ibu bapak sampei rumah ngobrol ame lakinya ama bini ngobrol break down, umpama ibu bapak punya gajih 1jt 750rb turunin, susu anak, kontrakan sekian, angsuran motor sekian, biaya cerewetnya istri sekian.ahahah.... emangkan kudu di sumpel gitu kalau pergi suami apa ibu bilang, wewewey pergi-pergi aja sini dulu masa gak ninggalin ape-ape nih kagak dah ibu-ibu disini mah kagak, lebih cerewet.haa enggak itukan yang belum ngaji yang banyaomong mah yah, kalau yang udah ngaji mah lapang dada suami kawin lagi rela sorgaaa... break down tuh.. begitu diliat semua di turunin biaya ini, biaya itu di jamla tuh, begitu di jamla tertangkap lembap ternyata 3jt, kurang kan tuh apa yang kita lakukan biasanya? 1. Ngutang, jadi w lah kita makhluk-makhluk yang lemah, Allah bilang jangan utang dulu dong kau cari nih pake dulu nih pake potensi ini dulu. Bagaimana caranya supaya di cukupkan Allah? Sedekah di depan.  Waman kudiro alaihi rijkuhu fal yunfiq tah kita sedekah di depan, begitu tahu kita kurang jalan untuk memenuhi yang kita kurang itu bersedekah. Kita bilang ama bini di rumah pak  Begitu dirumah, ibu lihat ini 3jt pengeluaran kta sementara kita punya masukan cuman 1,7 berdasarkan Ustadz yusuf, berdasarkan Qur’an kita beraniin deh sedekah di depan, kita kaliin kaliinnya jangan dua persen kita malu malu... ama agama lain malu... kita pakek teori 10 persen tuh 3jt kali 10 persen=300rb berdasarkan itungan kita 1,7-300 malah jadi tinggal 1,4 tapi berdasarkan Allah kagak kita bakalan punya duit 4,7 dari mana 3jt bakalan dipulangin ama Allah, 300rb bakalan di puangin ama Allah. Kata si istri begini tapikan kita gak punya duit bang EMANG makanya lo copot dong tuh anting.ahahaha ayo sedekah-sedekah-sedekah. Si sopir di awal tadi udah menerangkan begitu dia kak cekrer 800.000 diambil 100.000 kan tinggal 700.000 ternyata Allah berikan pelengkap uang buat dia 1jt  sehingga penghasilan kesudahannya bukan 700 tapi 1,7. Dari mana ustadz jalanya BANYAK kalau Allah udah mau mah banyak bukan cuman dari bos, bukan cuman dari majikan, bukan cuman dari gajih tapi dari banyak hal. Bahkan ibu bapak kalau kita ngamatin nih negeri, neger ini butuh sedekah ni kita liat petaka ada dimana mana, banyak dilema rumah tangga, kalau udah begitu tuh sedekah tuh idah labuda tuh judulnya kenapa? Karena ternyata sedekah tuh bisa ngedatengin ridhonya Allah, lah kalau udah ridho ikhtiar kita pasti berhasil karena yang bikin sedekah itu bisa begini bisa begitu ialah karena Allah mengasihi orang-orang yang bersedekah. Dan kata Allah kalau Allah sudah ridho karena bersedekah itu ada 4: 1. Masalah cepat  selesai, 2. Keinginan simpel trcapai 3. Dosanya pasti di ampunin ama Allah 4. Kita meninggal dengan keadaan husnul khotimah. Banyak yang sekian tahun berumah tangga gak punya anak kemudian mereka pintar bersedekah maka kemudian Allah menawarkan anak buat dia nah ini ukuranya bukan kalian-kalian lagi kalau ibarat ini. ini insiden subhanallah... ada mitra dia 9thn belum punya anak ketika saya hadir di medan dia dateng ke saya ustadz saya udah nonton tuh episode maha kasih yang judulnya mandul itu bisa terjadi ama saya gak yah ustadz, saya bilang ama dia keajaiban Allah terjadi buat siapa aja yang percaya, kalau situ percaya insya Allah Allah juga akan menurunkan keajaiban yang sama, ayo ikut dulu saya bilang begitu ikut training dulu, ikut tuh training wisata ketika itu. Begitu keluar ada testimoni saya bilang am semua penerima Allah lagi ngeliat nih saya bilang berdiri dah kosongin dompetnya, kuras tuh tasnya, kasih ama Allah yang trbaik supaya Allah menawarkan yang terbaik. Begitu keluar dari ruangan dia bilang ustadz saya sudah kosongan tuh dompet do’ain yah ustadz supaya saya punya anak, udah 9 tahun saya sama istri gak punya anak, kata saya kagak mau. Ko gak mau ustadz ia kan ente gres ngosongin ini dompet yangdi