Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Melihat Suatu Titik Koordinat Dengan Google Map

Hei tayo eh maksud admin hei teman hehe,bagaimana kabar teman semua pastinya sehatkan?,Nah pada kesempatan kali ini admin ingin memperlihatkan tips dan tutorial bagaimana caranya melihat titik koordinat daerah yang teman pijak.Tempat itu bisa berupa daerah tinggal sobat,atau jalan,perkampungan,pedesaan,kota,gedung,hotel,rumah makan dan lain lain.

Tapi bagaimana caranya biar kita tahu titik koordinat suatu daerah bila kita tidak mengerti rumus-rumus titik koordinat tersebut?,lalu apakah bisa sesuai dengan yang diinginkan?,apakah ada aplikasinya untuk mengetahui titik koordinat suatu daerah tersebut di android?.Yuk simak selengkapnya disini.

Titik koordinat suatu daerah memang sangat sulit untuk ditentukan dan admin sendiri pun belum mengerti bagaimana caranya hehe,akan tetapi di periode modern menyerupai kini ini,sudah dimanjakan dengan adanya teknologi-teknologi yang berkhasiat untuk memudahkan insan dalam hal pekerjaannya dan banyak sekali kebutuhan lainnya.Semakin berkembangnya zaman maka kemajuan teknologi pun ikut berkembang dengan sangat pesat bahkan melebihi ajaran insan yang pernah dipikirkan.

Jika pada zaman sebelum datangnya dan terciptanya teknologi,manusia memakai alat-alat manual untuk memilih titik koordinat yang kurang tepat,mungkin juga tepat.Cara cara tersebut dilakukan sesuai dengan ilmu pengetahuan manusia,walaupun titik koordinat tersebut benar akan tetapi kemungkinan besar akan mengalami kesalahan.Nah dengan datangnya teknologi maka insan menjadi lebih gampang untuk memilih suatu titik koordinat,bahkan dengan cepat teknologi bisa memberitahu titik koordinat tersebut.

Aplikasi atau software yang dipakai untuk mengetahui titik koordinat suatu daerah yang paling sering dipakai yaitu "Google Map".Aplikasi ini bisa memberitahu pengguna android maupun komputer titik koordinat yang diinginkannya.Aplikasi ini bahwasanya sudah terpasang secara otomatis di smartphone yang teman miliki.Akan tetapi ada beberapa smartphone yang belum memasang aplikasi ini,jadi teman diharuskan untuk memasangnya secara manual(unduh di playstore).Ketepatan titik koordinat yang diberitahu oleh aplikasi ini bisa jadi sempurna ataupun tidak(wajar saja sebab ini rancangan manusia).

Aplikasi Google map bisa memudahkan insan untuk mengetahui titik koordinat yang diinginkannya.Bagaimanakah caranya biar kita mengetahui titik koordinat yang kita inginkan? Berikut langkah-langkahnya.

•Pasanglah aplikasi yang berjulukan Google Map(bagi yang belum terpasang aplikasi Google map).Bagi yang sudah terpasang aplikasi Google map bisa melewati langkah ini.

•Lalu kalau sudah ada aplikasi Google map maka langkah selanjutnya jalankan aplikasi tersebut.


•Ketika pertama kali mungkin teman akan diarahkan kepada titik berwarna biru(jika ada pemberitahuan untuk meminta izin,maka klik izinkan saja).Itu yaitu titik teman berada.


•Klik pada potongan kotak-kotak menyerupai buku(bagian pojok kanan atas dibawah lambang menyerupai speaker).

•Lalu ubahlah yang tadinya default menjadi satelit biar teman lebih gampang menemukan rumah ataupun daerah yang teman ingin tahu titik koordinatnya dan carilah daerah tersebut pada kafe yang tertuliskan "Telusuri disini"

•Jika sudah di pilih potongan satelit maka teman akan disuguhkan dengan gambar yang lebih nyata,dan teman akan melihat ada banyak rumah pohon lahan,dan lain-lain.pilihlah salah satu daerah yang ingin teman ketahui titik koordinatnya,klik tahan pada potongan rumah ataupun daerah yang lainnya sesuai dengan impian sobat.Maka teman akan melihat angka yang keluar di kafe tadi.

•Lalu klik kafe tersebut dan teman akan melihat beberapa pilihan lagi,jika ingin meyakinkan diri bahwa itu yaitu titik koordinat daerah tersebut maka pilih potongan pertama yaitu telusuri (nomor koordinat).

•Jika sudah dilakukan maka teman secara otomatis akan melihat bangunan ataupun daerah yang teman pilih tadi.Dan itu yaitu titik koordinat daerah yang teman inginkan.Selesai.


Nah itu tadi bagaimana caranya melihat titik koordinat suatu daerah yang teman inginkan,bagaimana cukup gampang bukan?.Hehe cara ini khusus bagi teman yang belum tahu saja,untuk yang sudah tahu jangan memakai cara ini hehe.