Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Performa Meningkat, 6 Hal Menciptakan Korekan Harian 4Tak



Tune Up - Motor yakni kendaraan alternatif untuk ibu kota Jakarta dengan situasi yang padat dan panas, rasanya ketika anda ingin berkendara dengan motor 4tak ingin cepat hingga tujuan walaupun kondisi jalan padat tapi langkah ini bisa mengatasi sedikit hambatan yaitu mengtune up motor anda biar lebih gesit.

Volume kendaraan 4tak semakin hari makin bertambah, kenapa? ya alasannya lebih efisien dikala melintasi Ibu Kota yang padat. mulai dari kalangan pemuda, orang tua, dan lain sebagainya. Tentu saja motor yang dipakai hanya di pakai spek harian alias standar.

Korekan modifikasi motor harus dilakukan dengan benar dalam konsep teori terlebih dahulu, basic teori yang di pakai ada, perangkat lunak perhitungan simulasi mesin di komputer sudah banyak tersedia, pemilihan part yang tepat, serta dengan pengerjaan penuh ketelitian tinggi akan membawa hasil korekan yang bagus.

Pada modifikasi motor mesin utama korekan mesin 4tak terdapat di head silinder, Kop, Dexel, yang niscaya Graham Bell  mengambil risetnya bahwa "Takkan ada satupun mesin 4tak sanggup mengeluarkan tenaga dengan baik apabila ia tidak mempunyai kemampuan untuk mengaliarkan udara dengan baik".

Bagi anda yang menyayangi modifikasi tentu tidak puas hanya mengandalkan settingan standar pabrik, oleh alasannya itu mengotak atik motor akan dilakukan untuk meningkatkan performa yang baik pada motor 4tak, namun untuk bore up motor 4tak tidak bisa dilaukan sembarangan alasannya paling tidak diharapkan pengetahuan seputar bab mesin pada motor serta memakai rumus yang pasti. Namun anda bisa melaksanakan korekan pada mesin untuk harian, simak ulasan berikut.

Setting Motor 4tak Harian

Untuk bisa meningkatkan performa motor 4tak dari settingan pabrik, setidaknya ada beberapa hal yang perlu diubah, hal yang harus difokuskan pada korek motor ada jenis yaitu fungsi kenyamanan dan keamanan. intinya korekan harian tidak perlu mengubah fungsi utamanya, dengan kata lain perubahan pada korekan harian harus tetap mengikuti standar.

  • Kompresi
Yang pertama, batasan kompresi dihentikan di setting terlalu boros. Jika settingan terlalu tinggi tanggapan yang di sanggup bisa terjadi detonasi dan ngegelitik, untuk patokan kompresi sebaiknya tidak melebihi perbandingan 11:1, total maksimal pangkasan kira-kira cukup 1mm saja.

Untuk memangkasnya bisa banyak sekali cara anda lakukan, bisa anda pangkas anatara blok 0,3 hingga 0,5. Kepala silinder juga dihentikan dipangkas lebih dari itu, cara lainnya bisa dengan mengurangi tebal paking blok dan head sekitar 0,3mm gres kekurangannya bisa ditambah lewat bubut, jikalau ingin memangkas alangkah baiknya cukup pilih salah satu saja antara blok atau kepala silinder untuk berjaga-jaga dikala motor akan disetting ke standar pabrik lagi. Makara hanya cukup mengganti salah satunya.

NOTE : Piston juga harus di pangkas  biar sesuai dengan ukuran blok dan head.

  • Paprasan Kem
Langkah pertama dalam mengolah Kem, tentukan tinggi ukuran klep jangan terlalu tinggi. Sebagai patokan yang pas bisa memakai formula tinggi klep 30% x diameter payung klep in, cara memangkasnya dengan mengikis rata setengah tubuh kem  (bagian bawah atau gemuknya), jangan mengubah bab pucuk kepalanya alasannya bisa mengubah lube center, untuk durasinya jangan terlalu usang cukup 300 derajat, dan untuk bukaan klep umumnya 2-Lube Center. Cara pangkasnya tinggal di kikis rata pada bab pinggang bab atas sesuai profil kem, untuk memangkas kem sebaiknya sebaiknya berguru dulu atau dilakukan oleh orang yang sudah ahli.

  • Perlancar Aliran Gas
Pada lubang transfer atau biasa disebut lubang porting, lakukanlah pengamplasan dibagian yang seolah-olah kulit jeruk hingga jadi halus merata, tujuannya biar pedoman gas semakin lancar.

Caranya sediakan ampelas ukuran 220 (kasar) dan ukuran 400 (halus), kemudian tabrakan secara merata pada permukaan lubang transfer memakai ampelas bergairah dikala bab yang seolah-olah kulit jeruk hilang ganti memakai ampelas halus sehingga permukaan rata dan terasa licin. Setelah rata sirami head dengan bensin biar bekas amplasan tidak tersisa, kemudian semprot memakai kompresor angin biar kering.

  • Penyetelan Pada Karburator
Hal ini dilakukan biar mengindari keborosan pada materi bakar, caranya yaitu dengan cara menurunkan penekan jarum sehingga posisi pelampung lebih tinggi karenanya volume bensin di mangkuk bisa berkurang. Ada beberapa cara untuk meninggikan pelampung pada karburator, pertama bisa diganjal potongan amplas atau pelat, cara kedua memanaskan penekan plastik kemudian ditekan sesuai harapan (bisa meleleh).

NOTE : Untuk Peninggian Maksimal 0,5mm.

  • Knalpot
Bagi anda para otomotif, tugas Knalpot juga sangat penting dalam mengubah performa kendaraan anda jadi pilihlah knalpot sesuai dengan abjad mesin. Untuk panjang header knalpot yang akan dipasangkan ke motor 4tak ini memakai ukuran ideal yaitu 58-64cm, hal penting yang perlu diperhatikan dikala menentukan knalpot yakni diameter lubang knalpot disamakan dengan diameter klep buang (out), kemudian lekukan knalpot jangan hingga mengubah diameter.

  • Pengaturan Spoket
Dan yang terkhir yakni Pasangan Spoket Gir Rantai merupakan kunci terakhir transfer tenaga mesin mesin ke roda, jikalau ingin fokus akselerasi ngebut maka perbandingan gir di ringankan, jikalau anda fokus ke top speed maka gir dibentuk lebih berat. Untuk korekan harian mengubah gir tidak perlu mencolok, cukup menambahkan atau mengurangi 1-2 mata gir, baik depan maupun belakang.

Begitulah ulasan 4tak yang kami berikan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Modifikasi NMAX