ruamah blong. Ibu nih laitan tangan kita tengahnya ada boneka kita liatin nih yang palu nih kita pukul nih tengahnya nih begitu kita pukul nih boneka alat pukulnya naik nih, kalau kita tambahi lagi nih pikulanya nih pukulan melewati sasaran tapi kalau kita dengan kekuatan penuh nih kita ini naeknya begini nih, ini nih yang di sebut lantanalul biro hatta tufiku imma tuhibbun kalau punya dilema dan impian mah tos tosan, punya kontrakan dua pintu belah, sebelah buang buat Allah, punya  tanah tinggal serubu ribunya suami sakit jantung di jagain juga pasti di jual buat operasi  dari pada di jual buat operasi kini kita serahi ama Allah urusanyabagaimana aja dah begitu, begitu kita berani berbuat ini  allah turunin yang namanya lantanalul birro hatta tunfiku mimma tuhibbun, terus saya bilang tuh ama dia saya tiba ke medan tuh malam sabtu, hari sabtu pagi saya pulang dari  medan  saya bicara ame dia “ pak saban minggu pagi di pondok saya ada pengajian nanti dateng ya kita terusin lagi deh ngajinya di sono, orang itu kemudian minggunya eksklusif ada di sini jadi rupanya secepat kilat itu dia dateng kaget juga ketika melihat dia ada di sini, kemudian dia bilang ustadz  saya udah tambahin tuh sedekahnya ustadz do’ain saya yah dia tiba ama ibunya kemari, ama ibunya, ama istrinya, kalau gak salah ama adeknya itu insiden kalau gak salah bulan januari 2006 bulan aril tanggal 29 2006 jam 20:22  tuh orang yang tadi dateng ke pondok kita nih sms kepada saya Allahdulillah istri saya hamil sudah menunggu 9 tahun ini kekuasaan Allah karena kita bersedekah, mengenai saya dengan mukjizat sedekah mohon do’anya. Nih sms dia ketika itu saya ada di bangkablitung ketika saya baca sms nangis saya subhanallah.. saya ngerasa gituloh  9 thn nungguin anak subhanallah Alhamdulillah. Ini janjinya Allah bener kalau dia bisa kita pasti bisa betul gak?.... di daerah yang lain ada testimoni perihal jodoh dateng nih wanita umurnya 37thn dia ngomong begini ustadz cari jodoh susah ya.. makanya jangan di cari jodoh mah di beli, beli dimana ustadz?..ahahaa emang ada yang jualan jodoh ada Allah, sok sedekah dia pulang ia deh saya akan sedekah dia mampir ke mesjid di komplek dia. Dia ngasih 600rb pak ta’mir do’ain supaya hajat saya kecaapai.  Begitu dia sedekah 4 meter ya robb ada 4 orang yang dateng melamar dia tuh, ampe resah tuh dia milih yang mna. Kata Allah siapa yang dateng kepadaku saya rangkul dia, siapa yang dateng lari kepadaku saya lompat. kalau Allah udah bilang kunfayakun tapi menghadirkan kun fayakunya Allah ada wasilahnya, sholat malam diantaranya, bersedekah juga di antaranya insya Allah kita ketemu lagi di pertemuan yang lain yah, kita tutup dulu ta’lim kita kali ini hadanallah wa iyyakum ajma’in summassalamu’alaikum wr.wb.

-BAHAN2-STRATEGI SEDEKAH

STRATEGI SEDEKAH
Bismillahirohmanirrohim.
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Seneng bangetlah saya bisa ketemu lagi kite diacara yang kite cintai karena Allah. RISALAH HATI. Mudah-mudahan Allah meridhoinya. Pemirsa yang dirahmati Allah minta doa nih karena DARUL QURAN insya Allah dengan izin Allah membuka aktivitas syanrtiyin dech.. ya kami membuka aktivitas santri indent. Apa tuh santri indent? Santri indent ini kaya kendaraan beroda empat gituu.. kendaraan beroda empat indent gimana sih?? Hehe kan belinya kini nih November yak an keluarnya kapan? Januari februari gtu.., beli perumahan gitukan, beli perumahan bayarnya kini ya.. tadi beli kendaraan beroda empat yuhkan kini beli rumah ansuran DPnya sekarangkan?
 24xDP | 25. Serah terimanya kapan? Biasanya dibulan ke 36 ya. Mobil indent, perumahan indent kini adalagi kuburan indent hehee iya bener udah ada kini kuburan indent, jangan astagfirulloh-ajaa ngburnya susah sekarang, jadi orang-orang yang kini punya duuit, masya allah udah pada ngeduluin ngeboking … subhanallah-lah.
Nah kemuadian kami luncurkanlah aktivitas santri indent yakni santri yang didaftarin sekrang kemudian bayar juga sekrang… gimana tuh tdaz maksudnya bayar sekarang?, begini. DARUL QURAN akan buka pesantren di 100 kota, bismillahirrihmanirrohim. Kita akan buka nih di 100 kota yaa diseruh INDONESIA.
Supaya duitnya ini gak minta-minta walaupun kita tetep buka buat orang yang mau sedwkah  juga. Terus ada yang bertanya begini kalo mau bayar kenapa kita bersedekah juga. Lohhh emangnya gak mau sanggup pahala mereka yang ikut mencar ilmu kan kita juga mau 1000x mereka, eh… ialah anak orang lain tapikan kita udah mencar ilmu kemarin siapa sih orang yang dicintai Allah? Yang bisa mengasihi anak orang lain gituhhh ibarat anaknya sendiri. Tapi ati-ati juga jangan hingga mengasihi bini orang lain itu sih namanya cari perkara.
Kapan bukanya? Nanti 2020. 2020 belajarnya mulai dari kini 2014 ini kite buka pendaftaran-2018. Sampai 31 desember jam 23.59 pendaftran kini dari 2014-2018 dibuka registrasi untuk 2020 registrasi indent dibuka. 1 januari jam 01.00 tahun 2019 pembangunan seluruh kota dimualia. Proyek raksasa yang duinya buat orang muslim namanya supsidi-sila. Kita lihat ini juga pembelajaran dari ar-rahman karena mimpi ini saya mau jadi mimpi temen-temen semua mimpi ini jangan Cuma jadi mimpi saya tapi jadi temen-temen sema, kita harus maini  haigh politik jangan mainin sok politik ya kita mesti berfikir perihal viewcear perihal masa depan mau kemana nih negeri ini, bangsa ini bawah umur kita nah ynag bisa kita lakuin ya lakuin salah satunya ya ini kita membangun pesantran DARUL QURAN di 100 kota. Ustad kalo emang indent bayar dong? Iyalah bayar. Tapi siapa yang bayarnya, yang bisa bayar, yang gk punya bisa bayar gimana? Nah duitnya yang pada bayar inilah kita ambil untuk mensubsidi yang gak bisa bayar . targetnya persatu titik itu 1000 anak berarti  100 tempat=100 ribu anak yang akan mulai belajar. Nah kapan? Pembangunan mulai jam 00.00 tgl 1 kita bungun setahun kalo ada duitnya. Bulan agustus 2010 atau juli 2010 mulai pembelajaran muali 2025 allahuakbar 100ribu penghapal al-quran gres akan lahir dan itu ialah bawah umur saudara semua. Insya allah proyek luar biasa ini memakan dana 2triliyun atau 1 pesantrennya 20M.
Jadi kita gak minta-minta yang kita minta ente punya anak daftarin tuh dari sekarang, kan harus ada biayanya. Yailah maka bila ente punya anak SD tuh daftarin dari kini biar pas sudah siap pasilitasnyapun udah siap gtu. Nah ini seru nih nanti kita lanjutin sehabis yang berikut ini.

Bismillahirrohmanirrohim, kita lanjutin ada aktivitas 100 pesantren di 100 kota insya allah ya jadi yummy kalo jambi ya di jambi aja gk perlu jauh-jauh kecuali kalo ingin punya pengalaman ya harus di croos ya insya allah kita diroling aja… contohnya dari bandung ke jawa pada tahun pertama dan tahun kedua dimana gitu.
Kalao ada satu kelas 30 anak 1 nak bayarnya 20 juta trus saya gratisin 10% dari total 30 anak berarti berapa yang gartis? 3 anak kan kerenkan . ini anggun gak kalo anggun kenapa kita gak taikin aja jangan 10% jadi 20% aja berarti berapa anak yang free. Berarti 6 anak. Bagus gak? Naikin lagi seaklian 30 aja yang gratis, berarti 30 yang gratif berarti gak usah ada yang bayar. Terus dariman biaya hidupnya? Bayak ko pesantren-pesantren yang lebih renta udah mumpuni lebih dari DARUL QURAN. Ya udah jual aja asetnya. Iya gk kita lepasihin aja semua anak.
Orang-orang midel kalo yang kaya pasti cari lagi sekolah-sekolah yang bagus. Ya lebih baik kita layaninlah nah udah dapet uangnya kita kasih buat orang-orang yang miskin. Nah ini serunih nanti kita lanjutin insya allah sehabis berikut ini, ya min ya…
Hari selasa insya allah.